x

Formula E Tinggal 5 Bulan Lagi, Sponsor Resmi Masih Belum Ada

Selasa, 25 Januari 2022 15:08 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Juni Adi
Meski kejuaraan dunia balap mobil Formula E di DKI Jakarta tinggal 5 bulan lagi, namun nyatanya hingga saat ini masih belum ada sponsor resmi.

INDOSPORT.COM – Meski kejuaraan dunia balap mobil Formula E di DKI Jakarta tinggal 5 bulan lagi, namun nyatanya hingga saat ini masih belum ada sponsor resmi.

Hal ini diungkapkan secara terbuka oleh Gunung Kartiko selaku Direktur Pengelolaan Aset PT Jakarta Propertindo (Jakpro) yang juga Managing Director Formula E.

Saat itu Jakpro menyebutkan bahwa dana pembangunan sirkuit Formula E yang rencananya digelar di Ancol, DKI Jakarta pada Juni 2022 berasal dari anggaran perusahaan.

Baca Juga
Baca Juga

Dalam rapat dengan Komisi B DPRD DKI Jakarta, Senin(24/01/22) menjelaskan, dana pembangunan lintasan dan kelengkapannya secara keseluruhan mencapai Rp150 miliar, dengan sebagian dana sudah digunakan sejak 2020 saat persiapan awal Formula E.

"Sebagian itu sekitar Rp70 miliar kalau tidak salah, saya angkanya mungkin kurang tepat, tapi sekitar segitu pak dialokasikan dari periode sebelumnya (2019-2020) dan ada penyelesaiannya sekarang pak," kata Gunung Kartiko, dilansir dari Antara.

Jawaban tersebut diungkapkan oleh Gunung Kartiko saat mendapatkan pertanyaan dari Gilbert Simanjuntak selaku anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta mengenai besaran dana yang dibutuhkan, kesiapan dana dan sumber dana untuk pembangunan sirkuit tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

"Dana pembangunan trek ini darimana?," tanya Gilbert Simanjuntak

Ia juga kemudian menanyakan sumber dana yang dipakai Jakpro untuk memenuhi sisa anggaran pembangunan trek atau lintasan Formula E.

Gunung Kartiko lebih lanjut menjawab anggaran untuk itu akan ditarik melalui dana korporasi milik PT Jakpro seperti dana yang digunakan sebelumnya yang tidak memakai APBD.


1. Belum ada Sponsor Resmi

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Lalu Gunung Kartiko mengatakan bahwa anggaran tersebut akan ditalangi menggunakan dana koorporasi dan akan dikembalikan apabila target dana dari sponsor bisa terealisasi.

"Nah ini akan kami tutup rencananya ini dari sponsorship dan partnership," kata Gunung.

Gilbert kemudian kembali menanyakan apakah sudah ada kepastian sponsor yang akan membiayai ajang balap mobil listrik tersebut.

"Apa konsesi yang kalian kasih buat mereka karena enggak ada sinterklas di dunia ini," tutur Gilbert.

Gunung memastikan sponsor itu ada, meski belum bisa dipastikan. Namun ada pihak yang menyatakan siap menjadi sponsor secara verbal, walau belum secara resmi mengajukan diri atau belum ada perjanjian hitam di atas putih.

Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini