Jaga Eksistensi Sirkuit Skyland, Pemerintah Sumsel Targetkan Kejuaraan Balap Nasional dan Internasional

Senin, 3 Februari 2020 16:58 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
© motorplus-online.com
Pemerintah Sumatera Selatan, targetkan menggelar kejuaraan nasional dan internasional pada 2020 untuk menjaga eksistensi Sirkuit Skyland. Copyright: © motorplus-online.com
Pemerintah Sumatera Selatan, targetkan menggelar kejuaraan nasional dan internasional pada 2020 untuk menjaga eksistensi Sirkuit Skyland.

INDOSPORT.COM – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, targetkan sejumlah kejuaraan balap nasional dan internasional pada 2020 untuk menjaga eksistensi Sirkuit Skyland.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex di Palembang, mengatakan setelah sukses menggelar sejumlah event balap motor dan mobil pada 2019 membuat Muba (Musi Banyuasin) semakin tertantang untuk melakukan hal serupa, salah satunya berkeinginan menjadi tuan rumah Kejurnas One Prix 2020.

Sirkuit Skyland sudah bertaraf nasional, sayang sekali ini tidak dimaksimalkan karena bukan saja untuk memajukan olahraga otomotif, tapi sejatinya dapat memberdayakan ekonomi masyarakat,” kata Dodi, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan dirinya sudah meminta ke Pengurus IMI Provinsi Sumatera Selatan untuk membidik sejumlah event skala nasional dan internasional pada 2020 karena pada tahun lalu sukses menggelar Kejurnas dan Kejuaraan Asia Slalom Gymkhana.

Bahkan dirinya menggaransi Pemkab Muba bakal memberikan dukungan pendanaan, baik bersumber dari APBD hingga dari pihak sponsor untuk biaya penyelenggaraan dan akomodasi peserta.

Oleh karena itu, Dodi mengharapkan kabupatennya nantinya dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan balap motor Kejurnas One Prix tahun 2020 itu mengingat ajang tersebut bakal melibatkan ratusan pembalap dari seluruh Tanah Air.

Tak hanya untuk Kejurnas One Prix, Dodi mengaransi akan memberikan akses seluas-luasnya bagi pihak mana pun yakni dari kalangan pemerintah hingga swasta yang ingin memanfaatkan Sirkuit Skyland untuk penyelenggaraan event otomotif.

“Bahkan saya menggaransi, Pemkab Muba akan berperan dengan memberikan dukungan penuh, tidak akan kami kenakan biaya (gratis) semisal ada perusahaan swasta yang ingin menyelenggarakan ajang balap di sirkuit kami,” tambahnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Provinsi IMI Sumsel Augie Bunyamin Yahya mengatakan Kabupaten Musi Banyuasin yang memiliki sirkuit bertaraf nasional Skyland di Sekayu kini menjadi salah satu lokasi alternatif untuk penyelenggaraan event otomotif di Tanah Air.

Meski demikian, Dodi Reza tetap ingin setiap penyelenggaraan ajang balap di daerahnya selalu menggelar kelas untuk mendukung para pembalap lokal.

“Rasanya untuk event setingkat lokal sudah tidak cocok lagi digelar di Skyland, ya paling tidak tingkat nasional atau internasional. Tapi karena komitmen dari Dodi Reza sebagai pencinta olahraga otomotif, maka tetap diselenggarakan ajang sekelas Kejurda,” tutur Augie Bunyamin

Pada 2020 ini sejumlah kegiatan otomotif sudah dijadwalkan di Musi Banyuasin, yakni Grass Track Bupati DRA Cup (29 Februari-1 Maret) di Sirkuit Central Jaya, Rapat Kerja Provinsi IMI Sumsel (29 Februari), Moto Prix (April), dan Slalom Gymkhana dan Super Moto tingkat Asia yang diperkirakan pada akhir tahun ini.