x

Petunjuk Jalan di Jakabaring Bukti Palembang Nekat Jadi Tuan Rumah MotoGP?

Sabtu, 31 Maret 2018 20:11 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Abdurrahman Ranala
Petunjuk arah Sirkuit MotoGP di Palembang.

Penampakan yang cukup mengejutkan terlihat di jalan area Jakabaring Sport City, Palembang. Seorang netizen bahkan sempat mengabadikan hal tersebut dan mengunggahnya ke Instagram.

Rupanya hal tersebut adalah penampakan dari petunjuk jalan di area Jakabaring yang bertuliskan 'Circuit MotoGP'. Sontak hal tersebut tentu saja mengundang tanda tanya dari berbagai pihak.

Apakah benar kalau rencana untuk menjadikan Palembang sebagai tuan rumah ajang balap motor nomor wahid dunia MotoGP benar-benar akan terlaksana?

Baca Juga

1. Baru Dipasang

Rencana Sirkuit Jakabaring.

Foto petunjuk jalan itu sendiri diunggah oleh seorang netizen dengan akun Instagram bernama @a_thet2306. Kebetulan gambar itu diambil kala dirinya tengah berjalan-jalan di area Jakabaring Sport City.

Tak hanya itu, ia pun turut mengungkapkan, seperti dikutip dari @Info.MotoGP, bahwa petunjuk jalan itu sendiri belum lama ini dipasang di area tersebut. 


2. Ambisi Pemprov

Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin.

Pembangunan Sirkuit Jakabaring di Palembang merupakan salah satu ambisi yang ingin diwujudkan oleh Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin. Kabarnya, sirkuit itu tersebut akan dibangun untuk gelaran MotoGP 2019 mendatang. 

Alex sendiri rupanya mengakui bahwa ambisi pemerintah Sumatera Selatan untuk gelaran MotoGP tersebut memang berat. Terlebih lagi jika dikaitkan dengan masalah pembiayaan yang tentunya pasti harus menyerap investor-investor. 

"MotoGP ini memang luar biasa berat. Mengapa? Karena kami tidak punya uang. Andai saja diminta empat tahun lalu, tentunya tidak jadi masalah," ungkap Alex, dikutip dari Industry.


3. Hadapi Kendala

Alex Noerdin bertemu dengan konsultan designer MotoGP, Hermann Tilke

Tilke selaku perancang sirkuit ini pun percaya diri venue sepanjang 4,311 km tersebut akan siap masuk kalender MotoGP dalam dua tahun.

Arsitek yang juga merancang Sirkuit Sepang ini juga mengungkapkan kesulitan dalam proses pembangunan Jakabaring, yakni karena lokasi yang berdekatan dengan venue cabor dayung.

"Arenanya dibangun di samping venue dayung untuk Asian Games. Masalahnya adalah kami harus mengisi tanahnya jadi tak terendam saat banjir. Ini yang membuat tugas kami menjadi sulit," terang Tilke, dikutip Speedweek.

MotoGPPalembangAlex NoerdinJakabaringJakabaring Sport City (JSC)Sirkuit JakabaringHermann Tilke

Berita Terkini