Formula 1

Ferrari Salah Strategi Jadi Alasan Charles Leclerc Gagal Raih Podium GP Meksiko?

Rabu, 30 Oktober 2019 18:30 WIB
Penulis: Nadya Riska Nurlutfianti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© GettyImages
Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019 Copyright: © GettyImages
Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019

INDOSPORT.COM – Bos tim Ferrari, Mattia Binotto mengakui bahwa timnya melakukan blunder lantaran salah strategi yang membuat Charles Leclerc gagal meraih podium di GP Meksiko 2019 pada akhir pekan lalu.

Meski meraih pole position, Charles Leclerc harus menelan pil pahit bahwa dirinya hanya mampu finis di posisi keempat dengan catatan waktu terpaut 6,368 detik dari Lewis Hamilton (Mercedes) yang keluar sebagai pemenang.

Namun Binotto sendiri mengakui bahwa gagalnya Leclerc lantaran timnya memutuskan untuk melakukan undercut (masuk pit lebih awal) untuk memberikannya keuntungan.

Namun nyatanya strateginya tersebut gagal lantaran harus kembali masuk pit stop 30 lap kemudian usai kompon mediumnya tak mampu bertahan lebih lama.

"Ketika Charles Leclerc melakukan pit stop, masih terlalu cepat untuk bertaruh dengan satu kali pit. Ini akan menjadi sangat berisiko, terutama karena saat itu sedang berada di depan," ujar Binotto, dilansir dari laman F1i.

"Bukan hanya degradasi yang dialami karena menggunakan kompon ban medium, tapi juga penggunaannya. Itu adalah sesuatu yang Anda bisa lihat dan bisa Anda analisa berdasarkan data. Kami pikir strateginya sudah tepat namun kenyataannya berbeda kala balapan," tambahnya.

Sementara itu, Leclerc sendiri merasa kurang puas dan kecewa karena dirinya merasa bisa mendapatkan hasil yang jauh lebih baik lagi, apalagi jika mengingat dirinya memulai perlombaan dari posisi terdepan.

Pembalap asal Monako tersebut juga menyebut hasil balapannya cukup memalukan. Namun dirinya telah mengaku sudah belajar dari kesalahan tersebut dan berniat akan memperbaikinya di GP Amerika Serikat yang akan berlangsung pada Senin, (04/10/19) dini hari WIB.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%