MotoGP

Terungkap! Alasan Lain Rossi Gunakan Nomor 46 di MotoGP

Jumat, 4 September 2020 20:29 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Yamaha Motor
Selama berkarier sebagai pembalap MotoGP, Valentino Rossi selalu dikenal dengan nomor identik, yakni 46. Kira-kira apa alasannya terus menggunakan nomor itu? Copyright: © Yamaha Motor
Selama berkarier sebagai pembalap MotoGP, Valentino Rossi selalu dikenal dengan nomor identik, yakni 46. Kira-kira apa alasannya terus menggunakan nomor itu?

INDOSPORT.COM - Selama berkarier sebagai pembalap MotoGP, Valentino Rossi selalu dikenal dengan nomor identik, yakni 46. Kira-kira apa alasannya terus menggunakan nomor tersebut?

Siapa yang tidak kenal Velentino Rossi? Orang-orang yang tidak terlalu mengikuti MotoGP pun pasti tahu nama pembalap berjuluk The Doctor tersebut.

18 tahun berkecimpung di dunia adu cepat kuda besi, Rossi sudah menjelma menjadi sosok legenda hidup. 7 gelar juara MotoGP pun sudah sukses didapatkan pembalap asal Italia tersebut.

Terlepas dari segudang prestasinya, ada satu hal yang membuat Rossi selalu menarik. Hal itu tidak lain dari konsistensinya menggunakan nomor 46 dalam setiap balapan.

Banyak orang-orang yang penasaran alasan Rossi selalu menggunakan nomor 46 dalam kariernya sebagai pembalap MotoGP.

Sebelumnya, banyak yang beranggapan Rossi menggunakan nomor 46 untuk mencontoh sang ayah, Graziano Rossi yang juga sukses sebagai pembalap ketika menggunakan nomor tersebut.

Ya, dalam ajang GP 250 cc 1979, Graziano memilih nomor 46 saat balapan dan itu merupakan masa tersukses dalam kariernya bersama Morbidelli dengan tiga kali meraih podium juara.

Selidik punya selidik, ternyata ada alasan lain yang membuat Rossi memilih menggunakan nomor 46 saat balapan MotoGP. Hal tersebut diungkap oleh sahabat dekat Rossi, Alessio Salucci.

"Kami pernah menonton sebuah tayangan balapan di Jepang. Waktu itu, ada seorang pembalap yang berhasil meraih podium juara, padahal ia mulai dari posisi paling belakang," ujar Salucci dikutip dari Tuttomotoriweb.

"Pembalap yang menang itu sendiri menggunakan nomor 46 dan Rossi saat itu sangat mengaguminya. Ia juga berjanji akan menggunakan nomor itu saat menjadi pembalap profesional," pungkasnya.

Terlepas dari itu semua, Valentino Rossi saat ini masih memiliki banyak pekerjaan rumah di ajang MotoGP. Pasalnya, sudah tiga tahun lebih ia tidak pernah bisa menginjak podium juara, sejak terakhir kali ia rasakan di MotoGP Belanda 2017 lalu.