x

Punya Ikatan Khusus, Rookie MotoGP Ini Sebut Mandalika Rumah Kedua

Kamis, 17 Maret 2022 20:45 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Prio Hari Kristanto
Fabio Di Giannantonio merasa senang bisa membalap di Sirkuit Pertamina Mandalika yang dianggapnya lintasan kandang untuk tim Gresini Racing.

INDOSPORT.COM - Pembalap MotoGP 2022 untuk tim Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio, merasa senang bisa mendapat kesempatan untuk melaju di Sirkuit Pertamina Mandalika di Lombok, Indonesia.

Bagi rider 23 tahun berpaspor Italia tersebut Indonesia boleh dikatakan sebagai rumah kedua bagi Gresini Racing. Pasalnya mereka punya hubungan kerja sama dalam bentuk sponsor dengan perusahaan Tanah Air.

Baca Juga

Untuk musim 2021 lalu, selain tim yang membalap di kelas MotoGP, Gresini Racing menambahkan embel-embel berbau Indonesia dalam nama mereka.

Contohnya Federal Oil Gresini Moto2, Indonesian Racing Gresini Moto3, dan Indonesian E-Racing Gresini MotoE.

Tidak heran jika balapan di Mandalika akan sangat berarti untuk Gresini Racing yang pastinya ingin menang. Begitu juga dengan Di Giannantonio.

Baca Juga

"Sangat keren mendapatkan dukungan seperti ini di sini," ungkap Di Giannantonio saat ditemui awal media pada Kamis (17/03/22).

"Saya selalu menyukai dukungan dari para penonton karena selalu memberi saya sokongan. Saya bisa melaju lebih kencang apabila saya di bawah tekanan atau mendapat dukungan dari para fan,"

"Membalap di sini sangat spesial bagi para sponsor kami. Ini seperti rumah kedua Gresini Racing. Mungkin saya bisa tampil lebih baik nantinya dan mendapatkan poin perdana," tambahnya lagi.

Baca Juga

Di Giannantonio, yang akrab disapa Diggia, adalah seorang rookie alias pendatang baru di MotoGP 2022 usai musim lalu menempati urutan ketujuh klasemen akhir Moto2.

Balapan pertama Di Giannantonio dilakukan di GP Qatar, Sirkuit Losail, namun ia belum mendapatkan satu pun poin usai finis di posisi 17.


1. Terinspirasi Founder Gresini

Sirkuit Mandalika yang Akan Jadi Tuan Rumah MotoGP 2022 (Foto: Humas MotoGP Mandalika)

Almarhum Fausto Gresini selaku pendiri Gresini Racing adalah salah satu inspirasi utama bagi Fabio Di Giannantonio untuk menjalani musim 2022 MotoGP. 

Sebelum meninggal dunia pada tahun lalu akibat komplikasi Covid-19, Fausto kerap kali memberi wejangan pada Di Giannantonio.

Baca Juga

"Fausto selalu bilang pada saya untuk menikmati balapan dan dunia MotoGP. Ketika anda menikmati, semuanya akan terasa mudah," ujar Di Giannantonio sambil mengenang.

Di Giannantonio sendiri masih butuh adaptasi mengingat sebagai rookie sangat banyak hal yang harus ia pelajari kembali.

Baca Juga

Banyak perbedaan mencolok antara Moto2 dan MotoGP terutama terkait kemampuan motor tunggangan. Di Giannantonio diketahui akan menggunakan Ducati GP21 usai Gresini Racing tak lagi bekerja sama dengan Aprilia.

Di Giannantonio paham itu dan tidak terlalu memasang target tinggi untuk dirinya sendiri. Pengalaman mengajarkan jika tiap rider butuh waktu beragam untuk bisa menguasai kuda besi.

Baca Juga

"Ketika Anda punya motor baru, Anda harus paham bagaimana bisa merasa santai dengannya. Mungkin butuh waktu bertahun-tahun," sambungnya.

"Secara fisik saya sanggup pindah dari Moto2 ke MotoGP. Motor saya butuh tenaga dan butuh dorongan juga. Otot harus dibangun karenanya namun jangan sampai terlalu berat," pungkas pria kelahiran kota Roma itu kemudian.


2. Lorenzo dan Rossi Siap Kembali Membalap

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo di MotoGP

Di tengah hingar-bingar MotoGP Mandalika 2022, muncul kabar mengenai masa depan dua eks pembalap Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Mantan pembalap MotoGP, Jorge Lorenzo, memang tak lagi turun di sirkuit untuk memacu motornya.

Lorenzo memang sudah pensiun sejak 2019 silam dan saat ini tengah mencoba peruntungan sebagai komentator balapan MotoGP.

Pembalap asal Spanyol ini memang turun sebagai komentator balapan MotoGP 2022 untuk layanan penyiaran Spanyol, DAZN dan akan turun di tujuh balapan.

Sejauh ini, menurut Lorenzo beberapa sirkuit yang sudah pasti dikomentari ialah Losail, Mugello, Austria, Finlandia, Malaysia, dan satu sirkuit lagi yang belum dipastikan.

Sebelum benar-benar pensiun dan menikmati dunia komentator MotoGP, Lorenzo memang sempat menjadi pembalap tes untuk Yamaha pada 2020.

Akan, tetapi beberapa waktu kemudian, Lorenzo memilih mundur dari dunia yang membesarkannya itu. Sejak 2022, Jorge Lorenzo memang membangun karier sebagai pembalap MotoGP dengan memulai karier di kelas 125 cc bersama Derbi Racing.

Baca selengkapnya: Bukan di MotoGP Mandalika 2022, Duel Jorge Lorenzo-Valentino Rossi Akan Hadir di Balapan Mobil

MotoGPMotoGP IndonesiaSirkuit MandalikaGresini RacingMotoGP MandalikaFausto GresiniIndonesian Racing Team GresiniMotoGP 2022

Berita Terkini