x

Tiga Muka Baru di Ajang F1 Musim 2015

Senin, 5 Januari 2015 18:25 WIB
Editor: Charles Emanuel Dominggus

Tahun ini F1 memasuki musim ke-66. Sebanyak 22 pembalap yang mewakili 11 tim akan saling beradu di 21 Grand Prix yang dimulai di Australia, 15 Maret mendatang. Ajang tertingi untuk mobil balap open-road itu akan berakhir pada 29 November di Abu Dhabi.

Musim lalu Lewis Hamilton tampil sebagai jawaran. Sementara  kantegori konstuktor terbaik jatuh ke tangan Mercedes.

Musim ini Hamilton akan beradu dengan sejumlah muka baru. Carlos Sainz, Max Verstappen dan Felipe Nasr siap bersaing dan ujuk gigi di lintasan balap.

Carlos Sainz mengawali karirnya di Formula BMW Eropa pada 2010. Tahun 2013 pembalap kelahiran Spanyol itu bergabung dengan tim Arden untuk bersaing di seri GP3. Lantas berpindah ke Formula Renault tak lama kemudian.

Max Emilian Verstappen  sedang bersaing dalam kejuaraan F3 FIA Eropa. Pembalap Belgia-belanda ini bergabung dengan tim Scuderia Toro Rosso di ajang Formula Satu musim 2015.

Sementara Felipe Nasr adalah jebolan jawaran Formula BMW Eropa tahun 2009 serta Formula Tiga Inggris musim 2011. 


1. Carlos Sainz Jr.

Carlos Sainz Vázquez de Castro, demikian nama lengkap Carlos Sainz. Ia adalah putera mantan juara dunia Rally, Carlos Sainz. Pembalap kelahiran 1 September 1994 itu mengawali karirnya di dunia balap pada ajang Formula BMW Eropa lima tahun silam. Melaju di sirkuit de Catalunya, Sainz berhasil naik podium di urutan ke-3.

Karirnya berlanjut di ajang Formula Tiga. Selama musim 2012, pembalap asal Spanyol ini  berhasil memenangkan lima seri balapan dan sembilan kali naik podium. Di ajang GP3, Sainz membawa bendera Red Bull yang tampil perdana di sirkuit Silverstone pada Juli 2013.

Di ajang Formula Renaul 3.5, Sainz tampil pertama kali pada 2013. Setahun kemudian ia beralih ke tim DAMS. Di sesi pembukaan penampilan tak terlalu mengecewakan. Tahun ini menjadi kesempatan bagi Sainz untuk naik kelas.  Ia dipercaya menjalani tes drive oleh Red Bull dan Toro Rosso di sirkuit Silverstone, Inggris. Pada musim balapan ini, Sainz akan bermitra dengan sesama debutan, Max Verstappen dengan membawa bendera Toro Rosso setelah Danil Kvyat dipinang Red Bull. 


2. Max Verstappen

Berawal dari ajang karting pada usia empat setengah tahun, karir Max Emilian Verstappen terus melaju. Ia lahir dari keluarga pembalap. Ayahnya, Jos Verstappen adalah mantan pembalap Formula Satu. Sementara sang ibu, Sophie Kumpen pernah sukses di balapan karting.  Kakek dan pamannya pun dibesarkan di dunia balap.

Berstatus kewarganegaraan Belgia-Belanda ini Max lebih memilih lisensi balap Belanda lantaran sebagian besar karirnya di dunia karting dihabiskan di antara orang-orang Belanda.

Ia memulai debutnya di ajang balapan pada 11 Oktober 2013 di sirkuit Pembrey. Dua bulan berselang Max menguji mobil Dallara F311 untuk ajang Formula 3. Kepiawaiannya sebagai test driver terus teruji. Ia mampu mengungguli pembalap berpengalaman seperti Tatiana Calderon dan Eddie Cheever.

Musim ini di ajang bergengsi Formula Satu, ia bergabung bersama tim Scuderia Toro Rosso. 


3. Felipe Nasr

Bernama lengkap Luiz Felipe de Oliveira Nasr lahir pada  21 Agustus 1992. Mengikuti status orang tuanya, Nasr tercatat sebagai pembalap Brasil-Lebanon.

Mantan jawara Formula BMW Eropa tahun 2009 dan Formula Tiga Inggris satu tahun kemudian pernah dipercaya sebagai test driver resmi untuk tim F1 Williams. Ia menjalani karir tersebut sepanjang 2014. Mengambil bagian dalam tiga tes dan lima sesi latihan musim dan tampil perdana pada sesi latihan di Grand Priz Bahrain menggantikan Valtteri Bottas.

Tahun 2015 ia bergabung dengan tim Sauber di lintasan F1.

Max VerstappenFormula 1Carlos Sainz Jr

Berita Terkini