x

Terdampak Virus Corona, MotoGP Jepang Dibatalkan

Senin, 1 Juni 2020 16:35 WIB
Penulis: Katarina Erlita Cadrasari | Editor: Arum Kusuma Dewi

INDOSPORT.COM - Gelaran MotoGP 2020 Jepang harus dibatalkan setelah terkena dampak virus corona. Sejauh ini sudah ada tujuh seri balapan yang batal digelar.

Keputusan untuk membatalkan MotoGP Jepang 2020 disampaikan oleh FIM, IRTA, dan Dorna Sports pada hari ini, Senin (01/06/20) melalui situs resmi MotoGP.

Awalnya MotoGP Jepang akan digelar pada 16-18 Oktober mendatang di Twin Ring Motegi. Namun melihat kondisi wabah virus corona yang belum juga reda, pihak penyelenggara tidak mau ambil risiko.

Twin Ring Motegi sudah masuk dalam kalender MotoGP sejak 1999. Meski demikian demi menjaga keselamatan banyak orang, seri balapan tersebut harus dibatalkan.

Baca Juga
Baca Juga

"Mobilityland telah mempersiapkan Grand Prix MotoGP Jepang tahun ini, namun situasi di Jepang dan Eropa tidak dapat diprediksi dan perpanjangan larangan perjalanan internasional masih terjadi," ujar Kaoru Tanaka selaku Presiden Mobilityland Corporation.

"Sebagai hasil dari diskusi kami dengan Dorna dan pihak lainnya, kami sepakat bahwa kami tidak punya pilihan selain membatalkan GP Jepang musim ini. Kami memahami bahwa ini adalah kekecewaan besar bagi penggemar dan semua pihak terkait. Kami berterima kasih atas pengertian Anda," sambungnya lagi.

Carmelo Ezpeleta selaku CEO Dorna Sports juga menyampaikan hal serupa.

Baca Juga
Baca Juga

"Keluarga MotoGP bekerja sangat keras untuk dapat memulai kembali musim balap dan menyelenggarakan acara dengan aman. Untuk alasan ini, FIM dan Dorna, dalam konsultasi dengan IRTA dan MSMA, telah memutuskan bahwa, hingga pertengahan November, MotoGP hanya akan dilangsungkan di Eropa," ucap Carmelo Ezpeleta.

"Untuk acara di luar negeri, jika memungkinkan akan dijadwalkan setelah pertengahan November. Untuk alasan ini, telah diputuskan, dalam konsultasi dengan Mobilityland, bahwa Grand Prix Motul Jepang tidak dapat diadakan pada tahun 2020," sambungnya lagi.

Pihak Dorna Sport berharap para penggemar bisa bersabar dan memahami situasi yang sedang terjadi.

MotoGPMotoGP JepangVirus Corona

Berita Terkini