x

Hasil F2 MotoGP Inggris 2022: DIbayangi Penalti Long Lap, Fabio Quartararo Jadi yang Tercepat

Sabtu, 6 Agustus 2022 12:55 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, mampu mencatatkan menit terbaik di Free Practice (FP) 2 MotoGP Inggris 2022.

INDOSPORT.COM – Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, mampu mencatatkan menit terbaik di Free Practice (FP) 2 MotoGP Inggris 2022, sehingga dirinya mampu mengalahkan bayang-bayang buruk yang diterima sebelumnya.

Setelah mampu mendapatkan catatan waktu terbaik di FP 2 MotoGP Inggris 2022, Fabio Quartararo akan sedikit diuntungkan.

Baca Juga

Pasalnya, sebelum jeda tengah musim, Fabio Quartararo terlibat senggolan dengan Aleix Espargaro pada seri MotoGP Assen, Belanda.

El Diablo dinilai melakukan manuver terlalu agresif terhadap Espargaro. Dengan kata lain, mereka menganggap Quartararo terlalu ambisius untuk melibas Espargaro.

Pembalap berusia 23 tahun tersebut dinilai tidak dalam posisi yang memungkinkan untuk memuluskan overtaking.

Baca Juga

Sehingga mengakibatkan, dirinya terjatuh usai bersenggolan dengan Espargaro. Akibat melebar, hasil lomba Espargaro pun sedikit banyak terpengaruh.

Kejadian itu membuat Quartararo harus dihukum long lap penalty pada balapan setelah MotoGP Belanda, alias MotoGP Inggris di Sirkuit Silverstone.

Sebenarnya, Fabio Quartararo dan tim Yamaha, sempat melakukan protes karena menurut regulasi, penalti seperti ini bukan merupakan pelanggaran seperti yang dikenakan kepada El Diablo.

Baca Juga

Namun melansir dari Speedwek, faktanya protes tersebut tetap tidak bisa mengubah apapu. Pasalnya jenis hukuman yang dilakukan oleh MotoGP tidak dapat diganggu gugat menurut aturan.

Beruntung, Fabio Quartaro mampu mengawali balapan di Silverstone dengan baik, tepatnya pada FP2, dirinya mampu mencatatkan waktu terbaik.


1. Fabio Quartararo Catatkan Waktu Terbaik di FP2

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo, keluar sebagai juara MotoGP Andalusia 2020.

Pada ajang MotoGP Inggris 2022, yang digelar di Sirkuit Silverstone, Fabio Quartararo mampu menguasai FP 2.

Serta mengungguli pembalap lain seperti, Joan Mir (Tim Suzuki Ecstar) di posisi kedua, dengan waktu 1 menit 59.100 detik.

Baca Juga

Dan unggul dari pembalap tim Aprilia, Maverick Vinales, yang mencatatkan waktu 1 menit 59.123 detik, di posisi ketiga.

Sedangkan waktu yang dicatatkan oleh pembalap dari Tim Factory Racing tersebut untuk memimpin FP2 adalah, 1 menit 58.946 detik.

Kendati demikian, rider yang kerap disapa El Diablo itu gagal masuk dalam catatan tercepat di posisi 3 tercepat pada FP1 MotoGP Inggris 2022.

Baca Juga

Pasalnya pada FP1, secara berurutan waktutercepat dicatatkan oleh Johan Zarco (Tim Ducati Pramac) dengan waktu 1 menit 59.893 detik.

Disusul Francesco Bagnaia (Ducati) dengan catatan 1 menit 59.920 detik, dan Alex Rins (Suzuki Ecstar) 2 menit 00.220 detik di tempat ketiga.

MotoGP yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Inggris, merupakan seri balapan kuda besi yang ke-12, dan yang pertama setelah jeda tengah musim.

Baca Juga

Pada tahun lalu, Quartararo juga mampu memenangkan balapan, yang membuat dirinya merupakan pembalap Yamaha pertama yang menang, setelah Valentino Rossi pada 2015 lalu.

Hal yang dicatatkan oleh Fabio Quartararo, membuat peluang dari pembalap berusia 23 tahun itu untuk memenangi balapan MotoGP di Sirkuit Silverstone menjadi terbuka lebar.


2. Jadwal MotoGP Inggris 2022

Para pembalap MotoGP mulai star usai turun hujan lebat di Sirkuit Internasional Mandalika, Kuta, Lombok, Minggu (20/03/22). Foto: Reuters/Willy Kurniawan

Berikut jadwal Kualifikasi MotoGP Inggris 2022 hari ini Sabtu (06/08/22), di mana Fabio Quartararo siap pertahankan hasil positif.

MotoGP Inggris menjadi seri balapan ke-12 di kelas premier musim 2022 ini dan akan berlangsung di Sirkuit Silverstone.

Pekan balap MotoGP Inggris 2022 akan berlangsung seperti biasa yakni dari sesi latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race yang berlangsung pada Jumat (05/08/22) hingga Minggu (07/08/22).

Baca selengkapnya: Jadwal Kualifikasi MotoGP Inggris 2022 Hari Ini: Fabio Quartararo Siap Pertahankan Rekor

YamahaMotoGPMotoGP InggrisFabio QuartararoMonster Energy Yamaha

Berita Terkini