x

Badan Nasional Penanggulangan Terorisme 'Sidak' Sirkuit Formula E Jakarta, Ada Apa?

Rabu, 27 April 2022 15:36 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ikut ‘menyidak’ Sirkuit Formula E yang pembangunannya telah rampung digarap.

INDOSPORT.COM – Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) ikut ‘menyidak’ Sirkuit Formula E yang pembangunannya telah rampung digarap.

Sebagaimana diketahui, Indonesia akan menjadi tuan rumah untuk kejuaraan dunia balap mobil Formula E, yang berlangsung di Kawasan Ancol, DKI Jakarta.

Baca Juga

Pembangunan sirkuit Formula E yang berada di Kawasan Ancol, Jakarta Utara tersebut belum lama ini telah rampung digelar.

Selesainya pembangunan pun membuat sejumlah pihak terkait melakukan sidak alias kunjungan untuk melihat sirkuit balapan ramah lingkungan tersebut.

Salah satunya ialah tinjauan langsung dari Komjen Pol. Boy Rafli Amar selaku Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT).

Baca Juga

Kunjungan tersebut tentu bukanlah tanpa alasan. Melainkan BANPT ikut meninjau Sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, guna menganalisa potensi ancaman terorisme.

Komjen Pol. Boy Rafli Amar mengatakan bahwa pihaknya bakal memberikan analisa kelayakan agar kejuaraan kelas dunia tersebut bebas dari segala gangguan.

"Kita memberikan analisa kelayakan dalam upaya menjadikan perhelatan balap Formula E bebas dari ancaman, bebas dari gangguan, bebas dari segala potensi yang dapat menghambat jalannya lomba Formula E ini," kata Boy, dilansir dari Antara.

Baca Juga

Lebih lanjut, mantan Kepala Divisi Humas Polri itu berharap proses penyelesaian pembangunan Sirkuit Formula E dapat berjalan dengan baik tanpa kendala sehingga dapat digunakan pada 4 Juni 2022.

Selain itu, Boy juga mengatakan bahwa pihak BNPT bekerja sama dengan unsur Polri, TNI dan segenap pihak terkait untuk pengamanan Sirkuit Formula E dari ancaman terorisme.


1. Dukungan BNPT Diapresiasi

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

"Insya Allah sesuai jadwal dapat dilaksanakan pada 4 Juni. Kalau kita lihat proses penyelesaian sarana prasarana masih berlangsung.

“Sehingga nanti kembali setelah rampung, kita juga bisa melihat kembali kelayakan sarana prasarana langkah-langkah pengamanan apa yang harus dilakukan," ungkap Boy.

Baca Juga

Sementara itu, Gunung Kartiko selaku Direktur Bisnis PT Jakarta Propertindo (Perseroda) sekaligus Vice Managing Director Organization Committee Jakarta E-Prix 2022, mengapresiasi dukungan BNPT dalam rangka pengamanan Sirkuit Formula E Jakarta.

"Kami harus lebih bersiap. Banyak arahan-arahan beliau yang harus kita ikutin. Kami juga minta dukungan kepada semua pihak agar menyukseskan acara ini.

“Dan kita InsyaAllah tetap di tanggal 4 Juni 2022," ungkap Gunung.

Sebelumnya, Kepala BNPT juga sempat mengunjungi arena sirkuit MotoGP di Mandalika Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Maret 2022.

Baca Juga

Kunjungan tersebut juga bagian dari upaya pelindungan dan pengamanan terhadap ancaman tindakan kriminal terorisme.

Selain kunjungan dari BNPT, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta mengajak Presiden Joko Widodo keliling sirkuit Formula E di Ancol.


2. Anies Baswedan dan Jokowi Kunjungi Sirkuit Formula E

Ilustrasi Formula E jadi di Jakarta.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengajak Presiden Joko Widodo untuk keliling Sirkuit Formula E setelah pembangunan trek rampung.

Presiden Joko Widodo tiba di sirkuit Formula E di Ancol, Jakarta Utara, Senin (25/04/22), sekitar pukul 15.12 WIB.

Kepala Negara kemudian disambut Gubernur DKI Anies Baswedan bersama Kapolda Metro Jaya Inspektur Jenderal Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayor Jenderal Untung Budiharto.

Baca selengkapnya: Pembangunan Trek Rampung, Anies Baswedan Ajak Presiden Jokowi Keliling Sirkuit Formula E

Formula 1DKI JakartaFormula E

Berita Terkini