x

20 Pembalap Meriahkan Parade MotoGP di Jakarta Hari Ini

Rabu, 16 Maret 2022 10:10 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor:
Terdapat 20 pembalap MotoGP yang ikut memeriahkan parade yang berlangsung di DKI Jakarta jelang dimulainya Grand Prix Indonesia di Sirkuit Mandalika

INDOSPORT.COM – Terdapat 20 pembalap MotoGP yang ikut memeriahkan parade yang berlangsung di DKI Jakarta jelang dimulainya Grand Prix Indonesia di Sirkuit Mandalika pada akhir pekan nanti.

Sebagaimana diketahui, Indonesia resmi menjadi tuan rumah seri balapan kedua MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, NTB, pada 18-20 Maret akhir pekan ini.

Baca Juga

Sebelumnya redaksi INDOSPORT telah melaporkan ada sejumlah pembalap MotoGP, Moto2, Moto3, Asian Talent Cup yang lebih dahulu mampir ke Jakarta pada Rabu (16/03/22) hari ini.

Kunjungannya ke Ibu Kota Jakarta tak lain ialah untuk melakukan bertemu Presiden Joko Widodo dan melakukan parade sekaligus mempromosikan MotoGP Indonesia 2022.

Meski ada sedikit perubahan, yakni karena parade tersebut tak bisa diikuti oleh Presiden Jokowi, namun agendanya bakal tetap berjalan sesuai jadwal yang dibuat.

Baca Juga

Mike Mondong selaku narasumber INDOSPORT sekaligus perwakilan dari ATPM Ducati Indonesia mengatakan, para pembalap akan mengunjungi Istana Merdeka lebih dahulu untuk bertemu dengan Presiden Jokowi.

"Agenda hari ini para pembalap akan tiba di Istana Negara di Medan Merdeka, bertemu dengan Pak Presiden dahulu. Setelah itu akan parade pukul 09:30, bersama sejumlah komunitas motor di belakangnya” kata Mike Mondong.

Namun ternyata tak semua pembalap MotoGP mampir ke Jakarta, serta tak menggeber motor balap MotoGP yang asli, yang sudah disediakan brand tim masing-masing di Indonesia.

Baca Juga

"Hanya ada 20 pembalap MotGP yang ikut parade dari tim-tim ternama. Mereka tidak menggunakan motor MotoGP-nya," tambah perwakilan dari ATPM Ducati Indonesia tersebut.

"Semua motor yang digunakan pembalap adalah motor dengan spek jalan raya, yang sudah disediakan dari masing-masing brand tim itu sendiri yang ada di Indonesia," sambungnya.


1. Motor Balap untuk Parade Sudah Disediakan Masing-masing Tim di Jakarta

Aksi Marc Marquez (depan) dan Enea Bastianini (belakang) (Foto: REUTERS/Ibraheem Al Omari)

Alasan tak menunggangi kuda besi yang asli karena mengingat risiko bahaya serta biayanya untuk dibawa ke Jakarta juga mahal.

"Seperti Honda untuk Pol Espargaro dan Marc Marquez, Ducati Indonesia menyediakan untuk Fabio di Giannantonio dan Enea Bastianini."

"Begitu juga dengan tim lain Yamaha, Suzuki dan Aprilia. Mengingat motor MotoGP akan digunakan di Mandalika jadi tidak di bawa, harganya juga mahal dan bahaya juga," ujar Mike Mondong.

Baca Juga

Di sisi lain, parade ini melewati sejumlah ruas jalan di Kawasan DKI Jakarta yang akan ditutup sementara untuk umum.

Penutupan rute bakal dimulai dari Istana Negara di Medan Merdeka yang menjadi start atau awal dimulainya parade para pembalap MotoGP.

Kemudian penutupuan dilanjutkan dengan melewatin daerah yang menjadi ikon Jakarta seperti menuju Bundaran HI.

"Akan ada penutupan sejumlah rute juga yang dilewati rombongan dari Istana menuju Hotel Kempinski di Bunderan HI," sambung Mike Mondong.


2. Sejumlah Pembalap akan Ikut Konferensi Pers Pasca Parade

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Sehari setelah parade, para pembalap yang ditunjuk akan mengadakan sesi konferensi pers jelang lomba di Sirkuit Mandalika yang melibatkan lima pembalap MotoGP.

Sebut saja ada Enea Bastianini (Gresini Racing), Brad Binder (Red Bull KTM Factory Racing), Pol Espargaro (Repsol Honda Team), Marc Marquez, (Repsol Honda Team), dan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha).

Setelah itu para pembalap akan menjalani jadwal yang berlaku, yakni melakukan latihan bebas pertama (FP1) dengan diawali kelas Moto3 pada pukul 09:00 WITA atau 08:00 WIB.

Kemudian dilanjutkan rider Moto2 yang melakukan penyesuaian dengan Sirkuit Mandalika selama 40 menit. Kelas utama yakni MotoGP memiliki waktu 45 menit dimulai dari pukul 10:50.

Baca selengkapnya: Agenda Pembalap di MotoGP Indonesia 2022

Marc MarquezMotoGPDKI JakartaJokowiSirkuit MandalikaBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini