x

Mulia, Tim F1 Mercedes Bikin Alat Bantu Pernapasan Canggih untuk Perangi Virus Corona

Selasa, 31 Maret 2020 08:47 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Arum Kusuma Dewi
Sebuah tindakan mulia baru saja dilakukan oleh tim Formula 1 (F1), Mercedes, yang menciptakan sebuah alat bantu pernapasan untuk pasien virus corona.

INDOSPORT.COM – Sebuah tindakan mulia baru saja dilakukan oleh tim Formula 1 (F1) asal Inggris, Mercedes,  yang menciptakan sebuah alat bantu pernapasan untuk membantu memerangi wabah virus corona (COVID-19).

Melansir dari laman BBC, alat bantu pernapasan yang bernama Continuous Positive Airway Pressure (CPAP) telah dibuat berkat kerja sama antara tim Mercedes, ilmuwan dari University College London dan University College London Hospital.

Diketahui Mercedes bakal memproduksi 1.000 CPAP dalam sehari, di mana alat ini berfungsi untuk mengirimkan oksigen ke paru-paru tanpa harus menggunakan ventilator. Jadi, ventilator bisa dialihkan untuk pasien yang memiliki gangguan pernapasan serius.

Baca Juga
Baca Juga

Menurut salah satu profesor dari University College London Hospital, Mervyn Singer mengatakan bahwa inovasi yang dilakukan oleh Mercedes sangat membantu pasien untuk mendapatkan penanganan secara cepat.

“CPAP membuat kami bisa menangani pasien yang positif terjangkit virus corona dengan cepat dan menyelamatkan banyak nyawa. Kami memiliki ventilator yang sangat terbatas, jadi kami bisa menggunakannya hanya untuk pasien yang dalam kondisi kritis,” ujar Mervyn Singer.

“Alat ini juga sangat membantu pasien tanpa perlu berebut untuk menggunakan ventilator yang kami prioritaskan hanya untuk pasien kritis saja. Kami juga berharap alat ini bisa membantu memerangi virus corona dan membuat pekerjaan kami lebih mudah,” tambahnya.

Baca Juga
Baca Juga

Sebelumnya sejumlah tim F1 yang berbasis di Inggris, telah menyatakan diri akan berkolaborasi untuk memproduksi alat kesehatan berupa alat bantu pernapasan setelah pemerintah setempat meminta bantuan.

Diketahui tim-tim F1 yang bermarkas di Inggris ialah Red Bull Racing, Williams, Mercedes, Racing Point, McLaren dan Renault, yang turut berpartisipasi dalam penanggulangan masalah sosial tersebut.

InggrisMercedes AMG F1Formula 1Berita OlahragaBerita SportBerita F1Virus Corona

Berita Terkini