Formula 1

Kualifikasi GP Jepang Diundur karena Topan Hagibis, Berikut Jadwal Terbarunya

Jumat, 11 Oktober 2019 11:07 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© ultrahdwallpaper.in
Jadwal kualifikasi GP Jepang diundur satu hari karena cuaca buruk. Copyright: © ultrahdwallpaper.in
Jadwal kualifikasi GP Jepang diundur satu hari karena cuaca buruk.

INDOSPORT.COM - Kualifikasi GP Jepang yang digelar di Sirkuit Internasional Suzuka terpaksa ditunda lantaran potensi badai topan Hagibis. Pihak Formula 1 pun menyelipkan sesi tersebut ke jadwal hari Minggu (13/10/19).

Kualifikasi yang sedianya dijadwalkan pada Sabtu (12/10/19) akhirnya diundur hingga hari Minggu alias keesokan harinya saat cuacanya diprediksi akan cerah. 

Waktu kualifikasi direncanakan pada pagi hari, sedangkan untuk latihan bebas pertama dan kedua tetap digelar hari ini, Jumat (11/10/19). 

"Badai topan Hagibis memberi dapak buruk bagi F1 GP Jepang. Oleh sebab itu, Mobilityland and the Japanese Automobile Federation (JAF) memutuskan membatalkan semua kegiatan yang dijadwalkan pada Sabtu 12 Oktober,

"FIA dan Formula 1 mendukung keputusan ini demi kepentingan keselamatan bagi para pembalap, penonton, serta semua orang di Sirkuit Suzuka," demikian bunyi pernyataan penyelenggara, dilansir dari laman resmi Formula 1.

Keputusan itu membuat tim dan pembalap hanya memiliki dua sesi latihan untuk mempersiapkan sesi kualifikasi yang sangat penting pada Minggu pagi. Pasalnya, sesi latihan ketiga (FP3) tidak dijadwalkan ulang alias ditiadakan.

Penundaan ini mengulang sejarah beberapa tahun silam, yakni pada GP Jepang tahun 2004 dan 2010. Berikut ini jadwal gelaran F1 GP Jepang, Minggu (13/10/19) setelah mengalami revisi:

08.00 WIB - Kualifikasi 

11.00 WIB - Presentasi Starting Grid

11.30 WIB - Pembukaan Pit Lane

12.10 WIB - Balapan