x

Deretan Pebalap Berprestasi Asal Catalonia

Selasa, 29 September 2015 10:05 WIB
Editor: Galih Prasetyo

Tidak dipungkiri jika Catalonia selalu identik dengan sepakbola dan Barcelona. Mau tidak mau, suka tidak suka, identitas dari Catalonia memang dua hal tersebut. Namun sebenarnya Catalonia tidak hanya miliki dua hal hebat tersebut. 

Catalonia juga tercatat sebagai tanah kelahiran dari deretan pebalap handal baik di lintasan MotoGP ataupun reli Dakar. Beberapa nama bahkan menjadi pebalap bertitel juara dunia. 

Berikut deretan pebalap asal Negeri Catalonia versi INDOSPORT: 


1. Sete Gibernau

Pebalap MotoGP era 90an ini merupakan pebalap kelahiran Barcelona, 42 tahun silam. Gibernau ialah pebalap yang memulai karirnya dari kelas 250 cc bersama tim Yamaha. Saat itu ia satu tim dengan Kenny Roberts. 

Pada 1997, bersama tim Rainey naik level ke kelas 500cc. Selang satu tahun ia menggantikan posisi pebalap Jepang, Takuma Aoki di tim Honda. Prestasi Gibernau baru mulai terlihat saat ia bergabung dengan tim Telefónica MoviStar-Suzuki. Ia sukses menjuarai GP Valencia pada 2001 silam. 


2. Laia Sanz

Sanz ialah pebalap kelahiran Corbera de Llobregat, Barcelona. Dara cantik ini ialah seorang pebalap di ajang Reli Dakar. Prestasi perempuan kelahiran 11 Desember 1985 ini tak main-main. Ia tercatat sebagai pebalap reli Dakar perempuan yang sudah 13 kali menjadi calon juara dunia. 

Sanz juga tercatat menjadi bagian dari tim nasional Spanyol di ajang Nations Trial dan membantu Spanyol meraih gelar juara sebanyak lima kali yakni pada 2000, 2002, 2008, 2010 dan 2011. 

Di 2010, ia tampil untuk pertama kalinya di ajang kejuaraan dunia wanita motorcross. Di 2011, ia sukses memenangkan reli Dakar kategori sepeda motor perempaun dengan catatan waktu tercepat. Selang satu tahun, ia mengulang prestasi itu kembali. 


3. Dani Pedrosa

Pebalap yang di GP Aragon akhir pekan lalu bersaing ketat dengan Valentino Rossi untuk bisa raih runner up, Dani Pedrosa ialah putra bangsa Catalan. Pedrosa lahir di Sabadell, Barcelona 29 tahun silam. Pebalap yang memulai karirnya dari kelas 125 cc ini memang sempat di prediksi akan jadi rissing star di awal kemunculannya. 

Prediksi itu tepat, Pedrosa jadi bintang diantara para bintang MotoGP. Total dari 162 race yang ia ikuti, Pedrosa telah mampu memangkan race sebanyak 26 kali dan 97 kali naik podium. Selain itu ia juga catatkan 41 kali meraih rekor lap tercepat. 


4. Marc Marquez

Jika bisa disebut, Marquez setara dengan Barcelona. Keduanya sama-sama identitas wilayah Catalan. Lahir di Cervera, Barcelona, 22 tahun silam ini merupakan pebalap yang telah banyak torehkan tinta emas di race MotoGP. 

Naik level ke MotoGP di 2013, Marquez tercatat jadi juara pertama pada GP Americas. Marquez tercatat torehkan 23 kali kemenangan, 37 kali naik podium, 29 kali meraih pole positions dan 29 kali mencatat rekor lap tercepat. 

Untuk gelar juara dunia, Marquez tercatat sudah dua kali meraih gelar tersebut.  Gelar pertama diraihnya di musim pertamanya pada 2013, selang setahun ia kembali torehkan prestasi yang sama. 

Marc MarquezDani PedrosaCatalanSete GibernauLaia Sanz

Berita Terkini