MotoGP

Jadi Juara, Marc Marquez Lampui Rekor Fantastis Legenda MotoGP

Senin, 28 Oktober 2019 03:46 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© Robert Ciaflone/Gettyimages
Pembalap MotoGP, Marc Marquez melakukan selebrasi usai menang di MotoGP Austalia 2019 di Sirkuit Phillip Island.jpg Copyright: © Robert Ciaflone/Gettyimages
Pembalap MotoGP, Marc Marquez melakukan selebrasi usai menang di MotoGP Austalia 2019 di Sirkuit Phillip Island.jpg

INDOSPORT.COMMarc Marquez berhasil menjadi juara di MotoGP Australia, Minggu (27/10/19). Kemenangan yang direngkuh oleh rider Repsol Honda tersebut pun berhasil melampaui rekor fantastis yang dicatatkan oleh legenda MotoGP, Mick Doohan.

Pada balapan yang berlangsung di sirkuit Phillip Island, Marquez berhasil keluar sebagai juara usai mampu menyalip Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha) di lap terakhir dengan catatan waktu 40 menit 43,729 detik.

Kemenangan tersebut membuat rider berjuluk The Baby Alien mampu mencatatkan 55 kemenangan bersama tim Honda, atau lebih unggul satu kemenangan dibandingkan dengan Doohan.

Sekadar informasi, Mick Doohan telah menasbihkan diri menjadi pembalap yang meraih kemenangan terbanyak pada musim 1998, serta memetik kemenangan ke-54 di MotoGP Argentina pada musim yang sama sekaligus mengamankan gelar juara dunia untuk kelima kalinya.

Akan tetapi, kini rekor selama 21 tahun tersebut berhasil dipecahkan oleh Marc Marquez. Selain itu, rider asal Spanyol tersebut juga berpeluang kembali melampaui rekor yang direngkuh oleh Mick Doohan.

Kakak kandung dari Alex Marquez tersebut hanya membutuhkan meraih tiga podium lagi untuk menggeser Doohan yang duduk diposisi kedua dengan catatan 95 podium sebagai peraih podium terbanyak rider Honda. Sementara posisi pertama direngkuh oleh Dani Pedrosa dengan 112 podium.

Saat ini Marc Marquez semakin kokoh di posisi puncak klasemen sementara MotoGP 2019 dengan koleksi 375 poin yang membuat dirinya mustahil terkejar oleh para pembalap lainnya.