x

4 Pembalap yang Meninggal karena Kecelakaan di Luar Trek

Selasa, 23 Mei 2017 06:28 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Ilustrasi balapan.

Menjadi seorang pembalap, baik motor ataupun mobil, menyimpan risiko tinggi. Tak sedikit para pembalap ini mengalami kecelakaan fatal saat tengah menggeber kendaraannya.

Bahkan, beberapa harus kehilangan nyawa di atas lintasan balap, seperti legenda Formula 1 Ayrton Senna yang tewas saat melakoni GP San Marino 1994 dan pembalap MotoGP, Marco Simoncelli di lintasan GP Malaysia 2011.

Namun, empat pembalap ini justru kehilangan nyawa di luar lintasan balap. Seperti Nicky Hayden, yang pada Senin (22/05/17) meninggal dunia saat tengah bersepeda.

Berikut INDOSPORT merangkum empat pembalap yang harus merenggang nyawa akibat insiden fatal yang terjadi di luar lintasan balap.


1. Steve Hislop

Steve Hislop.

Akhir kisah Steve Hislop mirip seperti yang dialami Colin McRae. Hislop adalah pembalap Superbike berbakat asal Skotlandia. Ia tercatat memenangkan British 250 cc Championship dan dua kali British Superbike Championship.

Ia meninggal di usia 41 tahun dalam kecelakaan helikopter di perbatasan Skotlandia yang ia kemudikan pada 2003 saat terbang menuju rumah kerabatnya. Mengutip kabar yang dilansir MCN, kecelakaan tersebut bukan diakibatkan kelalaian Hislop sendiri.

Penyelidikan yang dilakukan pada 2005 menunjukkan bahwa rotor utama helikopter tersangkut di ekornya, meski tak dipastikan bahwa hal tersebut menjadi penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Hislop akhirnya juga masuk ke dalam Hall of Fame olahraga Skotlandia pada 2010. Pembalap berjuluk Hizzy ini juga dibuatkan patung perunggunya di Onchan Head, Isle of Man, sebagai memorial atas prestasinya.


2. Nicky Hayden

Nicky Hayden.

Nicky Hayden tutup usia pada Senin (22/05/17) akibat mengalami kecelakaan tragis saat bersepeda di Italia. Ia ditabrak oleh sebuah mobil yang tengah melintas. Setelah dilarikan ke rumah sakit setempat, Hayden dinyatakan mengalami kerusakan otak.

Usai menjalani masa kritis selama hampir sepekan, pembalap asal Kentucky, Amerika Serikat ini meninggal dunia, dua bulan sebelum ulang tahunnya yang ke-36 di Maurizio Bufalini Hospital di Cesena, Italia.

Kondisi mobil yang menabrak Nicky Hayden.

The Kentucky Kid dikenal sebagai salah satu pembalap legenda MotoGP. Ia sukses menjadi juara dunia pada 2006, menghentikan dominasi Valentino Rossi yang menjadi juara dunia lima musim beruntun.

Performanya di kelas premier menurun dan akhirnya ia menjajal kompetisi World Superbike, bergabung dengan tim Red Bull Honda World Superbike. Hayden meraih kemenangan pertamanya di kelas ini di balapan Malaysia pada musim lalu.


3. Norifumi Abe

Norifumi Abe.

Norifumi Abe adalah pembalap motor yang sempat digadang-gadang akan menjadi pembalap besar di masanya. Mengawali karier di balapan 500 cc, ia memenangkan kejuaraan dunia yang berlangsung di negerinya sendiri, Jepang, pada 1996. 

Saat MotoGP diperkenalkan pada 2002, pembalap yang populer dengan nama Norick Abe ini tak mampu beradaptasi dengan baik. Akhirnya dua tahun berselang, ia turun di ajang World Superbike dan mendapat peringkat 10 di akhir kejuaraan.

Nahas, pembalap kelahiran Tokyo ini meninggal dunia pada 7 Oktober 2007, di daerah Kawasaki, Kanagawa. Saat itu, ia bertabrakan dengan truk yang melakukan putar balik di daerah terlarang. Ia pun dinyatakan meninggal dunia dua setengah jam kemudian, pada usia 32 tahun.


4. Colin McRae

Colin McRae.

Colin McRae merupakan pembalap reli asal Skotlandia. Bakat membalapnya turun dari sang ayah, Jimmy, yang merupakan juara lima kali British Rally Championship. Pada 1995, ia menjadi pembalap Inggris pertama dan termuda yang memenangkan gelar juara dunia reli.

McRae tewas dalam kecelakaan tragis yang juga merenggut nyawa putranya dan dua teman dari keluarganya pada 15 September 2007. Saat itu, ia tak mampu mengendalikan helikopter yang dipilotinya dan kecelakaan di dekat rumahnya sendiri.

Meski penyebab kecelakaan belum bisa dipastikan dan tak ada bukti yang menyatakan bahwa McRae adalah pilot yang tak kompeten, Badan Penyelidikan Kecelakaan Fatal Skotlandia memutuskan McRae bersalah pada 2011. Ia dinilai lalai karena terbang terlalu rendah di area terjadinya insiden.

Pada 2008, McRae dimasukkan dalam Hall of Fame bidang olahraga di Skotlandia.

MotoGPNicky HaydenReliNorifumi Abe

Berita Terkini