x

Kaleidoskop 2017: Nasib Rio Haryanto dan Pembalap Muda yang Bermunculan

Sabtu, 30 Desember 2017 13:04 WIB
Penulis: Wira Wahyu Utama | Editor: Agus Dwi Witono
Kaleidoskop Formula 1 2017.

Tahun 2017 sebentar lagi akan berakhir, sepanjang tahun ini banyak kejadian menarik di lintasan balap, yang sayang untuk dilewatkan. Mulai dari nasib Rio Haryanto, Manor Racing yang bangkut, hingga kecelakaan mengerikan yang dialami Vettel.

Awal tahun 2017 setelah Pertamina angkat tangan, masih ada peluang sponsor lain memberi dukungan pada Rio kembali ke ajang Formula 1. Manajemen Rio Haryanto masih berupaya untuk dapat mengembalikan sang pembalap ke lintasan Balap F1 musim 2017 . 

Manajer Rio, Piers Hunnisett mengatakan, pihaknya tak terpengaruh dengan keputusan Pertamina. Namun mereka juga tak mau meminta dukungan dana lagi pada pemerintah.

"Kami masih menjalankan recana untuk mengembalikan Rio ke Formula 1," kata Hunnisett kepada Reuters.

Bottas dan Rio Haryanto

Menurutnya, dengan potensi yang dimiliki Rio Haryanto, akan sangat disayangkan jika pembalap asal Solo itu gagal kembali ke lintasan. Hunnisett bahkan menyebut akan sangat memalukan jika usaha manajemen Rio gagal terwujud. 

"Orang-orang di dunia F1 menilai Rio telah menunjukkan performa bagus di lintasan dan karenanya berhak kembali menjalani balapan," tuturnya. 

Awalnya, Rio sudah didekati Sauber F1 Team untuk mengarungi balapan musim depan. Kesempatan itu hilang karena Rio tak dapat memberikan kepastian dukungan sponsor pada tenggat waktu yang ditentukan. 

Baca Juga

1. Video Kaleidoskop 2017 Formula 1

Teknologi mobil balap Super Formula Rio Haryanto

2. Rio Haryanto Jatuh Bangun Demi Tampil di F1

Rio Haryanto

1. Beda Nasib: Dikalahkan Rio Haryanto di GP3, Bottas Kini Pembalap Mercedes

Pembalap Finlandia, Valtteri Bottas, telah dipastikan menggantikan Nico Rosberg di tim Mercedes bersama Lewis Hamilton. Sebelumnya, Rio Haryanto pernah mengalahkan Hamilton dan Bottas saat keduanya berada di lintasan GP3, Kamis (19/01/17). 

Rio Haryanto dan Bottas 

Baca selengkapnya: Beda Nasib: Dikalahkan Rio Haryanto di GP3, Bottas Kini Pembalap Mercedes

2.Tim F1 Asal China Jalan Kembali, Ajak Rio Haryanto ?

China F1 Racing Team disebut-sebut tengah berusaha ikut berkompetisi di balapan F1. Jika benar, mungkinkah mereka akan mengajak serta Rio Haryanto yang sejauh ini menjadi pembalap Asia satu-satunya yang pernah berkompetisi di ajang F1? 

Berita selengkapnya: Tim F1 Asal China Ajak Rio Haryanto Kembali Ke Lintasan ? 

3. Tampil di F4, Pembalap Muda Indonesia Gunakan Nomor Rio Haryanto

Pembalap muda Indonesia, akan mengikuti seri terakhir pada balapan Formula 4 Asia Tenggara. Dalam balapan tersebut, pembalap yang disebut-sebut sebagai penerus Rio Haryanto itu akan menggunakan nomor milik mantan pembalap Formula 1 itu, Selasa (17/01/17).

Keanon Santoso

Berita selengkapnya: Tampil di F4, Pembalap Muda Indonesia Gunakan Nomor Rio Haryanto

4. Jalani Tes Super Fomula, Kecanggihan Mobil Rio Haryanto yang Bikin Lawan-lawannya Nganga

Pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto akhirnya kembali ke lintasan balap internasioal kelas Super Formula. Namun yang lebih menakjubkannya lagi, ketika melihat bagaimana spesifikasi mesin yang dimiliki mobil balap Rio. 

Teknologi mobil balap Super Formula Rio Haryanto

Baca Selengkapnya: Kecanggihan Mobil Rio Haryanto yang Bikin Lawan-lawannya Nganga


3. Sean Gelael dan Ambisinya Jadi Pembalap F1

Sean Gelael

1. Sean Gelael Jadi Pembalap Tes F1, Begini Prosesnya

Pada pertengahan April ini, Sean Gelael akan menjadi pembalap tes tim Toro Rosso. Pembalap asal Indonesia ini mengaku sangat bangga bisa mendapatkan kesempatan emas untuk mengharumkan negaranya di dunia balap Formula 

Pembalap Indonesia, Sean Gelael, akan membela tim Prema Racing pada F2 2018.

 Baca Selengkapnya : Sean Gelael Jadi Pembalap Tes F1, Begini Prosesnya

2. Resmi, Sean Gelael Ikuti Jejak Rio Haryanto ke F1

Pembalap Indonesia, Sean Gelael resmi menjadi pembalap Formula 1. Meski tak ikut langsung dalam kompetisi balap mobil paling bergengsi ini, Sean akan tetap melibas lintasan F1 dengan status test driver di tim Scuderia Toro Rosso. 

Baca Selengkapnya :  Resmi, Sean Gelael Ikuti Jejak Rio Haryanto ke F1

3. Modal Besar yang Bakal Bawa Sean Gelael ke Kancah F1

Pembalap Indonesia, Sean Gelael menjadi salah satu harapan bangsa kita di kancah kompetisi balap mobil dunia, setelah sebelumnya mantan pembalap Manor Racing Team, Rio Haryanto terpaksa harus mengundurkan diri di pertengahan musim lalu. Baru-baru ini, Sean sendiri juga bekerja untuk tim Toro Rosso sebagai pembalap penguji. 

Baca Selengkapnya :  Modal Besar yang Bakal Bawa Sean Gelael ke Kancah F1

4. Tanpa Sean Gelael, Pembalap Toro Rosso Ini Alami Kesialan Jelang GP Jepang?

Pembalap Toro Rosso, Carlos Sainz nampaknya didera kesialan bertubi-tubi saat sesi latihan bebas pertamanya di Sirkuit Suzuka jelang GP Jepang akhir pekan ini.

Carlos Sainz (kiri) dan Sean Gelael.

Baca Selengkapnya : Tanpa Sean Gelael, Pembalap Toro Rosso Ini Alami Kesialan Jelang GP Jepang?

5. Sean Gelael 'Asapi' Eks Rekan Rio Haryanto di Singapura

Perasaan bahagia tengah dirasakan oleh salah satu pembalap muda berbakat Indonesia, Sean Gelael. Bagaimana tidak, dalam sesi latihan bebas pertama Grand Prix Singapura 2017, ia berkesempatan untuk memacu kecepatan di ajang F1 resmi. Ya, dalam sesi latihan bebas pertama yang berlangsung di Sirkuit Marina Bay pada Jumat (15/09/17), Sean ditunjuk sebagai salah satu pembalap mewakili tim Toro Rosso.

Baca Selengkapnya : Sean Gelael 'Asapi' Eks Rekan Rio Haryanto di Singapura


4. Formula 1 di Mata MotoGP

Valentino Rossi

1. Ingin Coba Hal Baru, Hamilton Tertarik Membalap di MotoGP

Setuju dengan Alonso, Lewis Hamilton menyatakan bahwa para pembalap Formula 1 seharusnya bisa menjajal balapan seri lainnya. Ia pun mengungkapkan salah satu keinginannya, yakni ingin menjajal lintasan MotoGP, Jumat (14/04/17).

Baca Selengkapnya : Ingin Coba Hal Baru, Hamilton Tertarik Membalap di MotoGP

2. Marquez dan Rossi Komentari Insiden Vettel vs Hamilton

Insiden Vettel yang menyenggol mobil Hamilton saat balapan di Sirkuit Baku, Minggu (25/06/17) lalu rupanya juga menjadi perhatian para pembalap MotoGP seperti Valentino Rossi dan Marc Marquez. 

Marc Marquez jatuh usai ditendang Rossi.

Baca Selengkapnya:Marquez dan Rossi Komentari Insiden Vettel vs Hamilton

3. Rossi Takut Dicap Pengkhianat Jika Terima Tawaran Mercedez

Sosok Valentino Rossi tidak lagi hanya menjadi idola di kalangan tim pabrikan MotoGP. Pemilik tujuh gelar MotoGP itu kini menjadi rebutan dua tim raksasa Formula 1, Mercedez dan Ferrari, Minggu (01/01/17).

Baca Sekengkapnya:  Rossi Takut Dicap Pengkhianat Jika Terima Tawaran Mercedez

4. Valentino Rossi Jadi Panutan Pembalap Red Bull

Sebelum kehadiran Marc Marquez dan Maverick Vinales, ajang balap MotoGP mulai menjadi salah satu olahraga terfavorit di dunia berkat kehadiran sosok Valentino Rossi. Tak heran jika di Formula 1, ia memiliki banyak pengagum.

Valentino Rossi

Baca Selengkapnya: Valentino Rossi Jadi Panutan Pembalap Red Bull

Sean GelaelRio HaryantoFormula 1

Berita Terkini