x

Dari Burung, Kadal Raksasa, hingga Tabrakan Rio Haryanto, Berikut 5 Momen Unik F1 2016

Minggu, 25 Desember 2016 05:28 WIB
Editor: Arief Rahman Hakim

Balapan tahun ini memang tetap didominasi oleh duo Mercedes, Nico Rosberg dan Lewis Hamilton. Namun di tiap serinya, selalu ada cerita atau kisah unik.

Momen-momen itu akan selalu jadi catatan F1, dan tentunya, penggemar ajang jet darat bergengsi dunia itu. Bahkan, salah satu momen itu melibatkan pembalap asal Indonesia, Rio Haryanto, sewaktu ia masih membalap untuk Tim Manor.

21 Balapan berlangsung dari awal di Australia hingga penutupan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, dan 22 pembalap berpatisipasi di dalamnya.

Apa saja momen lucu, aneh, hingga gila yang pernah terjadi di F1 2016? Berikut INDOSPORT menyajikannya bagi Anda para penggila F1:


1. Burung yang Mengejutkan Sebastian Vettel

Sepasang burung yang mengejutkan Sebastian Vettel.

Momen ini terjadi pada 12 Juni 2016, kala balapan berlangsung di Kanada dan menggunakan Sikuit Gilles Villeneuve, yang berada di Montreal.

Seekor burung lautan berada di sirkuit, tepat saat pembalap Ferrari, Sebastian Vettel, ingin membelokkan mobilnya. Hebatnya lagi, burung itu sama sekali tidak terbang, seakan tidak takut jika burung tersebut terlindas mobil.


2. Kadal Raksasa

Kadal raksasa yang melintas di sirkuit yang berada di Singapura.

Pembalap muda yang tengah menjadi buah bibir karena konsistensinya dalam mengendalikan mobil, Max Verstappen, benar-benar terkejut ketika melihat kadal raksasa di Singapura.

Di tengah balapan yang berlangsung di Sirkuit Jalanan Marina Bay, Singapura, pada 18 September 2016, kadal raksasa muncul di tengah jalan. Uniknya, Verstappen menyebutnya bak godzilla dalam film 'Godzilla'.


3. Debut Rio Haryanto

Rio Haryanto saat berbenturan dengan mobil Romain Grosjean.

Indonesia tentu bangga mengirim perwakilannya ke F1. Namun debut pembalap kelahiran Surakarta, Solo, itu tidak berjalan mulus dalam sebuah sesi latihan bebas di balapan pembuka yang berlangsung di Australia.

Maksud hati meninggalkan pitlane, entah gugup atau tidak melihat situasi sekitar, mobil Rio menabrak mobil Tim Haas, Romain Grosjean yang sudah berjalan keluar. Beruntung, tabrakan itu tidak terjadi saat mobil kedua tim dalam kondisi kencang.


4. Pilih Sepeda ketimbang Sepeda Motor

Daniil Kvyat saat berkendara dengan sepeda.

Kali ini balapan berlangsung di seri pamungkas di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Di putaran ke-14, pembalap Toro Rosso, Daniil Kvyat mengalami masalah pada mobilnya.

Mobilnya bermasalah, dan Kvyat pun kembali masuk bengkel mobilnya. Namun, ia tak sabar menunggu datangnya jemputan yang menggunakan motor, hingga Kvyat memilih menggenjot pedal sepeda.


5. Aktor 300 Dipaksa Minum dari Sepatu

Gerard Butler meminum sampanye dari sepatu Daniel Ricciardo.

Selebrasi meminum sampanye podium dengan menggunakan sepatu, tengah jadi tren yang sudah dilakukan Valentino Rossi di MotoGP, dan pembalap Red Bull F1, Daniel Ricciardo.

Hebatnya, pembalap asal Australia itu sukses memaksa aktor kondang seperti Gerard Butler, untuk meminum sampanye dari sepatu di balapan yang berlangsung di Amerika Serikat.

Red Bull F1F1Rio HaryantoDaniel RicciardoFormula 1Manor Marussia F1Manor Racing Team F1

Berita Terkini