x

Jalani Debut Moto3 di Prancis, Pembalap Indonesia Alami Kecelakaan Mengerikan

Sabtu, 19 Mei 2018 19:42 WIB
Penulis: Annisa Hardjanti | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Gerry Salim.

Pembalap Indonesia Gerry Salim menjalani debutnya di Moto3 Junior World Championship seri Prancis, di Sirkuit Le Mans pada Sabtu (19/05/18) ini, tepatnya pada pukul 21.30 WIB. 

Gerry sendiri sempat melalui sesi kualifikasi yang cukup menyulitkannya, baik pada sesi pertama maupun sesi kedua balapan yang digelar pada Jumat (18/05/18) kemarin.

Pasalnya, tak ada sesi latihan bebas yang bisa digunakan untuk lebih memahami karakter lintasan. Dengan hanya adanya dua sesi kualifikasi yang masing-masing 50 menit, tak heran cukup membuat Gerry kesulitan. 

Baca Juga

1. Hasil Kualifikasi Pertama

Gerry Salim.

Pada sesi kualifikasi pertama, Gerry mencatat raihan yang cukup baik pada menit-menit awal. Namun Pembalap Astra Honda Racing Team itu mengalami kesulitan di menit-menit selanjutnya.

Masalahnya, di percobaan keduanya, Gerry mengalami kesulitan untuk meningkatkan kecepatan. Di putaran terakhir, akhirnya ia berhasil mencatat putaran hingga meraih catatan waktu 1 menit 44,725 detik dan berakhir di urutan ke-16.

"Saya sedikit kesulitan pada sesi pertama, karena merupakan lap-lap awal saya di sirkuit ini. Saya berusaha untuk cepat, dan hasil catatan waktu saya tidak terlalu tertinggal dari para pebalap tercepat," ungkap Gerry, dikutip dari rilis yang diterima INDOSPORT.


2. Alami Kecelakaan

Gerry Salim meraih kemenangan di race 2 Asia Production 250 cc (AP250) di Asia Road Racing Championship Suzuka, Jepang.

Di sesi kedua kualifikasi, Gerry mengalami kecelakaan, tepatnya 22 menit sebelum sesi tersebut berakhir. Ia pun tak bisa kembali ke lintasan dan terpaksa harus puas berakhir di urutan ke-32 dalam sesi tersebut. 

"Pada sesi kedua, saya merasa lebih baik dan setelah beberapa lap saya bisa lebih cepat. Namun, ban sudah terdegradasi dan saya mengalami kecelakaan highside di tikungan terakhir. Yang paling penting adalah saya baik-baik saja," kata pembalap Surabaya tersebut. 


3. Sirkuit Sulit

Aksi Pembalap Moto3 di sirkuit Le Mans, Prancis.

Balapan di Sirkuit Le Mans menjadi yang pertama kalinya bagi Gerry, karena ini menjadi musim perdananya pula terjun di Moto3 Junior World Championship. Ada beberapa tikungan yang mendapatkan perhatian lebih darinya. 

"Sejauh ini, saya suka dengan Sirkuit Le Mans, dan ini merupakan hari pertama saya memacu motor di sini. Di sirkuit ini ada beberapa tikungan cepat dan tidak terlalu banyak titik pengereman," ungkap Gerry.

Le MansGerry SalimOtomotifCEV Moto3

Berita Terkini