MotoGP

Kualifikasi MotoGP 2019 Australia: Momen 'Horor' Marc Marquez di Tikungan 1

Minggu, 27 Oktober 2019 09:58 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Yohanes Ishak
© Motorsport
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kejadian menegangkan ketika melewati 'turn 1' di kualifikasi MotoGP 2019 Australia. Copyright: © Motorsport
Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kejadian menegangkan ketika melewati 'turn 1' di kualifikasi MotoGP 2019 Australia.

INDOSPORT.COM - Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengalami kejadian menegangkan ketika melewati 'turn 1' di kualifikasi MotoGP 2019 Australia.

Sesi kualifikasi MotoGP Australia yang berlangsung pada Minggu, 27 Oktober 2019 di Sirkuit Philip Island itu telah berakhir. Pembalap dari tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales, mampu menjadi yang tercepat dengan 1 menit 28,492 detik.

Di posisi dua, ada pembalap asal Prancis, Fabio Quartaro dengan 1 menit 29,043 detik. Sementara itu, Marc Marquez dari tim Repsol Honda berada di posisi tiga dengan 1 menit 29,216 detik. Hal ini lantaran ia sempat hampir terjatuh dan keluar lintasan setelah tikungan pertama.

Hal itu bisa dilihat berdasarkan unggahan dari akun Twitter resmi MotoGP yang memperlihatkan Marquez sempat hampir tergelincir di 'turn 1' dan akhirnya keluar lintasan. Karena hal tersebut, beberapa pembalap lain berhasil menyalipnya di area tersebut.

Dalam video tersebut bisa dilihat Marquez langsung menurunkan kecepatan dari 189 km/jam menjadi 170 km/jam lantaran dirinya mengerem agar tidak tergelincir di tikungan satu.

Setelah itu, ia kehilangan keseimbangan dan keluar lintasan. Meski awalnya ia tetap mempertahankan 170 km/jam, tapi lantas menurunkan kecepatan menjadi sekitar 40 km/jam di luar jalur.

Peristiwa ini tentu menjadi hal buruk bagi pembalap Repsol Honda itu. Karena, ia jadi hanya memiliki selisih waktu yang sangat tipis dari bintang Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi, yang berada di peringkat empat dengan 1 menit 29,243 detik.

Sesi Kualifikasi MotoGP Australia ini memang diundur menjadi hari Minggu lantaran adanya angin kencang yang menerjang Sirkuit Philip Island pada Sabtu (26/10/19). Untuk sesi terakhir (balapan) sendiri akan dilangsungkan pada Minggu, 27 Oktober 2019 pukul 11.00 WIB.