MotoGP

Akan Ada Wild Card Lagi di MotoGP

Jumat, 27 November 2020 09:22 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
© LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Fabio Quartararo merayakan kemenangannya di MotoGP Moto Grand Prix de Catalunya, Minggu (27/09/2020) di Montmelo di pinggiran Barcelona. Copyright: © LLUIS GENE/AFP via Getty Images
Fabio Quartararo merayakan kemenangannya di MotoGP Moto Grand Prix de Catalunya, Minggu (27/09/2020) di Montmelo di pinggiran Barcelona.

INDOSPORT.COM - Salah satu efek dari pandemi Covid-19 yang melanda dunia pada tahun ini adalah dihapuskannya wild card untuk MotoGP 2020. Hal ini yang membuat Jorge Lorenzo batal turun pada GP Barcelona bersama Yamaha.

Meski pandemi masih tetap berlangsung hingga saat ini, wild card sudah dipastikan akan hadir lagi pada MotoGP 2021. Batasannya, hanya boleh maksimal ada dua wild card per kelas (MotoGP, Moto2, dan Moto3) dalam satu balapan.

Di kelas MotoGP, Suzuki, Yamaha, Ducati, KTM, dan Honda masing-masing mendapatkan jatah tiga wild card dalam satu musim. Sementara itu, Aprilia mendapatkan enam wild card.

Peraturan lainnya masih akan diterapkan, termasuk soal yellow flags (bendera kuning). Pembalap yang melihat bendera kuning harus melambat demi melindungi pembalap yang jatuh dan marshal yang menolong.

Pembalap yang melanggar aturan terkait bendera kuning saat sesi latihan akan dikenai sanksi berupa pembatalan waktu putaran.

Penalti untuk pembalap yang melewati batas kecepatan saat melewati pit lane, ketika balapan, diubah menjadi dua kali long lap penalty. Sebelumnya, penalti untuk pelanggaran ini adalah ride through.

Long lap penalty merupakan hukuman yang mengharuskan pembalap melewati jalur yang biasanya ditambahkan di sisi luar tikungan, sehingga membuat lintasan sedikit lebih panjang dari jalur normal.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
100%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%