x

(VIDEO) 5 Momen Aneh di Grand Prix Kanada

Kamis, 8 Juni 2017 19:54 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Sebastian Vettel, (tengah) Lewis Hamilton (kiri), dan Valtteri Bottas.

Grand Prix Kanada akan dihelat di Sirkuit Gilles Villeneuve, Montreal, pada Minggu (11/06/17) mendatang. Balapan ini akan menandai 50 tahun partisipasi Kanada sebagai tuan rumah balapan Formula 1.

Michael Schumacher masih tercatat memegang kemenangan terbanyak di Kanada dengan naik podium teratas tujuh kali, yakni di tahun 1994, 1997, 1998, 2000, 2002, 2003, dan 2004. Sementara Lewis Hamilton adalah pembalap aktif terbanyak yang jadi juara dengan lima kemenangan.

GP Kanada.

Baca Juga

GP Kanada menjadi salah satu balapan yang menyimpan kisah unik, dari mulai munculnya "dinding keramat" hingga rekor balapan terlama. Berikut INDOSPORT hadirkan lima momen aneh dalam sejarah balapan Kanada, seperti dilansir Crash.


1. Invasi Marmut

Marmut di GP Kanada.

Balapan GP Kanada kerap "diinterupsi" oleh marmut-marmut tanah yang menyelinap ke lintasan. Yang paling malang adalah Anthony Davidson yang sampai harus keluar dari balapan usai menabrak marmut di balapan GP Kanada musim 2007.


2. Rekor Balapan Terlama

GP Kanada 2011.

GP Kanada 2011 tercatat sebagai balapan terlama dalam sejarah Formula 1, berlangsung selama 4 jam 4 menit dan 39,537 detik. Pasalnya, balapan sempat dihentikan selama dua jam pada lap 26 karena hujan lebat yang melanda Sirkuit Gilles Villeneuve.

Sebastian Vettel start di posisi terdepan, tetapi balapan akhirnya dimenangkan oleh Jenson Button dan menjadi kemenangan pertamanya di musim tersebut.


3. Wall of Champions

Wall of Champions GP Kanada.

Di Sirkuit Gilles Villeneuve, ada dinding "keramat" yang kerap ditabrak oleh para pembalap. Anehnya, kebanyakan pembalap yang menabrak dinding pembatas bertuliskan "Selamat datang di Quebec"  ini adalah para juara.

Setelah "memakan korban" seperti Michael Schumacher, Damon Hill, dan Jacques Villeneuve pada 1999, dinding di tikungan terakhir ini pun disebut Wall of Champions atau Dinding Para Juara.


4. "Kebodohan" Lewis Hamilton

Lewis Hamilton menabrak Kimi Raikkonen di GP Kanada.

Kimi Raikkonen mengalami kesialan di awal balapan GP Kanada 2008. Saat di gerbang keluar pit lane, Raikkonen berhenti di samping Robert Kubica dan menyalakan lampu indikator. Tak lama kemudian, Lewis Hamilton yang tak melihat lampu peringatan tersebut, menyeruduk belakang mobil Raikkonen. Pun begitu dengan Nico Rosberg yang tak bisa menghindar di belakangnya.

Hamilton dan Raikkonen pun tak bisa melanjutkan balapan, meski Rosberg bisa kembali ke lintasan. Usai kejadian ini, Raikkonen yang geram menyebut Hamilton "bodoh". Pembalap Mercedes itu pun disanksi 10 grid di balapan selanjutnya.


5. Kemenangan Perdana Daniel Ricciardo

Daniel Ricciardo di podium GP Kanada.

Balapan alot sudah dimulai sejak awal antara kedua pembalap Mercedes, Lewis Hamilton dan Nico Rosberg. Di lap ke-37, mobil Hamilton mengalami masalah di mesinnya, dan Rosberg juga mengalami hal yang sama di lap berikutnya.

Namun akhirnya, Hamilton keluar dari balapan setelah mengalami masalah braking di lap 48 dan Rosberg memimpin balapan. Setelah persaingan ketat di lini depan, Daniel Ricciardo akhirnya keluar sebagai juara setelah sukses menyusul Rosberg. Masalah beruntun yang menimpa pembalap Mercedes menjadi berkah untuk Ricciardo yang meraih kemenangan perdananya di Formula 1.

Lewis HamiltonMercedes AMG F1Nico RosbergMichael SchumacherDaniel RicciardoFormula 1GP KanadaJacques VilleneuveDamon Hill

Berita Terkini