Formula 1

Resmi, Formula E GP Roma Ditunda Gara-gara Virus Corona

Sabtu, 7 Maret 2020 08:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
© fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E Copyright: © fiaformulae.com
Ilustrasi Formula E

INDOSPORT.COM – Wabah virus corona atau COVID19 kembali memberikan dampak buruk di dunia motorsport, setelah seri balapan Formula E GP Roma atau ePrix Roma akhirnya ditunda menyusul merebaknya virus mematikan itu di negara tersebut.

Formula E dan Federasi Balap Mobil Internasional (FIA) akhirnya memutuskan ePrix Roma yang dijadwalkan berlangsung pada 4 April mendatang resmi dibatalkan pada Jumat (06/03/20).

Keputusan ini dibuat menyusul perintah dari pemerintah Italia yang meminta semua ajang olahraga di negara tersebut, termasuk liga sepak bola Serie A dibatalkan atau dimainkan tanpa penonton selama satu bulan sebagai cara untuk pencegahan penularan wabah virus corona.

“Sebagai konsekuensi dari keadaan darurat kesehatan yang sedang berlangsung di Italia dan sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan dalam keputusan menteri mengenai langkah-langkah untuk mencegah penularan virus corona,” tulis pernyataan resmi Formula E.

“Semua kompetisi olahraga besar yang memiliki banyak penonton harus ditunda, termasuk ePrix Roma yang dijadwalkan pada 4 Apri mendatang,” tambah pernyataan tersebut.

Keputusan larangan untuk mengadakan kompetisi olahraga akan dicabut setelah pemerintah setempat dan penyelenggara membuat penilaian jika wabah tersebut telah mereda.

Sebelumnya, seri balapan Formula E GP China atau Sanya ePrix akhirnya resmi batal ditunda menyusul merebaknya virus Corona di Negeri Tirai Bambu tersebut.

Sanya ePrix yang rencananya bakal di gelar pada 21 Maret tersebut resmi dibatalkan dan saat ini pihak penyelenggara dan FIA tengah membahas lebih lanjut untuk mencari tanggal alternatif untuk kejuaraan tersebut kembali di gelar jika situasinya makin membaik.

Keputusan tersebut dibuat lantaran mereka ingin menjamin kesehatan dan keselamatan para staff, peserta balapan serta para penonton yang hadir dalam seri balapan tersebut.