x

Hasil Kualifikasi Moto3 Spanyol: Izan Guevara Tampil Trengginas, Mario Aji Merana

Sabtu, 30 April 2022 18:47 WIB
Penulis: Aji Prakoso | Editor: Isman Fadil
Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Indonesia dari Honda Team Asia (Foto: Honda Team Asia)

INDOSPORT.COM –Berikut hasil kualifikasi Moto3 Spanyol 2022 yang berlangsung pada hari ini, Sabtu (30/04/22) mulai pukul 17.35 WIB.

Akhir pekan ini, kejuaraan balap MotoGP 2022 memasuki seri keenam yakni MotoGP Spanyol yang digelar di Sirkuit Jerez, Cadiz.

Baca Juga

Seperti lazimnya seri-seri MotoGP sebelumnya, balapan seri Spanyol juga menampilkan persaingan yang tak kalah seru di kelas lebih rendah yakni Moto3 dan Moto2.

Sebagaimana diketahui, di musim 2022 kelas Moto3 telah mencuri perhatian publik pecinta otomotif tanah air. Sebab, ada satu pembalap Indonesia yang menjalani debut penuh musim ini yaitu Mario Suryo Aji.

Di awal sesi kualifikasi pertama Moto3 Spanyol, Kaito Toba tampil menjadi yang tercepat. Namun, keunggulan pebalap Jepang tersebut tak berlangsung lama. 

Baca Juga

Adalah pebalap VisionTrack Racing yaitu Scott Orden yang kemudian mengungguli Kaito Toba. Seolah tak mau kalah, tak lama berselang Toba lalu kembali mengambil alih P1 dari genggaman Orden, dan memimpin hingga kualifikasi pertama selesai.

Memasuki sesi kualifikasi kedua, Kaito Toba tak mampu mempertahankan performanya dan melorot ke posisi 13.  Susul menyusul waktu justru terjadi di antara dua pebalap Spanyol yang sama-sama berasal dari Aspar Team Moto3, yaitu Izan Guevara dan Sergio Garcia.

Baca Juga

Sergio Garcia yang memulai kualifikasi kedua dengan nyaman, memimpin di P1, kemudian tersusul oleh rekan setimnya sendiri, izan Guevara. Guevara pun tancap gas hingga mengamankan pole position dengan catatan waktu 1 menit 45.880 detik.


1. Mario Aji Gagal Tampil Maksimal

Mario Aji, Pembalap Moto3 Asal Indonesia dari Honda Team Asia (Foto: Honda Team Asia)

Di seri Moto3 Spanyol 2022, Mario Suryo Aji berambisi untuk meraih poin. Pebalap muda asal Magetan, Jawa Timur itu kian percaya diri setelah nyaris merebut pole position di Moto3 Portugal pekan lalu.

Sayang, pada babak kualifikasi hari ini Mario Aji gagal tampil maksimal. Aji yang sempat menyodok ke posisi lima teratas, harus puas terlempar ke urutan 13 pada akhir babak kualifikasi pertama.

Baca Juga

Ini artinya pebalap Honda Team Asia itu akan memulai balapan esok hari dari posisi ke-27. Catatan Aji bahkan lebih buruk dari tandemnya,Taiyo Furusato, yang akan belapan dari posisi ke-24.

Sejauh ini klasemen Moto3 masih dipuncaki oleh pebalap asal tim GASGAS Aspar Team, Sergio Garcia, yang mengoleksi 83 poin.

Baca Juga

Pebalap berpaspor Spanyol tesebut terus ditempel ketat oleh pebalap Leopard Racing Honda asal Italia, Dennis Foggia, di posisi kedua dengan hanya terpaut satu poin.

Sementara itu, pebalap kebanggaan Indonesia, Mario Suryo Aji masih mendekam di peringkat ke-24 dengan hanya mampu mengumpulkan dua poin.

Baca Juga

Sesi race atau balapan utama Moto3 sendiri, sesuai jadwal, akan digelar pada esok hari, Minggu (01/05/22) pukul 16:00 WIB. 


2. Mario Aji Dapat Kejutan dari Klub La Liga

Mario Suryo Aji saat balapan

Pembalap Indonesia, Mario Suryo Aji mendapatkan hadiah istimewa dari klub La Liga Spanyol jelang unjuk gigi di Moto3 Spanyol 2022.

Sebagaimana diketahui para pembalap MotoGP, Moto2 dan Moto3 kini bakal kembali memamerkan kemampuannya di GP Spanyol 2022, yang menjadi seri balapan keenam pada musim ini.

Informasi ini diketahui langsung dari Instagram Story Mario, di mana ia memamerkan topi dan jersey pemberian dari tim Cadiz.

Rider asal Magetan itu juga berkelakar meminta maaf kepada Arsenal, yang merupakan klub sepak bola favoritnya.

Baca selengkapnya: Jelang Moto3 Spanyol, Mario Aji Dapat Hadiah Istimewa dari Klub LaLiga

MotoGPMoto3Mario Suryo AjiBerita MotoGP

Berita Terkini