x

Kejar Target! Progres Pembangunan Sirkuit Formula E di Ancol Capai 80 Persen

Rabu, 23 Maret 2022 14:46 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, DKI Jakarta hampir rampung alias pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

INDOSPORT.COM – Pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, DKI Jakarta hampir rampung alias pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

Sebagaimana diketahui Indonesia bakal menjadi tuan rumah bagi kejuaraan dunia balap mobil Formula E, yang berlangsung di Kawasan Ancol, DKI Jakarta.

Baca Juga

Ajang yang disebut Jakarta E-Prix ini pelaksanaannya dijadwalkan digelar pada 4 Juni 2022 nanti, setelah sejak 2019 selalu ditunda.

Mengingat waktu yang mepet, pihak penyelenggara pun terus menggenjot pembangunan demi mencapai target bisa rampung pada akhir Maret atau awal Mei ini.

Sementara itu, Ahmad Riza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta sendiri menyampaikan bahwa progress pembungunan sirkuit ajang balap ramah lingkungan itu hampir selesai.

Baca Juga

Yakni sang Wagub mengatakan bahwa pembangunannya sudah mencapai 80 persen, di mana proses pengaspalannya sendiri telah rampung.

"Sirkuit sepanjang 2,4 kilometer itu sudah selesai proses pengaspalannya dan tahapan selanjutnya yakni penanaman rumput di sepanjang jalur sirkuit," kata Riza Patria, dilansir dari Antara.

Sebelumnya, BUMD DKI Jakarta, PT Jakarta Propertindo (Jakpro) optimistis pembangunan sirkuit Formula E Jakarta paling cepat rampung sesuai dengan target waktu yang telah diungkapkan.

Baca Juga

Riza menjelaskan, untuk mengejar target tersebut, pihak kontraktor mengerahkan lebih dari 400 pekerja konstruksi yang dibagi dalam tiga interval waktu kerja siang dan malam.

Hal ini dilakukan agar kejuaraan dunia balap mobil FIA Formula E di DKI Jakarta itu bisa digelar tepat waktu pada awal Juni 2022.


1. Telan Anggaran Rp60 Miliar

Pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, DKI Jakarta hampir rampung alias pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

Sementara itu, Penanggung Jawab Pembangunan Sirkuit Formula E dari PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama, Ari Wibowo, sebelumnya menjelaskan soal pembangunan trek balap tersebut.

Yakni pembangunan sirkuit ditargetkan sesuai kontrak kerja selama 54 hari dengan menelan anggaran sebesar. Rp60 miliar.

Baca Juga

Ari lebih lanjut menambahkan bahwa pengerjaan lintasan ajang balap mobil listrik internasional itu dibagi dalam lima zona.

Zona yang paling menantang adalah zona lima karena merupakan bagian tanah lunak sepanjang sekitar satu kilometer.

"Sekitar 40 persen konstruksi sirkuit konsentrasinya berada di zona kelima itu. Pengerjaan di zona ini paling sulit dan paling menguras energi," ucap Ari, dilansir dari Antara.

Kemudian lintasan Formula E Jakarta itu diketahui memiliki panjang 2,4 kilometer dengan lebar 12 meter.

Baca Juga

Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) memiliki 18 tikungan dengan desain mirip kuda lumping dengan pemandangan Jakarta International Stadium (JIS).

Balap mobil listrik internasional Formula E Jakarta dijadwalkan diselenggarakan pada 4 Juni 2022 atau hanya menghitung puluhan hari saja.


2. Anggaran Pembangunan Sirkuit Formula E Bertambah Rp10 Miliar

Pembangunan sirkuit Formula E di Kawasan Ancol, DKI Jakarta hampir rampung alias pengerjaannya sudah mencapai 80 persen.

Sebelumnya Ahmad Riza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta membenarkan adanya tambahan anggaran sebesar Rp10 miliar untuk pembangunan Sirkuit Formula E.

Belum lama ini tersiar ini adanya kabar bahwa anggaran pembangunan trek di Ancol bertambah Rp10 miliar menjadi Rp60 miliar.

Lalu berita ini akhirnya dikonfrimasi langsung oleh Ahmad Riza Patria selaku Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Wagub yang akrab disapa Riza itu membenarkan kabar tersebut, karena pembangunan sirkuit Formula E dirancang permanen sehingga anggarannya bertambah sebesar Rp10 miliar menjadi 60 miliar.

Baca selengkapnya: Wagub DKI Benarkan Anggaran Pembangunan Sirkuit Formula E Bertambah Rp10 Miliar, Kenapa?

Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini