x

Profil Tim MotoGP: Aspar Racing Tim

Kamis, 23 Maret 2017 09:37 WIB
Editor: Hendra Mujiraharja

Aspar Ducati merupakan salah satu tim yang akan bertanding di MotoGP. Tim ini bermarkas di Spanyol. Tim ini tidak hanya bertanding di ajang MotoGP kelas utama saja.

Aspar ikut bertanding di ajang Moto3. Meskipun demikian, Aspar bukan sebuah tim pabrikan besar seperti Honda, Yamaha, bahkan Ducati.

Mereka hanya sebuah tim kecil. Namun, Aspar sama sekali tidak takut untuk bersaing dengan para raksasa di ajang dunia motorsport tersebut.

Pada musim ini, Aspar akan diperkuat oleh dua pembalap yang cukup berpengalaman di arena MotoGP, Karel Abraham dan Alvaro Bautista.

Itu merupakan sedikit gambaran mengenai Aspar. Berikut ini, INDOSPORT akan mengupas mengenai profil lengkap tim asal Spanyol tersebut.


1. Awal Terbentuknya Tim Aspar

Logo Tim Aspar.

Tim ini diciptakan oleh seorang mantan pembalap bernama Jorge Martinez pada 1992. Ketika itu, Martinez masih menjadi seorang pembalap.

"Aspar lahir ketika saya masih aktif mengikuti balapan. Dengan pemikiran saya ingin tetap berada di dunia balap motor, tetapi usia dan kemampuan saya tidak bisa selalu membuat saya menjadi pembalap," kata Martinez ketika itu.

Pada 1997, Martinez akhirnya memutuskan untuk berhenti sebagai pembalap. Namun, karena terlalu cinta dengan dunia balap motor, maka pembalap asap Spanyol tersebut memutuskan untuk membuat tim Aspar.

"Saya berada di dunia yang membuat saya kecanduan balapan. Setelah pensiun sebagai pembalap, saya ingin tetap dekat dengan dunia ini sehingga saya membuat Aspar Racing Team," sambung pria yang dijuluki Aspar saat masih menjadi pembalap itu.

Prestasi Aspar memang cukup gemilang ketika masih bertanding di kelas 125cc dan 250cc. Akhirnya, Martinez pun memutuskan untuk terjun ke kelas pada musim 2012. Sayang, prestasi Aspar Racing Tim tidak secemerlang di kelas sebelumnya.

Bahkan, para pembalap dari tim ini hanya mampu berkutat di papan bawah saja, tidak mampu beranjak ke papan atas.

Biodata Tim:

Nama: Aspar Racing Tim
Markas: Spanyol
Prinsipal: Jorge Martinez
Pembalap:

Gelar juara pembalap:       


2. Karel Abraham

Pembalap Tim Aspar, Karel Abraham.

Pada MotoGP 2017, Aspar Racing Team memutuskan untuk mengontrak Karel Abraham. Abraham sudah berlaga di ajang ini mulai 125 hingga kelas utama.

Sebagai informasi, pada musim lalu, pembalap asal Ceko tersebut memang sempat membuat keputusan yang mengejutkan dengan hengkang ke ajang Superbike.

“Saya sangat senang bisa kembali ke MotoGP. Saya mulai bekerja begitu saya mengetahui ada kemungkinan untuk kembali ke MotoGP. Saya sangat senang bisa kembali ke Ducati, mengingat ini merupakan motor favorit saya. Saya langsung memikirkan musim perdana saya bersama mereka,” kata Abraham.

Abraham memang sudah mengenal motor Ducati. Pasalnya, selama dua musim (2011 dan 2012), pembalap berusia 27 tahun itu memperkuat motor satelit pabrikan asal Italia tersebut.

“Sebuah kehormatan untuk menjadi bagian tim ini, yang sangat terkenal dan profesional. Bersama Ducati, saya percaya kami akan memiliki hubungan yang sangat bagus, saya sudah tidak sabar untuk menatap musim baru bersama mereka,” lanjutnya.

Biodata:

Nama: Karel Abraham
Tempat/Tanggal Lahir: Brno, 2 Januari 1990
Tim: Pull&Bear Aspar Team
Tahun aktif: 2011–2015
Tim sebelumnya: Ducati, ART, Honda
Gelar juara: 0


3. Alvaro Bautista

Pembalap Tim Aspar, Alvaro Bautista

Untuk menjadi pasangan Karel Abraham, Aspar Racing Tim pun menunjuk Alvaro Bautista sebagai pembalap menghadapi MotoGP musim 2017. Pembalap asal Spanyol itu mengaku senang bisa kembali ke ajang balap motor terbaik di dunia tersebut.

“Saya sangat senang untuk kembali ke rumah saya yakni ajang MotoGP. Saya menikmati karier terbaik saya di ajang ini, termasuk ketika menjuarai kelas 125cc dan ikut bertarung untuk memperebutkan gelar juara di kelas 250cc,” kata Bautista.

“Saya sangat bahagia dan termotivasi untuk kembali ke ajang MotoGP, sebuah pengalaman yang baru. Dalam beberapa tahun mendatang, saya sudah berkembang dan lebih berpengalaman,” sambungnya.

“Jadi, saya semakin percaya diri dengan tim ini, bahwa kami bisa kompetitif di musim 2017,” lanjut pembalap berusia 32 tahun itu, sebagaimana diberitakan Crash.

Biodata:

Nama: Alvaro Bautista
Tempat/Tanggal Lahir: Talavera de la Reina, Spanyol, 21 November 1984
Tim saat ini: Pull&Bear Aspar Team
Tahun aktif: 2010-2016
Tim sebelumnya: Suzuki (2010–2011), Honda (2012–2014), Aprilia (2015–2016

MotoGPAlvaro BautistaMotoGP 2017Aspar DucatiKarel Abraham

Berita Terkini