x

5 Fakta Kilat GP Monaco: Balapan Paling Glamor dan Unik

Rabu, 24 Mei 2017 06:41 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi

Balapan Formula 1 akan memasuki seri keenamnya, yakni Grand Prix Monaco yang akan dimulai pada 25 Mei hingga 28 Mei mendatang. Fernando Alonso akan absen dalam balapan kali ini untuk berpartisipasi di ajang Indianapolis 500. Nantinya ia akan digantikan oleh Jenson Button.

Sirkuit Monaco sendiri bisa dikatakan sebagai arena terunik dalam kalender Formula 1. Sirkuit ini memanfaatkan jalan raya dan butuh enam minggu untuk menyiapkan lintasan serta tiga minggu untuk membongkarnya.

Sebagai balapan tertua dan paling glamor, GP Monaco menyimpan sejumlah fakta menarik yang sayang Anda lewatkan. Berikut INDOSPORT telah merangkum lima fakta menarik GP Monaco sebagai pemanasan jelang balapan jet darat paling bergengsi ini.


1. Lima Juara

Lewis Hamilton menang GP Monaco 2016.

Dalam balapan GP Monaco musim ini, ada lima pembalap yang pernah naik di podium tertinggi di sini sebelumnya. Bahkan dua di antaranya meraih dua kali kemenangan, yakni Lewis Hamilton, sang juara bertahan, dan Fernando Alonso.

Mereka adalah:
Lewis Hamilton (2008, 2016)
Sebastian Vettel (2011)
Fernando Alonso (2006, 2007)
Kimi Raikkonen (2005)
Jenson Button (2009)


2. King of Monaco dan Mr. Monaco

Ayrton Senna.

Ayrton Senna masih mantap dinobatkan sebagai Raja Monaco. Pembalap Brasil ini tercatat memenangi GP Monaco sebanyak enam kali, yakni pada 1987, 1989, 1990, 1991, 1992, dan 1993, rekor terbanyak sampai sejauh ini.

Menyusul rekor Senna adalah Graham Hill dan Michael Schumacher yang masing-masing memenangkan lima balapan di Monaco. Karena kesuksesannya menang di era 60-an, Hill mendapat julukan Mr. Monaco.


3. Triple Crown of Motorsport

Grand Prix Monaco.

Grand Prix Monaco disebut-sebut sebagai balapan Formula 1 paling penting dan prestisius di dunia. Balapan pertama diadakan pada 1929. Sejak 1955, setiap tahunnya diselenggarakan balapan F1 di sini.

Bersama Le Mans 24 Hour dan Indianapolis 500, GP Monaco masuk dalam Triple Crown of Motorsport. Ini menjadi penghargaan sendiri bagi para pembalap yang bisa menjuarai ketiga balapan ini. Pembalap Inggris, Graham Hill, adalah satu-satunya pembalap yang pernah memenangi ketiganya.


4. Sirkuit Terunik

Tikungan Sirkuit Monaco.

Sirkuit Monaco memiliki lintasan terpendek dari semua sirkuit Formula 1 dengan panjang 3,337 kilometer dan jarak tempuh 260,286 kilometer. Sirkuit ini terkenal dengan tikungan yang berbentuk "tusuk konde-nya". Ini adalah tikungan paling lambat dan tajam dari semua sirkuit. Arena dengan 19 tikungan ini juga memiliki satu-satunya tikungan indoor dengan adanya terowongan.

Sirkuit ini telah mengalami beberapa perbaikan selama beberapa tahun terakhir sejak dibangun pada 1929. Perubahan paling besar dilakukan pada 2004 saat kompleks pit permanen dibangun di area kolam renang.

Mengutip F1 Destinations, tikungan yang tajam dan ketat ini menjadi tantangan tersendiri bagi para pembalap. Nelson Piquet pernah membandingkan membalap di Monaco seperti bersepeda di seputar ruang tamu Anda. 


5. Rumah Para Pembalap

Monaco.

Monaco adalah surga bagi para atlet kelas dunia. Tercatat sejumlah nama atlet terkenal berdomisili di kota berpenduduk 38 ribu jiwa ini, seperti petenis Novak Djokovic dan Caroline Wozniacki.

Berdasarkan situs Exclusivegp, banyaknya atlet dunia yang memilih tinggal di Monaco, salah satu alasannya adalah pajak dan privasi. Meski biaya hidup di sini sangat tinggi, plusnya adalah mereka tak harus membayar pajak pendapatan. 

Selain dua alasan tersebut, Monaco juga populer dengan kebudayaannya yang mempertunjukkan opera, orkestra, dan balet klasik. Karena luas daerah kotanya yang kecil, para pembalap bisa kembali ke apartemen masing-masing usai melintas hanya dalam hitungan menit.

Sementara di dunia Formula 1, ada sembilan pembalap aktif yang saat ini tinggal di Monaco, yakni:
Lewis Hamilton
Valtteri Bottas
Daniel Ricciardo
Max Verstappen
Felipe Massa
Stoffel Vandoorne
Daniil Kvyat
Nico Hulkenberg
Jenson Button

Lewis HamiltonJenson ButtonFormula 1Ayrton SennaGP MonacoFormula 1 2017

Berita Terkini