x

Profil Tim MotoGP: Movistar Yamaha

Senin, 20 Maret 2017 09:20 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja

Ajang MotoGP akan bergulir dalam waktu dekat ini. Yamaha Motor Racing merupakan salah satu tim penguasa di arena balap motor ternama tersebut.

Tim ini didirikan pada tahun 1999 dan awalnya bermarkas di Belanda.  Namun pada tahun 2002, markas tim ini dipindahkan ke Italia.

Walaupun baru berdiri sendiri sebagai tim pabrikan, namun tim Yamaha sudah lama mendukung banyak tim. Ada beberapa pembalap yang pernah memperkuat tim Yamaha.

Mereka adalah Carlos Checa, Marco Melandri, dan Jorge Lorenzo. Pada tahun 2017, Yamaha akan diperkuat oleh Valentino Rossi dan Maverick Vinales.

Berikut ini, INDOSPORT akan berusaha mengulasnya untuk para pembaca setia mengenai profil tim dan para pembalapnya.


1. Sejarah Terbentuknya Yamaha

Penampakan motor Yamaha

Tim ini didirikan pada tahun 1999 dan awalnya bermarkas di Belanda.  Namun pada tahun 2002, markas tim ini dipindahkan ke Italia. Walaupun baru berdiri sendiri sebagai tim pabrikan, namun tim Yamaha sudah lama mendukung banyak tim.

Awalnya prestasi tim ini kurang baik. Saat itu mesin motor masih menggunakan kapasitas 990cc. Ketika itu, Yamaha masih diperkuat oleh Max Biaggi dan Carlos Checa dari tahun 1999-2002. Sebenarnya, Biaggi tampil cukup baik dan berhasil mencetak delapan kemenangan.

Namun, itu tidak mampu membawa Yamaha berprestasi. Pada tahun 2003, Checa mendapatkan pasangan baru namanya Marco Melandri, yang menggantikan posisi Biaggi. Tapi, prestasi Yamaha semakin menurun karena tidak mampu meraih kemenangan sekalipun.

Pada tahun 2004, manajemen Yamaha memutuskan untuk merekrut Valentino Rossi dari tim Honda. Keputusan tersebut sangat tepat. Pasalnya, tim yang masih bernama Gauloises Fortuna Yamaha tersebut meraih prestasi yang luar biasa dan merasakan gelar juara pertama kali.

Sejak saat itu, dominasi The Doctor bersama Yamaha tidak terhentikan oleh peserta lain. Selain Rossi, pembalap Yamaha yang berhasil tampil cemerlang pada ajang MotoGP adalah Jorge Lorenzo. Bersama Yamaha, pembalap asal Spanyol itu berhasil merasakan tiga gelar juara dunia.

Biodata Movistar Yamaha:

Markas: Lesmo, Italia
Principal: Lin Jarvis
Pembalap: Valentino Rossi
                  Maverick Vinales
Motor: Yamaha YZR-M1
Juara: 7 kali 2004, 2005, 2008, 2009 (Valentino Rossi)
                    2010, 2012, 2015 (Jorge Lorenzo)  


2. Valentino Rossi

Valentino Rossi saat perkenalan motor baru Yamaha.

Valentino Rossi telah akrab dengan dunia balap sejak kecil. Itu sangat wajar, mengingat sang ayah, Graziano Rossi, merupakan mantan pembalap yang turun di kelas 250cc.

Seperti para pembalap umumnya, Rossi yang ketika itu masih berusia lima tahun, mengawali kariernya dengan balapan di ajang Go-Kart.

Rossi memulai karier sebagai pembalap MotoGP pada tahun 1996. Saat itu, pembalap yang lahir di Urbino tersebut mengawali karier balapnya dengan memperkuat Aprilia.

Di tahun pertamanya, karier Rossi memang belum terlalu cemerlang. Dia baru merasakan gelar juara pada tahun kedua. Ketika itu, Rossi berhasil mencatat 11 kali kemenangan.

Ternyata, Rossi hanya membutuhkan dua tahun untuk lulus ke kelas berikutnya yakni 250cc. Di debutnya, Rossi langsung tampil menggila dan berhasil meraih gelar juara bersama tim Aprilia.

Performanya yang cemerlang membuat Honda tertarik untuk merekrutnya. Dua tahun kemudian, Rossi lulus dari kelas 250cc dan merasakan balapan kelas 500cc.

Meski harus puas finis di peringkat kedua, The Doctor langsung tampil mengesankan. Baru pada musim kedua, Rossi berhasil merasakan gelar juara perdananya di kelas 500cc.

Rossi memperkuat tim Honda selama empat tahun. Total, pembalap asal Italia tersebut mempersembahkan tiga gelar juara dunia untuk Honda.

Namun, pada musim 2004, Rossi membuat keputusan yang mengejutkan. Dia memutuskan untuk hengkang ke tim rival Yamaha.

Rossi berhasil membawa Yamaha menjadi tim yang paling dominan. Total, dia berhasil meraih empat gelar juara dunia di kelas 500cc.

Setelah itu, Rossi memang sempat meninggalkan Yamaha dan hengkang ke Ducati. Namun, prestasinya bersama tim asal Italia itu mendem sehingga dia memutuskan untuk kembali ke Yamaha.

Biodata Valentino Rossi:

Tempat/Tanggal Lahir: Urbino, 16 Februari 1979
Tim: Movistar Yamaha
Karier Balapan: 2000-
Tim: Honda (2000–2003)
       Yamaha (2004–2010, 2013–)
       Ducati (2011–2012)

Gelar juara dunia: 7 kali


3. Maverick Vinales

Pembalap anyar Movistar Yamaha, Maverick Vinales.

Mungkin namanya tidak setenar pembalap sebelumnya, Jorge Lorenzo. Namun, tentu ada alasan kenapa manajemen Yamaha memutuskan untuk memilih Maverick Vinales sebagai pengganti Lorenzo.

Pembalap yang lahir di Figuerres tersebut sudah mengenal kompetisi balap motor sejak usia tiga tahun. Dia mengawali kariernya di ajang minimotor.

Baru pada tahun 2002, dia memutuskan untuk merasakan sirkuit sesungguhnya. Dia merasakan kompetisi bernama di ajang Catalunya 50cc.

Vinales akhirnya berhasil meraih gelar juara di Catalunya, Barcelona ketika naik ke kelas 125cc. Pada musim 2011, Vinales memutuskan untuk pindah ke kelas 125cc menggunakan motor besar.

Namun, pembalap berkebangsaan Spanyol itu baru merasakan juara dua tahun kemudian, ketika kelas 125cc berubah nama menjadi Moto3 saat memperkuat tim KTM.

Satu tahun kemudian, Vinales pun berani untuk memutuskan naik ke kelas Moto2 dengan memperkuat tim Kalex. Ternyata, performanya sangat luar biasa dan berhasil finis di peringkat ketiga.

Setahun kemudian, Vinales langsung promosi ke ajang MotoGP dengan memperkuat tim Suzuki. Namun, Vinales baru merasakan kemenangan di tahun kedua di ajang MotoGP Jerman.

Performanya yang terus menanjak membuat Yamaha memutuskan untuk merekrutnya. Vinales pun dipilih untuk menggantikan posisi Lorenzo yang hengkang ke Ducati.

Biodata Maverick Vinales:

Negara: Spanyol
Tempat/Tanggal Lahir: Figuerres, 12 Januari 1995
Tim saat ini: Movistar Yamaha
Tahun aktif: 2015-
Tim Pabrikan: Suzuki (2015-2017)
                       Yamaha (2017-)

Valentino RossiMotoGPMaverick VinalesMovistar Yamaha

Berita Terkini