x

Kecelakaan dan Harus Operasi Lagi, Marc Marquez Mundur dari MotoGP 2022

Minggu, 29 Mei 2022 16:25 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Kabar mengejutkan datang dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang memutuskan mundur dari kejuaraan MotoGP 2022.

INDOSPORT.COM – Kabar mengejutkan datang dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez, yang memutuskan mundur dari kejuaraan MotoGP 2022.

Hal ini diumumkan oleh Alberto Puig selaku Manager Repsol Honda Team, dalam konferensi pers yang berlangsung di Sirkuit Mugello, Sabtu (28/05/22).

Baca Juga

Alberto Puig menjelaskan bahwa mundurnya Marc Marquez dari kejuaraan MotoGP 2022 ialah karena The Baby Alien akan menjalani operasi keempat.

Seperti diketahui, kecelakaan yang dialami oleh Marquez di MotoGP Spanyol 2020 yang berlangsung di sirkuit Jerez ternyata berbuntut panjang.

Mantan juara dunia kelas premier enam kali itu mengalami cedera patah tulang humerus kanan, yang membuatnya harus absen sepanjang musim.

Baca Juga

Operasi pertama tak berjalan mulus karena pelat yang ada di lengannya rusak usai percobaan comeback-nya. The Baby Alien kembali naik meja operasi untuk kedua kalinya.

Namun sayang, operasi kedua menyebabkan infeksi sehingga membuat pemulihan lengannya terhambat. Marc Marquez lalu menjalani operasi ketiga, dan kembali absen di awal balapan musim 2021.

Kakak kandung Alex Marquez itu kemudian mencoba comeback di Portugal, walau tak maksimal namun nyatanya Marc berhasil tampil impresif dan meraih beberapa kemenangan.

Baca Juga

Akan tetapi, Marc mengaku bahwa lengannya belum sembuh maksimal. Sehingga memberikan rasa tidak nyaman saat balapan. Apalagi crash yang terjadi di MotoGP Indonesia 2022 kemarin membuat kondisinya memperhatikan.

Hingga akhirnya usai melakukan diskusi dengan tim Repsol Honda, Marc Marquez memutuskan mundur dari ajang MotoGP 2022 untuk kembali menjalani operasi keempat.


1. Pernyataan Honda Soal Mundurnya Marc Marquez dari MotoGP 2022

Pebalap MotoGP Marc Márquez . Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Alberto Puig selaku manajer Repsol Honda mengatakan bahwa pihaknya akan membawa Marc Marquez ke Amerika Serikat pada Selasa (31/05/22) pekan depan, untuk menjalani operasinya keempatnya dengan Dokter Joaquin Sanchez Sotelo.

Kemudian Marquez akan mejalani masa pemulihan di Spanyol, sekaligus dipantau oleh tim dokternya untuk mengetahui perkiraan kapan dirinya akan pulih.

Baca Juga

“18 bulan yang lalu Marc Marquez menjalani operasi terakhir (ketiga) dan sejak itu telah melalui proses rehabilitasi yang panjang,” kata Alberto Puig, dilansir dari Crash.

“Tentu saja kami telah membuat cukup banyak perkembangan tetapi sayangnya posisinya di atas motor berbeda dan tak sesuai dengan harapannya."

“Setelah menganalisis situasi akhirnya kemarin kami mendapat kabar bahwa operasi keempat dapat dilakukan, karena tulangnya tidak lunak, sudah siap. Untuk alasan itu Marc akan berhenti setelah Grand Prix ini dan menjalani operasi ini di Amerika.

"Sudah lama dengan banyak penderitaan dan kami ingin berterima kasih padanya atas usahanya." papar Alberto Puig.

Baca Juga

Marc Marquez sendiri mengatakan bahwa sejak mengalami cedera pertama dirinya sudah merasa kesulitan, belum lagi infeksi yang memerburuk situasinya.

Ia juga mengaku dirinya telah menahan rasa sakit dan tak menikmati saat balapan. Meski demikian, Marc Marquez percaya bahwa dia akan segera kembali meski belum tahu kapan waktunya.


2. Jadwal MotoGP Italia 2022

Jadwal MotoGP Italia 2022

Berikut jadwal lengkap MotoGP Italia 2022 hari ini, Minggu (29/05/22), di mana Fabio Di Giannantonio meraih pole position, dan persaingan antar rider Ducati makin ketat.

MotoGP Italia 2022 diketahui menjadi seri balapan kedelapan di ajang kelas premier pada musim ini, di mana acara ini digelar di Sirkuit Mugello.

Baca selengkapnya: Jadwal MotoGP Italia 2022 Hari Ini: 3 Tuan Rumah Start dari Grid Depan, Ducati Siap Saling Sikut

Marc MarquezRepsol HondaMotoGPBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini