x

Jelang GP Jepang, 3 Rekor Ini Dimiliki Marquez di Motegi

Kamis, 12 Oktober 2017 15:35 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Marc Marquez selebrasi diatas podium MotoGP San Marino.

Pembalap Honda, Marc Marquez masih melanjutkan pertarungannya di empat laga terakhir MotoGP musim ini untuk memperebutkan titel juara dunia 2017.

Marquez mesti bersaing ketat dengan pembalap Ducati, Andrea Dovizioso, yang berada di posisi kedua klasemen sementara MotoGP saat ini. 

Marc Marquez meraih gelar juara dunia yang kelimanya setelah memenangkan MotoGP di Jepang.

Dovisiozo sendiri menggenggam 208 poin, mengejar Marquez yang berhasil mengumpulkan 224 poin usai kemenangan yang ia raih di Aragon pada seri-seri terakhirnya. 

Akhir pekan ini, pembalap Spanyol itu akan kembali berlaga menaklukkan Sirkuit Motegi dalam GP Jepang bersama dengan para pembalap lainnya. 

Baca Juga

Tidak banyak yang menyadari bahwa Marquez nyatanya mencatat rekor tersendiri selama berlaga di Motegi sepanjang kariernya sebagai pembalap. Pasalnya, rekor ini bahkan tak dimiliki oleh pembalap kawakan sekelas Valentino Rossi.

Berikut INDOSPORT berhasil merangkum tiga rekor yang hanya mampu dipecahkan oleh Marquez selama kariernya sebagai pembalap di Sirkuit Motegi. 


1. Juarai GP Jepang Saat Berada di Moto3 2010

Marc Marquez.

Marquez memang menjalani debutnya pada usia 15 tahun di Moto3 untuk balapan motor kelas 125 cc. Podium pertamanya sendiri ia dapatkan ketika berlaga di GP Inggris. 

Tahun 2010, Motegi mencatat titel juara pertama Marquez saat jalani GP Jepang di kelas 125 cc. Kala itu, Marquez bersaing dengan sesama pembalap Spanyol, Nicolas Terol. 

Marquez sendiri memang sempat mencatat kemenangan beruntun selama dirinya berlaga di kelas Moto3. Empat kemenangan berturut-turut ketika ia menjalani laga di GP Jepang hingga GP Portugal pada musim tersebut. 


2. Taklukkan Motegi di Ajang Moto2 2012

Marc dan adiknya Alex Marquez.

Pembalap muda itu pindah ke ajang Moto2 pada 2011 lalu sebagai pembalap tunggal di sebuah tim baru bernama Monlau Competición.

Namun bersama dengan timnya, Catalunya Caixa, ia berhasil menaklukkan Sirkuit Motegi dalam gelaran Moto2 GP Jepang 2012. 

Meski sempat mengalami kendala saat melakukan start, namun Marquez berhasil bertahan dan keluar sebagai pemenang, membuat dirinya unggul dari rivalnya, Pol Espargaró. 


3. Motegi Catat Marquez jadi Juara Dunia MotoGP 2016

Marc Marquez tengah merayakan kemenangnya di atas podium di GP Jerman.

The Baby Alien menjalankan awal balapannya kala itu dengan cukup tenang. Ia mengunci posisi pemimpin balapan usai meninggalkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo jauh di belakangnya. 

Marquez bernafas lega dan memanfaatkan momen jatuhnya Rossi dalam laga tersebut untuk melenggang dengan tenang menuju lap terakhir.

Pembalap yang pada Selasa (17/10/17) rencananya akan datang ke Indonesia itu unggul 77 poin dalam klasemen sementara MotoGP 2016. Sedangkan hanya tersisa tiga seri lagi. Rossi sendiri kala itu tak mampu lagi mengejar poin yang dimiliki oleh Marquez.

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPMotoGP JepangSirkuit MotegiMotoGP 2017

Berita Terkini