x

Mario Aji Bongkar Alasan Gagal Raih Poin Meski Start dari Posisi 2 di Moto3 Portugal

Senin, 25 April 2022 10:55 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Indonesia dari Honda Team Asia (Foto: Honda Team Asia)

INDOSPORT.COM –  Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji mengungkapkan alasan gagal meraih poin meski memulai balapan dari grid depan di Moto3 Portugal 2022.

Sebagaimana diketahui para pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 telah menyelesaikan rangkaian balapan di Portugal  yang berlangsung di Sirkuit Portimao pada Jumat (22/4/22) hingga Minggu (24/4/22).

Baca Juga

Mario Suryo Aji selaku wakil Tanah Air sempat membuat kejuran dengan finis di P2 saat sesi kualifikasi di Portugal.

Rider berjuluk Super Mario tersebut meraih grid kedua usai hanya selisih 0.017 detik dari Denis Oncu yang meraih pole position.

Namun sayang, Mario Aji tak bisa mempertahankan posisinya saat sesi race meski sempat membuat start cukup apik.

Baca Juga

Pembalap Honda Team Asia ini sejatinya mampu bertahan di barisan 10 besar terdepan di lap-lap awal balapan yang berlangsung di Sirkuit Portimao.

Berusaha tetap menjaga race pace-nya, namun tak bisa dipungkiri Mario Aji kesulitan bersaing, sehingga secara perlahan terus disalip oleh para rivalnya.

Mario sempat berada di posisi ke-15. Namun sayangnya, ia tak bisa bertahan dan akhirnya gagal meraih poin karena finis di P16 Moto3 Portugal 2022.

Baca Juga

Hiroshi Aoyama selaku manajer tim sempat menyebut lintasan basah trek Algarve cocok dengan gaya membalap Mario dan sang pebalap berharap cuaca serupa mendukungnya saat balapan.

Namun sayangnya, sesi race berjalan dengan kondisi lintasan yang sepenuhnya kering, tidak sesuai ekspektasi rider asal Indonesia tersebut. Mario Aji pun membeberkan alasannya mengapa ia gagal raih poin di Moto3 Portugal.


1. Performa Ban Jadi Alasan Kegagalan Mario Aji di Portimao

Pembalap Astra Honda Racing Team, Mario Suryo Aji.

Mario Aji yang sejatinya sempat bertarung dengan rombongan terdepan selama separuh balapan pun mengungkapkan alasannya gagal raih poin.

Yakni mengalami ban yang aus menghalanginya untuk melaju lebih kencang, sehingga membuat Mario finis P16, terpaut 0,19 detik dari zona poin.

Baca Juga

"Balapan yang berat bagi saya, tapi ada banyak hal positif akhir pekan ini. Mungkin posisi akhir tidak mencerminkan itu, tapi saya senang dengan upaya kami,” kata Mario Aji, dilansir dari laman resmi tim.

"Pada awal lomba, saya bertahan di kelompok terdepan; itu kali pertama bagi saya bertarung dengan mereka. Namun di paruh kedua balapan, performa ban belakang saya menurun banyak karena saya menekan terlalu keras di tikungan.

"Saya senang, kami tetap bekerja memperbaiki kekurangan kami. Kami akan sering berada di depan, kami butuh waktu," tukasnya.

Sementara itu, Taiyo Furusato selaku rekan setimnya finis P25. Sedangkan Sergio Garcia dari tim GasGas menjadi pemenang di Portimao.

Baca Juga

Sementara itu, Mario Aji masih bertahan di peringkat 24 klasemen sementara Moto3 2022, karena belum ada tambahan poin yang diraihnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut klasemen sementara Moto3 2022:


2. Klasemen Moto3 2022

Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Indonesia dari Honda Team Asia (Foto: Honda Team Asia)

Berikut klasemen Moto3 Portugal 2022 di Sirkuit Algarve, Portimao, di mana pembalap GASGAS Aspar, Sergio Garcia, ada di puncak, dan Mario Suryo Aji terjun bebas.

Pembalap asal Spanyol, Sergio Garcia Dols, sukses mengumpulkan poin penuh pada Moto3 Portugal 2022, pada Minggu (24/04/22) di lap terakhir.

Baca selengkapnya: Klasemen Moto3 Portugal 2022: Sergio Garcia Terdepan, Mario Suryo Aji Terjun Bebas

MotoGPMoto3Mario Suryo AjiMotoGP PortugalHonda Team Asia

Berita Terkini