x

Resmi Pensiun dari MotoGP, Andrea Dovizioso Banjir Dukungan dari Marc Marquez dkk

Jumat, 5 Agustus 2022 15:13 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Pembalap MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso, mengumumkan pensiun. Keputusannya mendapat dukungan dari rekan-rekannya termasuk Marc Marquez.

INDOSPORT.COM – Pembalap MotoGP asal Italia, Andrea Dovizioso, mengumumkan pensiun. Keputusannya mendapat dukungan dari rekan-rekannya termasuk Marc Marquez.

Andrea Dovizisioso dipastikan tidak akan merampungkan musim ini. Pasalnya, pembalap yang membela Petronas Yamaha (withU Yamaha RNF MotoGP) secara mendadak mengumumkan pensiun dari dunia MotoGP.

Baca Juga

Melalui akun resmi di Instagram, Kamis (04/08/22), Andrea Dovizioso mengumumkan bahwa GP San Marino pada 4 September 2022 mendatang akan menjadi balapan terakhir yang dia jalani.

“Yamaha Motor Co., Ltd. mengumumkan bahwa bintang MotoGP Andrea Dovizioso telah memutuskan untuk pensiun dari MotoGP setelah Gran Premio di San Marino e della Riviera di Rimini yang akan datang,” demikian tulis Dovizioso meneruskan pernyataan resmi timnya, Yamaha.

Dengan keputusannya  ini, maka Dovizioso tidak akan tampil di Sirkuit Sepang yang merupakan rumahnya tim RNF yang dijadwalkan sebagai seri ke-19 pada 23 Oktober.

Baca Juga

Keputusan Dovi – sapaan akrab Dovizioso – pensiun bukan hal yang dia ambil secara mendadak. Pasalnya, dia sudah mempertimbangkannya sejak lama seiring dengan performanya yang menurun.

Dovizioso memperkuat tim RNF, Andrea Dovizioso merupakan pembalap yang diplot menggantikan superstar Yamaha, Valentino Rossi yang sebelumnya juga memutuskan pensiun.

Sayang sekali comeback Dovizioso bersama RNF Racing tidak berlangsung manis. Hal ini didorong dengan kondisi MotoGP banyak mengalami perubahan beberapa tahun terakhir.

Baca Juga

Selain itu, Dovizioso mengungkapkan bahwa dia masih belum mampu beradaptasi dengan baik saat mengendarai motornya sehingga dia tidak bisa maksimal dalam setiap balapan.

“Saya terus mencoba namun tetap tidak mendapatkan kemajuan yang positif sehingga tidak dapat mencapai target yang diinginkan,” papar Dovizioso dalam pesan perpisahannya di Instagram.


1. Dukungan Marquez dkk untuk Dovizioso

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

“Petualangan saya akan berakhir di Misano, tetapi hubungan dengan semua orang yang terlibat dalam tantangan ini akan tetap utuh selamanya. Terima kasih semua,” pungkas sang pembalap.

Keputusan Dovizioso ini pun diapresiasi oleh pihak MotoGP. Hal ini terlihat dari komentar yang dikirimkan MotoGP di unggahan Doviziosi ini.

Baca Juga

“Anda adalah bagian dari sejarah MotoGP, Dovi! Seorang juara dunia dan salah satu yang terbaik yang pernah melakukannya. Mari kita selesaikan dengan tinggi!,” tulis MotoGP.

Andrea Dovizioso dapat dukungan dari Marc Marquez dkk usai nyatakan pensiun dari MotoGP.

Selain MotoGP, beberapa rekan Dovi yang juga jadi lawan terberatnya selama berkarier di dunia balapan juga mengirimkan pesan dukungan.

Baca Juga

“Selamat atas karier Anda Andrea! Sangat menyenangkan untuk belajar dan melakukan pertempuran di trek dengan seorang pejuang seperti Anda!” tulis Marc Marquez.

Adik Marc Marquez, Alex, Takana Nagami dari Jepang, hingga Maverick Vinales juga memberi pesan. Mereka memberikan ucapan dan menganugerahi Dovi sebagai salah satu legenda terhebat MotoGP.

Baca Juga

Tercatat, tiga kali runner-up MotoGP tersebut hanya mampu mengumpulkan 10 poin dalam 11 balapan pertama MotoGP. Bahkan finis terbaik Dovizioso cuma posisi 11 di Portugal.

Pebalap berusia 36 tahun itu akan melakoni tiga balapan MotoGP terakhirnya sebelum gantung helm, dimulai dari MotoGP Inggris pada akhir pekan nanti.


2. Andrea Dovizioso Merasa Minder Jelang GP Inggris 2022

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso.

Jelang MotoGP Inggris 2022 seri ke-12 di Sirkuit Silverstone pekan ini, pembalap WithU RNF Yamaha, Andrea Dovizioso malah tak percaya diri.

Andrea Dovizioso dari tim WithU RNF Yamaha untuk sementara berada di peringkat 22 klasemen sementara MotoGP Championship 2022.

Andrea Dovizioso terakhir kali keluar sebagai juara di Sirkuit Silverstone, MotoGP Inggris, adalah pada tahun 2017 lalu. Hal tersebut membuat pembalap berusia 36 tahun merasa putus asa.

Selama lima minggu terakhir, pembalap yang kerap disapa Dovi itu telah menghabiskan beberapa hari bersantai di kapal pesiar di perusahaan Lorenzo Savadori tanpa mengabaikan pelatihan di gym.

Dovizioso tidak pernah dipertimbangkan oleh kepala Tim WithU RNF Yamaha yakni Razlan Razali mengingat hasil mengecewakan beberapa bulan terakhir. Hal itu karena dirinya hanya bisa finis di posisi empat terbawah.

Baca selengkapnya: Jelang MotoGP Inggris 2022, Andrea Dovizioso Kurang Percaya Diri Karena Hal Ini

Marc MarquezMotoGPAndrea DoviziosoPetronas Yamaha SRTBerita MotoGPMotoGP 2022

Berita Terkini