Formula 1

F1: Sirkuit Miami Didesain Ulang Usai Tuai Kecaman dari Masyarakat

Kamis, 23 Januari 2020 16:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Yohanes Ishak
© INDOSPORT
Sirkuit Miami yang akan menjadi tuan rumah di GP Miami pada balapan Formula 1 2021 akan didesain ulang usai menuai kecaman dari masyarakat setempat. Copyright: © INDOSPORT
Sirkuit Miami yang akan menjadi tuan rumah di GP Miami pada balapan Formula 1 2021 akan didesain ulang usai menuai kecaman dari masyarakat setempat.

INDOSPORT.COM – Sirkuit Miami yang akan menjadi tuan rumah di GP Miami pada balapan Formula 1 2021 akan didesain ulang usai menuai kecaman dari masyarakat setempat.

Keputusan tersebut dibuat usai pihak Formula 1 telah berdiskusi dengan pemerintah, pebisnis, tokoh dan warga setempat usa banyaknya protes terkait desain trek balapan yang bisa merugikan aktivitas masyarakat.

Melansir dari laman resmi F1, sebelumnya konfirgurasi sirkuit tersebut akan mengelilingi staduon Hard Rock yang merupakan kandang tim NFC Miami Dolphins. Namun penggunaan ruas jalan di 199th Nortwest akan dihilangkan.

Namun keputusan desain tersebut membuat warga mengeluh lantaran penggunaan ruas jalan tersebut bisa menyebabkan kemacetan di kawasan setempat. Hal inilah yang membuat pihak penyelenggara mengubah desai sirkuit Miami.

Pihak penyelenggara turut mengusulkan perubahan jadwal yang bertepatan dengan tak adanya kegiatan balapan sebelum jam 15.00 di hari Jumat supaya tak mengganggu aktivitas sekolah.

“Grand Prix Miami Formula 1 adalah contoh lain kejuaraan olahraga kelas dunia yang akan digelar di kawasan kami. Seperti Super Bowl, ajang ini menyuguhkan kesempatan langka untuk menunjukan wajah kami kepada dunia,” tutur Tom Garfinkel, selaku wakil Ketua dan CEO stadion Hard Rock.

Nantinya, jika telah disetujui untuk menggelar balapan maka wilayah Florida akan menjadi tuan rumah Formula 1 untuk pertama kalinya sejak GP Amerika Serikat yang berlangsung di Sebring pada musim 1959.

Tak hanya itu, Amerika Serikat akan menjadi tuan rumah untuk dua seri balapan mulai tahun 2021 mendatang. Sebelumnya, Negeri Paman Sam sudah lebih dulu menggelar GP Amerika Serikat yang dihelat di Circuit of The Americas (COTA).