MotoGP

Menparekraf Sandiaga Uno Bakal Bantu Promosi UMKM di MotoGP Mandalika 2021

Selasa, 2 Februari 2021 18:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
© Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021. Copyright: © Twitter/MotoGP
Desain Sirkuit Mandalika untuk MotoGP 2021.

INDOSPORT.COM – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahudin Uno mengatakan bahwa ajang MotoGP Mandalika 2021 akan membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Sandiaga Uno akan memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM bidang pariwisata dan ekonomi kreatif berpromosi dalam gelaran MotoGP 2021 di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Saya tadi sudah berbicara dengan teman-teman Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan pemda setempat. Kita harus berpihak pada UMKM kita, jadi jangan sampai perhelatan MotoGP ini hanya eksklusif dan tidak berpihak ke UMKM kita," kata Sandiaga Uno, dilansir dari Antara.

Ia mengatakan pihaknya akan menggandeng berbagai pihak untuk memberikan keleluasaan kepada pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) untuk ajang promosi.

Sandi menyampaikan bahwa ajang besar MotogGP harus benar-benar dimanfaatkan oleh parekraf di Nusa Tenggara Barat.

"Semua yang terlibat (dalam MotoGP) harus mau ditata dengan baik dan harus mau diberdayakan," pungkasnya.

Sandiaga mempunyai tiga program untuk mewujudkan hal itu yaitu inovasi, adaptasi, dan kolaborasi. Tiga program ini akan menjadi modal membangkitkan parekraf khususnya pada gelaran MotoGP 2021.

"Nah, program-program seperti inilah yang kita canangkan, maka hari ini kita menyapa para pelaku UMKM di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif,”

“Saya memberi motivasi ke mereka agar mereka menyiapkan diri, naik kelas, dan ikut bisa merasakan peningkatan usahanya, bisnisnya seiring dengan perhelatan MotoGP 2021 yang akan dilakukan insya Allah pada Oktober tahun ini," kata Sandi saat mengunjungi KEK Mandalika.

Dalam kunjungannya, hadir perwakilan pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif di Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Selain itu, dijajakan juga UMKM khas Mandalika seperti Lombok Mutiara Sekarbela, Naung Songket, Lombok Pottery, dan Bale Rattan Lombok.