x

5 Aturan Ketat F1 untuk Kembali Menggelar Balapan

Kamis, 4 Juni 2020 11:02 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Lanjar Wiratri
Usai secara resmi mengumumkan jadwal kalender delapan seri awal balapan 2020, Formula 1 (F1) kembali merilis lima aturan ketat yang harus dipatuhi

INDOSPORT.COM – Usai secara resmi mengumumkan jadwal kalender delapan seri awal balapan 2020, Formula 1 (F1) kembali merilis lima aturan ketat yang harus dipatuhi untuk kembali menggelar kejuaraan Jet Darat.

Setelah sempat ditangguhkan karena imbas dari pandemi virus corona, kejuaraan F1 akhirnya akan kembali bergulir dan akan dibuka di GP Austria pada 5 Juli mendatang. Namun digelarnya balapan juga harus diikuti dengan sejumlah aturan baru terkait keamanan dan kesehatan.

Terdapat lima aturan baru yang wajib dijalani oleh staf, pembalap, serta tim ofisial yang hadir dalam setiap seri balapan yang akan berlangsung. Melansir dari laman resmi F1, berikut aturan-aturan ketat tersebut:

Baca Juga
Baca Juga

Semua staf dan pembalap F1 yang akan bepergian ke dan dari seri balapan wajib menjalani tes kesehatan secara berkala, untuk meminimalisir penularan virus corona.

FIA dan F1 sendiri sepakat untuk menggelar balapan secara tertutup atau tanpa kehadiran penonton, tamu kehormatan, atau mitra tim. Balapan juga hanya terbuka untuk para staf penting saja.

Baca Juga
Baca Juga

Pandemi virus corona juga membuat diberlakukannya pembatasan personel yang berlaku untuk semua tim yang berkompetisi, dan staf yang terlibat dalam setiap seri balapan.

Setiap staf dan pembalap yang akan bepergian ke seri balapan harus menyewa penerbangan sesering mungkin, berlaku juga saat di venue, hotel, dan bandara untuk tetap memastikan bahwa mereka tetap terisolasi secara mandiri.

Aturan social distancing yang saat ini yang dilakukan oleh pemerintah di seluruh dunia juga berlaku di kejuaraan F1, di mana kebijakan ini diberlakukan sebelum atau setelah balapan.

Formula 1FIABerita OlahragaBerita SportBerita F1Virus Corona

Berita Terkini