x

Hargai Budaya Lokal, Perusahaan Bir Sponsor Formula E Siapkan Solusi Unik di Jakarta

Rabu, 1 Juni 2022 13:25 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Demi menghormati budaya lokal, perusahaan bir Heineken yang menjadi sponsor global Formula E siapkan solusi khusus dalam balapan di Jakarta akhir pekan ini.

INDOSPORT.COM – Demi menghormati budaya lokal, perusahaan bir Heineken yang menjadi sponsor global Formula E siapkan solusi khusus dalam balapan di Jakarta akhir pekan ini.

Jakarta untuk pertama kalinya akan menjadi tuan rumah gelaran Formula E. Balapan tersebut akan digelar pada akhir pekan ini, tepatnya Sabtu (04/06/22).

Baca Juga

Jelang balapan Jakarta E-Prix yang akan menjadi seri kesembilan dalam kalender Formula E 2022 ini, sempat terjadi polemik. Pasalnya, salah satu sponsor global merupakan produsen minuman beralkohol, tepatnya bir.

Pihak Heineken selaku sponsor pun memastikan tidak akan menjajakan produknya atau bahkan memasang logo mereka di lokasi balapan. Namun, mereka sudah menyiapkan solusi unik terkait dengan situasi ini.

Nantinya, pada saat pelaksanaan balapan, di lokasi lomba mereka hanya akan menampilkan slogan khusus yang juga terkait dengan kampanye responsible drinking.

Baca Juga

“Dari hasil diskusi, kita akan lihat di sirkuit, tidak akan ada produk Heineken di situ,” kata Marketing Director of Multi Bintang Indonesia, Jessica Setiawan saat konferensi pers virtual Heineken dan Formula E, Selasa (31/05/22).

Sebagai gantinya, Jessica menyebut Heineken akan memasang slogan khusus yakni ‘When you drive, never drink' di lokasi.

Jessica mengakui bahwa slogan ini sedikit kontradiktif bagi Heineken yang merupakan produk minuman beralkohol. Namun, hal ini juga dilakukan sebagai upaya untuk mendorong konsumen agar mengonsumsi bir secara bertanggung jawab.

Baca Juga

Di sisi lain, pihak Heineken akan menggelar promosi di lokasi berbeda di luar sirkuit yakni di ASHTA District 8. Nantinya, di lokasi tersebut akan tersedia Greener Bar, yang menjadi momen pertama konsep tersebut diperkenalkan di Indonesia, bahkan Asia.

"Tidak akan ada di sirkuit tapi sebenarnya akan ada di mal ASHTA yang sebenarnya itu bedanya adalah memang tempat konsumen kami dan disana [Usia] 21 plus," pungkas Jessica.


1. Tak Sabar Balapan di Jakarta

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Keputusan untuk meniadakan logo dan produk bir dalam gelaran Formula E di Sirkuit Ancol, Jakarta, mendapat dukungan penuh dari pihak Formula E.

Dalam konferensi pers yang sama, Chief Executive Formula E, Jamie Reigle, menyebut pihaknya sangat menghormati aturan hukum dan budaya di negara tuan rumah.

Baca Juga

Absennya logo dan produk bir di Jakarta sendiri bukan pengalaman pertama Formula E. Dalam balapan di Arab Saudi, situasi yang sama juga pernah terjadi.

“Kami menghormati dan menyadari aturan terkait alkohol di Indonesia.  Kami sudah pernah mengalaminya situasi semacam ini di Arab Saudi,” ungkap Reigle.

Lebih lanjut, Reigle menegaskan bahwa dalam kerja samanya dengan Heineken, pesan terkait konsumsi alkohol yang bertanggung jawab juga menjadi hal yang penting.

Baca Juga

“Kerja sama jangka panjang Formula E dengan Heineken telah menjangkau jutaan konsumen di seluruh dunia untuk mendorong konsumsi alkohol secara bertanggung jawab, serta menjalankan gaya hidup yang lebih ramah lingkungan,” ungkapnya.

 Di sisi lain, Jamie Reigle juga menyebut bahwa gelaran Formula E di Jakarta akan menghadirkan tantangan baru bagi para pembalap, karena Sirkuit Ancol baru akan menggelar balapan perdana sehingga masih menjadi sirkuit yang asing.

Ia pun menyebut bahwa faktor ini justru membuat para pembalap sangat tak sabar untuk membalap di Ancol.

Baca Juga

“Kami gembira karena ini balapan perdana di Jakarta. Tim kami berkunjung pada akhir 2021 dan enam bulan lalu sirkuit ini belum dibangun. Ini sirkuit yang sangat baru, dan hal itu sangat disukai para pembalap,” ujarnya.

“Di sirkuit lain, mereka sudah pernah membalap di sana, seperti Berlin. Trek seperti itu juga sudah ada di simulator yang membuat mereka bisa berlatih lebih dulu, sehingga mereka bisa mengemudi dengan mata terpejam.”


2. Jadwal Lengkap Formula E Jakarta

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Jumat, 3 Juni 2022

10.00 - 11.30 WIB: Driver Track Walk (Optional)
12.45 - 14.00 WIB: Konferensi Pers
15.30 - 15.45 WIB: Shakedown

Sabtu, 4 Juni 2022

07.15 - 07.55 WIB: Latihan bebas 1
08.55 - 09.40 WIB: Latihan bebas 2
10.40 - 11.55 WIB: Kualifikasi
14-30 - 16.30 WIB: Balapan (race)

DKI JakartaFormula EOtomotifBerita Otomotif

Berita Terkini