x

Johann Zarco adalah 'Stuntman' MotoGP 2020

Selasa, 1 Desember 2020 21:03 WIB
Editor: Pipit Puspita Rini
Pembalap Esponsorama Racing asal Prancis, Johann Zarco.

INDOSPORT.COM - Setiap musim MotoGP berakhir, berbagai statistik muncul. Juara dunia, juara konstruktor, dan rookie of the year merupakan beberapa fakta yang jadi perhatian. Ada satu lagi data statistik yang selalu menarik untuk dibahas, yaitu berapa jumlah pembalap jatuh sepanjang satu musim.

Musim ini, total ada 722 pembalap jatuh saat balapan di World Championship untuk semua kelas. Di kelas MotoGP ada 180 kali pembalap jatuh, lalu di kelas Moto2 ada 292, dan di kelas Moto3 ada 250. 

Kecelakaan terjadi di semua sesi, dari latihan bebas, kualifikasi, pemanasan, hingga balapan. Angka ini merupakan yang terendah dalam 10 tahun terakhir.

Namun, tunggu dulu. Jumlah tersebut terjadi hanya dalam 14 seri (untuk MotoGP), bandingkan dengan 19 seri pada 2019, lalu 18 seri pada 2018.

Coba kita lihat rata-ratanya. Dengan 14 seri dan 180 kali pembalap jatuh di kelas MotoGP, berarti rata-ratanya adalah 12,8 pembalap jatuh per akhir pekan balapan. Sementara itu, musim lalu rata-ratanya adalah 11,6.

Baca Juga
Baca Juga

Di kelas Moto2, rata-rarta jumlah pembalap jatuh per akhir pekan juga naik jika dibandingkan musim lalu, dari 18,3 menjadi 19,4.  Hanya di kelas Moto3 terjadi penurunan, yaitu dari 21,3 menjadi 16,6.

Lalu, siapa pembalap MotoGP yang paling banyak jatuh musim ini? Jawabannya adalah Johann Zarco. Pembalap Prancis yang berseragam Avintia tersebut total jatuh 15 kali dan berada di posisi teratas daftar "stuntman" musim ini.

Angka besar tersebut tidak berdiri sendirian karena Alex Marquez (Repsol Honda Team) jatuh 14 kali. Tetapi, Marquez adalah rookie atau pendatang baru, jadi wajar kalau dia banyak melakukan kesalahan.

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) juga sering terjatuh, dan sialnya itu banyak terjadi saat balapan, yaitu enam kali. Jumlah ini hanya satu lebih banyak dari catatan Cal Crutchlow (LCR Honda).

Baca Juga
Baca Juga

Fakta ini agak "aneh" karena biasanya Crutchlow-lah yang memimpin daftar "stuntman" sebagai pembalap paling sering terjatuh. Tetapi, tahun ini dia lebih hati-hati. Bisa jadi karena kondisi fisiknya yang tidak 100 persen prima.

Di bagian bawah daftar pembalap paling sering jatuh, seperti biasa ada nama Andrea Dovizioso (Ducati Team) dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP). Mereka sudah biasa menjadi pembalap yang sedikit melakukan kesalahan.

Pembalap yang paling sedikit jatuh musim ini adalah Danilo Petrucci (Ducati Team). Pembalap Italia tersebut terhitung hanya dua kali mencium aspal sepanjang musim.

MotoGPJohann ZarcoBerita MotoGPMotoGP 2020

Berita Terkini

Berita Terpopuler