x

4 Momen Balapan Terbaik Rio Bersama Manor Selama di Formula 1

Rabu, 10 Agustus 2016 17:29 WIB
Editor: Randy Prasatya

Kontrak Rio diputus oleh Manor setelah pihak manajemen sang pembalap tidak mampu memenuhi kewajiban kontrak. Untuk mendapatkan kursi pembalap Manor pada musim ini, Rio harus menyetorkan dana sebesar 15 juta euro.

Kendati demikian, dalam pernyataan pemutusan kontrak Rio, Manor masih mencoba untuk menghidupkan mimpi pria 23 tahun itu dalam membalap di F1.

"Agar mimpinya di Formula 1 tetap hidup, tim menawarkan posisi pembalap cadangan kepada Rio di sisa sembilan seri Kejuaraan Formula 1 2016," tulis Manor.

Meski didepak dari Manor karena permasalahan sisa uang, Rio sejatinya punya rekam jejak membalap yang baik selama mengaspal di F1.

Sejauh ini mantan pembalap GP2 tersebut punya momen-momen apik saat membalap di Formula 1. Berikut data yang dihimpun oleh redaksi INDOSPORT.


1. GP Bahrain

Rio Haryanto

Pada balapan serie kedua F1 2016, Rio berhasil jadi yang tercepat di speed trap GP Bahrain. Rio yang mengawali balapan dari posisi ke-20 ini mencatat kecepatan maksimum 327.7 km/jam.

Pembalap asal Solo itu bahkan mengungguli Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Kedua pembalap Mercedes tersebut hanya berada di posisi ke 7 dan 8 dalam speed trap.

Di akhir balapan GP  Monaco, Rio akhrinya hanya mampu menyelesaikan balapan di posisi ke-17. Raihan itu sekaligus jadi balapan pertama Rio di F1 yang berhasil finis.


2. GP Monaco

Serie ke-6 F1 ini mungkin jadi hasil balapan terbaik Rio selama bersama Manor. Pada balapan yang sempat diguyur hujan deras, ia berhasil terhindar dari tabrakan, sedangkan pembalap Ferrari, Kimi Raikkonen gagal finis karena insiden tabrakan.

Mulanya, Jagoan balap Indonesia ini masuk pit pada lap ke-11. Dia mengganti bannya menjadi intermediate. Posisinya pun melorot ke urutan 19.

Seiring banyaknya pembalap yang mengalami insiden tabrakan, Rio akhirnya berhasil menyelesaikan balapan di posisi 15.


3. GP Hungaria

Rio Haryanto sata menjalani kualifikasi di Hungaria.

Pada sesi latihan bebas 1 GP Hungaria, Jumat (22/7), Rio menjadi yang tercepat di speed trap. Pria 23 tahun itu mampu membuat mobilnya melaju 317,3 kikometer per jam di Sirkuit Hungaroring.

Catatan ini lebih baik dibandingkan pembalap tercepat di latihan bebas 1, Nico Rosberg (Mercedes) dan Serio Perez (Force India).

Namun, pada balapan utama di hari minggunya, Rio gagal mencatatkan hasil yang baik. Dia hanya dapat menyelesaikan balapan di posisi ke-21.


4. GP Jerman

Pada balapan di GP Jerman, yang juga jadi balapan terakhir Rio, ia berhasil membuat catatan terbaik di speed trap.

Speed trap itu sendiri adalah kecepatan antara dua titik tercepat dalam lintasan atau waktu tempuh maksimal dalam trek lurus. Kecepatan tertinggi Rio terjadi pada lap ke-49, yakni 350,0 kilometer per jam.

Sedangkan speed trap kedua diisi oleh pebalap Haas, Romain Grosjean. Sedangkan rekan satu tim Rio, Pascal Wehrlein, berada di posisi keempat dengan kecepatan tertinggi mencapai 341,8 kilometer per jam.

Rio HaryantoGP JermanGP BahrainGP MonacoIn Depth SportsManor Racing Team F1GP Hungaria

Berita Terkini