Formula 1

Bekas Sirkuit F1 di India Jadi Kamp Karantina Virus Corona

Rabu, 1 April 2020 09:38 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© formula1.com
Sirkuit Buddh yang pernah jadi tuan rumah Formula 1 (F1) dijadikan tempat karantina Corona. Copyright: © formula1.com
Sirkuit Buddh yang pernah jadi tuan rumah Formula 1 (F1) dijadikan tempat karantina Corona.

INDOSPORT.COM – Sirkuit Buddh yang merupakan bekas tuan rumah seri balapan Formula 1 (F1) GP India kini dialihfungsikan sementara menjadi kamp karantina untuk mencegah perkembangan wabah virus Corona COVID-19.

Melansir dari laman Autosport, pemerintah India kini memutuskan untuk mengalihfungsikan Sirkuit Buddh menjadi daerah karantina untuk para pekerja yang mengais rezeki di negara setempat.

Para pekerja seharusnya meninggalkan New Delhi, India, untuk kembali ke desa atau kota mereka, namun pemerintah India memutuskan untuk me-lockdown negaranya demi mencegah penularan virus Corona lebih lanjut.

Keputusan untuk menerapkan kebijakan lockdown telah dimulai pada 25 Maret s.d. 14 April mendatang, setelah wabah Corona telah menyebabkan 1.200 orang terinfeksi dan 32 orang lainnya meninggal dunia.

Sirkuit Buddh sendiri dirancang oleh Hermann Tilke dan dibangun pada 2011 oleh perusahaan konstruksi Jaiprakash Associates dengan tujuan menjadi tuan rumah F1 GP India untuk pertama kalinya pada 2011.

Namun sirkuit yang memiliki panjang lebih dari 5 kilometer tersebut memutuskan untuk berhenti menggelar ajang F1 lantaran terlibat masalah finansial dan terakhir kali menggelar balapan F1 pada musim 2013.

Sebastian Vettel menjadi pembalap F1 satu-satunya yang mampu menjadi juara di GP India yang berlangsung di sirkuit Buddh selama tiga musim beruntun yakni pada musim 2011-2013 silam.