x

3 Wajah MotoGP Mandalika yang 'Indonesia Banget', Negara Lain Punya?

Senin, 21 Maret 2022 20:13 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Melihat tiga wajah MotoGP Mandalika 2022 yang 'Indonesia Banget'. Foto: Humas MotoGP Mandalika.

INDOSPORT.COM - Gelaran MotoGP Mandalika 2022 telah resmi berakhir, dengan menelurkan Miguel Oliveira sebagai juaranya.

Pembalap KTM tersebut tampil sebagai yang terbaik di balapan utama Indonesian Grand Prix (GP), Minggu (20/03/22) kemarin.

Baca Juga

Miguel Oliveira berhasil naik di podium teratas untuk seri ini meski awalnya memulai balapan dari posisi ketujuh.

Balapan MotoGP Mandalika 2022 sendiri berlangsung sukses meski sempat ditunda sementara karena turun hujan. Selain itu, jumlah lap yang awalnya 27 pun dipotong menjadi 20.

Setelah hujan reda, balapan kelas MotoGP pun akhirnya dimulai lagi usai ditunda selama kurang lebih satu jam, dengan Fabio Quartararo memulai dari urutan pertama.

Baca Juga

Berjibaku mempertahankan posisi pertama, Quartararo harus berhadapan dengan Miguel Oliveira dan pembalap Ducati, Jack Miller.

Singkat kata, setelah persaingan sengit, Oliveira yang kemudian berhasil merebut posisi terdepan, sanggup mempertahankannya sampai akhir balapan.

Pembalap asal Portugal tersebut pun merengkuh gelar juara MotoGP Mandalika 2022, disusul Fabio Quartararo di posisi dua, dan Johann Zarco di posisi tiga.

Baca Juga

Sementara itu, Marc Marquez tidak dapat bertanding lantaran mengalami kecelakaan saat sesi warm up sebelum balapan.

Padahal, ia adalah salah satu bintang yang sudah dinant-nanti penampilannya di Indonesian GP 2022 ini.


1. Wajah MotoGP Mandalika yang 'Indonesia Banget'

Melihat tiga wajah MotoGP Mandalika 2022 yang 'Indonesia Banget'.

MotoGP Mandalika 2022 sendiri menjadi catatan sendiri bagi dunia balap Indonesia. Baru pertama kali digelar, tidak ayal euforia masyarakat begitu membuncah menyambut event akbar ini.

Nah, berikut tiga ha/wajah menarik tentang MotoGP Mandalika yang sangat khas dan identik dengan Indonesia. Apa saja?

Baca Juga

Kearifan Lokal

Tentu saja, unsur ini tidak pernah lepas dari event manapun, yang digelar di negara manapun di muka bumi ini, tidak terkecuali di Indonesia.

Banyak kearifan lokal yang turut menghiasi gelaran MotoGP Mandalika 2022 ini, yang ternyata sukses mencuri perhatian internasional.

Mulai dari momen para pembalap yang menghabiskan waktu dan bercengkerama dengan warga lokal, misalnya.

Baca Juga

Kemudian, yang sedang hot dibahas di mana-mana yakni kehadiran pawang hujan yang kemudian dikenal sebagai Mak Rara.

Banyak netizen yang menyebut kehadiran pawang hujan di MotoGP Mandalika 2022 adalah kearifan lokal yang kemudian mendunia.

Hal serupa juga disampaikan Sandiaga Uno. Menurutnya, pawang hujan adalah atraksi kearifan lokal, namun balapan yang bisa lanjut itu tetap atas izin Tuhan.

Baca Juga

Topik tentang pawang hujan ini sendiri memang masih hangat-hangatnya dibahas oleh para netizen Tanah Air.

Bahkan, pemberitaannya pun sudah sampai ke luar negeri, di mana banyak media internasional yang menyebut sosok pawang hujan seperti Mak Rara dengan istilah rain shaman.


2. Wajah yang Lain

Melihat tiga wajah MotoGP Mandalika 2022 yang 'Indonesia Banget'. Foto: Humas MotoGP Mandalika.

Lalu, tidak cuma pawang hujan, di MotoGP Mandalika 2022, publik juga bisa melihat pemandangan unik ketika ada banyak orang yang menonton aksi pembalap dari atas bukit.

Bahkan, event akbar seperti ini selain menarik banyak penonton, juga jadi lahan mencari nafkah bagi sebagian masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang.

Baca Juga

Pemandangan Indah

Selain kearifan lokal yang unik, wajah Indonesia di MotoGP Mandalika juga terlihat dari lokasi sirkuit yang begitu indah.

Terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sirkut Mandalika menawarkan pemandangan alam yang menawan milik Indonesia, dengan pantai pasir putih dan air laut yang jernih.

Suasana pepohonan juga menambah atmosfer khas negara hujan tropis seperti Indonesia. Bahkan, para pembalap yang berpartisipasi di MotoGP Mandalika 2022 juga terpesona dengan keindahan alam ini.

Baca Juga

Tidak jarang beberapa di antara mereka membagikan momen menikmati alam ketika sedang punya waktu luang di luar balapan.

Media Sosial

Yang ketiga adalah kreativitas para netizen Indonesia di media sosial yang cukup sulit dicari duanya di dunia.

Lihat saja, selama masa uji coba hingga balapan puncak yang digelar pada Minggu (21/03/22), beragam meme dan updetan tentang MotoGP Mandalika 2022 nampak tidak berhenti bertebaran di linimasa.

Baca Juga

Secara tidak langsung, apa yang dilakukan netizen Indonesia ini pun menjadi ajang promosi kekinian untuk ajang balapan ini.

Selain itu, netizen juga bisa ‘bertegur sapa’ atau saling berkomentar kocak di akun-akun pengunggah konten unik tentang balapan di MotGP Mandalika 2022.

MotoGPBerita OlahragaMotoGP MandalikaMotoGP 2022

Berita Terkini