x

Fantastis, Start dari Posisi 14 Max Verstappen Berhasil Juara F1 GP Belgia

Senin, 29 Agustus 2022 11:44 WIB
Penulis: Akwila Chris Santya Elisandri | Editor: Isman Fadil
Aksi Pembalap Red Bull Max Verstappen di GP Arab Saudi

INDOSPORT.COM – Pembalap tim Red Bull Racing menunjukkan penampilan impresif dengan menjadi juara di GP Belgia usai memulai balapan dari posisi 14, Minggu (28/08/22).

Formula 1 GP Belgia baru saja usai dan menghasilkan Max Verstappen sebagai juaranya dikkuti Sergio Perez dan Carlos Sainz.

Baca Juga

Sebelumnya, Max Verstappen sudah menjadi pembalap tercepat pada sesi kualifikas. Akan tetapi, karena penalti yang ia dapatkan, pembalap asal Belanda itu harus memulai balapan dari posisi ke 14.

Begitu balapan dimulai, Max Verstappen langsung mulai tancap gas untuk merangsek ke posisi 10 besar pembalap.

Namun, langkah Verstappen harus terhalang oleh beberapa pembalap yang berada di depannya. Hingga akhirnya, insiden antara Valtteri Bottas dan Nicholas Latifi pun terjadi.

Baca Juga

Keduanya melintir dan mengakibatkan Safety Car akhirnya masuk mengintervensi balapan. Keadaan ini seolah menjadi momen bagi Verstappen.

Max Verstappen kemudian mencoba untuk mengambil keuntungan dari kekacauan tersebut, hingga akhirnya pembalap berusia 24 tahun tersebut naik ke posisi delapan.

Memasuki lap ke-12, Verstappen langsung merangsek ke posisi terdepan memanfaatkan Carlos Sainz yang masuk pit untuk mengganti ban.

Baca Juga

Kecepatan Red Bull sendiri tampak tak tertandingi. Bahkan, rekan Verstappen, Sergio Perez akhirnya juga dapat merebut posisi kedua, setelah menyalip Sainz yang tak berkutik pada putaran ke-21.

Tampil mengesankan dari posisi 14 hingga menjadi yang terdepan, Verstappen akhirnya terus memimpin hingga garis finish dengan catatan waktu 1 menit 25,528 detik.


1. Verstappen Juara Lagi, Charles Leclerc Mohon Keajaiban

Charles Leclerc, pembalap Ferrari.

Setelah berhasil tampil mengesankan dan menjadi juara pada GP Belgia, Max Verstappen kini semakin jauh meninggalkan pesaingnya dari tim Scuderia Ferrari, Charles Leclerc.

Max Verstappen kini menjadi pemuncak klasemen pengemudi sementara Formula 1 dengan 284 point. Verstappen unggul jauh atas pesaingnya dari Ferrari, Charles Leclerc dengan 186 poin.

Baca Juga

Melihat situasi ini, Charles Leclerc pun mengharapkan keajaiban agar bisa memberikan perlawanan kepada pembalap asal Belanda tersebut.

Dengan masih menyisakan delapan seri lagi, bagi Leclerc tentu akan sangat berat mewujudkan mimpinya menjadi juara dunia.

Satu-satunya yang bisa menggagalkan Red Bull adalah Verstappen terkena penalti grid, atau mengalami masalah DNF.

Baca Juga

Hal itu pun juga sulit terjadi, lantaran hukuman start dari posisi belakang pun tak berarti apa-apa bagi sang juara bertahan.

“Ini mulai terlihat sangat sulit, terutama dengan kecepatan yang ditunjukkan (Red Bull) akhir pekan ini, itu akan menjadi sangat, sangat sulit,” tutur Leclerc melansir laman resmi Formula 1.

“Tapi saya akan tetap menundukkan kepala, mencoba untuk fokus balapan demi balapan dan mencoba melakukan yang terbaik,” tambah Charles Leclerc.

Baca Juga

Perihal nasib sial yang kerap menghampirinya sepanjang musim ini, terutama dengan penalti waktu lima detik yang barus saja didapatnya, Leclerc mengakui bahwa itu adalah kesalahannya.

Namun, dia tak menampik bahwa kecepatan Ferrari saat ini kalah jauh dari Red Bull selama tiga hari di GP Belgia. “Ya, kami tidak cukup kencang akhir pekan ini. Dan ini adalah masalah besar lebih dari segalanya, jadi kami perlu memperbaikinya,” ujar Leclerc.


2. Klasemen Formula 1 Usai GP Belgia 2022

Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

F1 GP Belgia 2022 sendiri menjadi seri balapan ke-14 di ajang jet darat pada musim ini, yang dilangsungkan di Sirkuit Spa-Franchorchamps.

Pekan balap di Belgia dimulai dari latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (26/08/22) hingga Minggu (28/08/22) akhir pekan lalu.

Pada balapan kali ini, Max Verstappen kembali membuktikan diri bahwa ia merupakan pembalap hebat. Bagaimana tidak, pembalap Red Bull tersebut start dari P14 namun berhasil keluar jadi pemenang.

Tambahan 26 poin membuat Max Verstappen kian tak terbendung di posisi puncak, dengan raihan total 284 poin sejauh ini.

Kemudian Sergio Perez berhasil menggusur Charles Leclerc dari posisi kedua dengan mengantongi 91 poin, atau hanya selisih tujuh angka dari pembalap Ferrari yang kini melorot ke posisi ketiga di klasemen F1 2022.

Baca Selengkapnya: Klasemen Formula 1 Usai GP Belgia 2022: Verstappen Belum Lengser dari Puncak, Leclerc Tergusur

Red Bull F1Max VerstappenFormula 1GP BelgiaFormula 1 2022

Berita Terkini