x

3 Fakta Rookie Formula 1 2019: Charles Leclerc

Sabtu, 2 Februari 2019 14:32 WIB
Editor: Arum Kusuma Dewi
Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019

INDOSPORT.COM - Ajang balapan mobil kelas tertinggi Formula 1 2019 akan segera dimulai di Melbourne, Australia pada Maret (17/04/19) dan berakhir di Abu Dhabi pada Desember (01/12/19).

Balapan musim ini akan dihelat di empat benua yaitu Eropa, Asia, Amerika, dan Australia. Berikut rincian tempatnya yakni, sejumlah 11 balapan di Eropa, lima balapan di Asia, empat di Amerika serta satu di Australia.

Sebanyak 21 seri akan dilombakan pada 2019, dan Australia di Sirkuit Albert Park akan menjadi pembukaan laga balapan mendatang. Serta sejumlah 20 calon pembalap sudah menyiapkan diri mereka masing-masing untuk kejuaraan dunia ini.

Baca Juga

Kali ini INDOSPORT akan membahas beberapa fakta salah satu rookie Formula 1 2019, Charles Leclerc. Berikut ulasannya.


1. Awal Karier

Charles Leclerc pembalap Formula 1 bersama tim Ferrari 2019

Charles Leclerc lahir di Monte Carlo, Monako, 16 Oktober 1997 merupakan seorang pembalap mobil profesional dari Monako. Ia merupakan juara Seri GP3 musim 2016 dan Formula Dua musim 2017.

Prestasi dari Leclerc untuk naik ke ajang Formula 1 cukup pesat, tiga kelas balapan Formula dilaluinya hanya dalam waktu tiga tahun. 

Kesuksesan menjuarai F2 membuat pria berusia 21 tahun ini mulai menjalani  musim perdana Formula Satu di 2018 dengan bergabung bersama tim Sauber.

Baca Juga

Pembalap Pertama di Monako

Leclerc merupakan satu dari tiga pembalap kelahiran Monako yang mengikuti ajang F1.  Dua pembalap tersebut di antaranya, Louis Chiron dan Olivier Berreta. 

Louis Chiron menjadi pebalap pertama Monako yang terjun di arena jet darat ini.

Sedangkan untuk Leclerc  sendiri menjadi pembalap Monako ketiga dan pertama yang memperkuat Ferrari. Tentu ini jadi sejarah tersendiri bagi Monako dan Ferrari.

Baca Juga

Salah Satu Pembalap Muda Ferrari

Tembus dengan tim Ferrari pada musim depan menjadikan Leclerc sebagai pembalap termuda kedua Ferrari sepanjang sejarah.

Leclerc bergabung dengan Ferrari dan akan menjalani balapan perdananya bersama tim asal Maranello dalam usia 21 tahun.

Adapun pembalap termuda Ferrari sebelumnya ialah Ricardo Rodriguez. Rodriguez bergabung dengan Ferrari pada Grand Prix Italia 1961 saat berusia 19 tahun.

Penulis: Neneng Astrianti

Ikuti Terus Berita Formula 1 dan Berita Olahraga Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

F1FerrariFormula 1Scuderia FerrariFormula 1 2019Charles Leclerc

Berita Terkini