Formula 1

Hasil GP F1 Rusia: Vettel Macet, Hamilton Jaga Rekor di Sochi

Minggu, 29 September 2019 20:06 WIB
Penulis: Luqman Nurhadi Arunanta | Editor: Isman Fadil
© https://www.formula1.com
Lewis Hamilton melakukan selebrasi diatas mobilnya usai finish Copyright: © https://www.formula1.com
Lewis Hamilton melakukan selebrasi diatas mobilnya usai finish

INDOSPORT.COM - Pembalap Mercedes, Lewis Hamilton, sukses meraih juara GP F1 Rusia 2019, Minggu (20/09/19), di Sirkuit Sochi Autodrom.

Hamilton berhasil menjaga rekor kemenangan Mercedes di Sochi sejak 2014. Ini juga menjadi kemenangan keempat pembalap asal Inggris itu di GP Rusia.

Balapan berlangsung menarik. Setelah balapan dimulai, pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, langsung mencuri posisi terdepan di tikungan pertama dari rekan setimnya, Charles Leclerc, yang menduduki pole position.

Safety car langsung masuk lintasan di putaran pertama setelah Romain Grosjean menabrak dinding pembatas. Daniel Ricciardo dan Antonio Giovinazzi juga terkena dampaknya, namun masih bisa melanjutkan balapan.

Pembalap McLaren, Carlos Sainz, berhasil memanfaatkan momen tersebut untuk naik ke urutan empat dan memberi perlawanan kepada duo Ferrari di depan.

Vettel terus memimpin hingga putaran 15. Max Verstappen perlahan menyusul dari urutan sembilan dan menyalip Sainz untuk mengambil posisi lima di putaran 18.

Memasuki putaran 20, Vettel unggul empat detik di depan Leclerc, sedangkan duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, menguntit di posisi tiga dan empat.

Di putaran 23, Leclerc masuk pit stop dan mengganti ban ke jenis medium. Vettel masih memimpin di belakang duo Mercedes, sementara Leclerc di posisi empat.

Secara mengejutkan Vettel terpaksa keluar dari balapan pada putaran 28. Hamilton lantas mengambil alih posisi pertama diikuti Bottas di urutan kedua.

Pembalap Red Bull Racing, Alex Albon, berhasil menembus posisi enam setelah sebelumnya start dari pit lane. Di putaran 47, Kevin Magnussen mendapatkan penalti lima detik usai keluar dari trek di tikungan kedua.

Hamilton berhasil menjaga posisi terdepan hingga akhir balapan diikuti Bottas di urutan kedua, sedangkan Leclerc harus puas finis di urutan ketiga.