x

Perlakuan Khusus, DPRD Sebut Formula E Jakarta Bebas dari Sponsor Bir

Sabtu, 28 Mei 2022 14:42 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Kejuaraan dunia balap Mobil Formula E Jakarta (Jakarta E-Prix) dipastikan mendapatkan perlakuan khusus yakni bebas dari sponsor bir.

INDOSPORT.COM – Kejuaraan dunia balap mobil Formula E Jakarta (Jakarta E-Prix) dipastikan mendapatkan perlakuan khusus yakni bebas dari sponsor bir.

Hal tersebut diungkapkan oleh Taufik Zoelkifli selaku Anggota DPRD DKI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Baca Juga

Anggota DPRD DKI Jakarta itu menyatakan bahwa Formula E yang akan digelar di Ibukota nantinya terbebas dari sponsor bir, mengingat adanya pro dan kontra jelang digelar pada 4 Juni 2022 mendatang.

"Jadi, di Jakarta E Prix, tidak ada sponsor dari perusahaan bir," kata Taufik Zoelkifli, dilansir dari Antara.

Taufik Zoelkifli menyebutkan penyelenggara di Jakarta yakni Pemprov DKI dan PT Jakarta Propertindo (Jakpro) meminta kepada Formula E Operations (FEO)  selaku penyelenggara global untuk tidak menyertakan sponsor tersebut.

Baca Juga

Akan tetapi ia tidak menjelaskan lebih detail apakah tidak menyertakan logo sponsor bir atau juga mencakup dukungan finansial yang tidak disertakan di Formula E Jakarta.

Padahal, perusahaan bir dengan warna hijau dan bintang merah itu merupakan sponsor FEO global yang selalu mejeng di setiap ajang balap mobil listrik di seluruh dunia.

Taufik menambahkan berdasarkan penjelasan Direktur Pelaksana Formula E Jakarta Gunung Kartiko yang menuturkan bahwa pihak FEO memahami dan menyetujui tidak ada sponsor dari perusahaan bir itu khusus penyelenggaraan di Jakarta.

Baca Juga

"Untuk Jakarta E Prix, penyelenggara di Jakarta (Pemda dan Jakpro) meminta agar tidak mengikutsertakan Heineken menjadi sponsor di Jakarta. Menurut Pak Gunung, mereka (FEO) bisa mengerti dan menyetujuinya," tambahnya.

Seperti yang dikathui sebelumnya, Ketua Komisi Penyelenggara Formula E Jakarta Ahmad Sahroni menegaskan terkait sponsor bir, hal itu merupakan sponsor global dari Formula E Operation (FEO).


1. Sponsor Global Formula E

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

"Itu minuman di global, global itu langsung pusat FEO yang punya, untuk di dalam negeri, lokal partnernya beda," ucap Ahmad Saroni, dilansir dari Antara.

Mengingat sponsor global, maka pihaknya tidak bisa ikut campur.

Baca Juga

"Bukan urusan di dalam negeri. Masa urusan mereka kami ikut campur?" tambahnya.

Jika ditilik melalui situs resmi fiaformulae.com, sponsor bir dengan warna hijau dan bintang merah itu menjadi salah satu mitra Formula E global.

Selain bir, ada juga sponsor dari maskapai penerbangan, merek jam tangan hingga perusahaan jasa ekspedisi internasional.

Sementara sponsor untuk Formula E di Jakarta masih sama dengan sponsor secara global, namun ada tambahan logo Jakpro dan Jakarta Kota Kolaborasi.

Baca Juga

Sahroni menambahkan sudah ada dukungan dana dari salah satu grup perusahaan hiburan sebesar Rp100 miliar sebagai bagian sponsor.

Sebelumnya, sponsor bir ajang balap mobil listrik Formula E Jakarta disorot pegiat media sosial Denny Siregar melalui cuitan di akun twitternya @Dennysiregar7.

"Ada merek bir sebagai sponsor Formula E," tulis Denny Siregar pada Rabu (25/5) yang mendapat ribuan komentar.


2. Formula E Jadi Ajang Tanggung Jawab Jakarta Terhadap Dunia

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Sementara itu, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta menilai bahwa gelaran Formula E merupakan bentuk tanggung jawab Ibukota terhadap dunia.

Sebagaimana diketahui Indonesia bakal menjadi tuan rumah ajang balap mobil ramah lingkungan, Formula E pada awal Juni 2022 yang hanya menghitung hari.

Baca selengkapnya: Anies Baswedan Sebut Gelaran Formula E Bentuk Tanggung Jawab Jakarta pada Dunia

Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini