x

Gagal di Formula E Jakarta, Pembalap Berdarah Malang Gantikan Vettel di FP1 F1 GP Italia 2022

Kamis, 8 September 2022 10:37 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Meski sempat gagal finis di Formula E Jakarta, namun pembalap berdarah Malang, Nyck de Vries dipercaya untuk gantikan Sebastian Vettel di FP1 F1 GP Italia 2022.

INDOSPORT.COM – Meski sempat gagal finis di Formula E Jakarta, namun pembalap berdarah Malang, Nyck de Vries dipercaya untuk menggantikan Sebastian Vettel di FP1 F1 GP Italia 2022.

F1 GP Italia 2022 bakal menjadi seri balapan ke-16 pada musim ini yang akan berlangsung di Sirkuit Autodromo Nazionale Monza.

Baca Juga

Pekan balap di Sirkuit Monza akan digelar seperti biasanya yakni dari latihan bebas atau Free Practice (FP), kualifikasi hingga race pada Jumat (09/09/22) hingga Minggu (11/09/22) akhir pekan ini.

Sejumlah hal menarik bakal tersaji di balapan F1 GP Italia 2022, yang juga merupakan balapan kandang bagi tim Ferrari.

Tak hanya itu saja, momen menarik lainnya ialah pembalap berdarah Malang yakni Nyck de Vries akan unjuk gigi di sirkuit Monza.

Baca Juga

Sekadar informasi, Nyck de Vries memiliki darah keturunan Indonesia yang didapatkannya dari kakeknya yang berasal dari Kota Malang, Jawa Timur.

Melansir dari Motorsport International, de Vries akan mengambil alih mobil balap Aston Martin yang dikemudikan Sebastian Vettel di sesi FP1 F1 GP Italia 2022.

Ini bukanlah kali pertama de Vries turun di sesi FP1 musim ini. Sebelumnya ia juga menggantikan Alex Albon di tim William saat FP1 F1 GP Spanyol.

Baca Juga

Kemudian pembalap berusia 27 tahun itu sempat menggantikan Hamilton di tim Mercedes saat sesi latihan di F1 GP Prancis.

Nyck de Vries sendiri mengaku dirinya merasa terhormat telah diberi kesempatan membalap untuk menggantikan Sebastian Vettel di Aston Martin pada FP1 F1 GP Italia 2022 di sirkuit Monza yang begitu melegenda.


1. Disambut Baik Bos Aston Martin

Nyck de Vries, juara dunia Formula E

"Saya sangat menantikan balapan bersama AMF1, terutama di sirkuit legendaris seperti Monza," kata Nyck de Vries dalam laman resmi Aston Martin F1.

"Ini akan menjadi sesi FP1 ketiga musim ini, dan ketiga kalinya dengan sasis F1 yang berbeda, dan kesempatan ini telah memberi saya wawasan yang fantastis tentang bagaimana mobil F1 dan tim bekerja.

Baca Juga

"Semoga saya dapat membantu tim AMF1 dan dapat menjalankan program yang terbukti bermanfaat bagi kami berdua,” tukasnya.

Di sisi lain, kesempatan yang diberikan oleh pembalap asal Belanda itu pun disambut baik oleh Mike Krack selaku bos tim Aston Martin.

Baca Juga

"Pencapaiannya memperlihatkan bahwa dia sangat layak mendapat peluang di Formula 1, dan semoga kesempatan berada di belakang kemudi AMR22 ini akan memungkinkan ia menunjukkan keahliannya ke dunia yang lebih luas lagi," kata Krack.

Sementara itu, Nyck de Vries sebelumnya juga menyita perhatian karena gagal finis saat balapan di Formula E Jakarta.


2. Nyck de Vries Gagal Finis di Formula E Jakarta

Nyck de Vries, juara dunia Formula E

Nyck de Vries sempat meraih gelar juara di ajang Formula 2 2019. Namun ia memilih tak melanjutkan kariernya di ajang Formula 1.

Pembalap berdarah Malang itu memutuskan untuk melanjutkan perjalanannya dengan turun di kejuaraan Formula E.

Nyck de Vries sendiri sebelumnya berstatus sebagai juara dunia Formula E 2020/2021.

Pada balapan yang digelar 4 Juni 2022 kemarin, Nyck de Vries gagal finis setelah ban belakangnya sebelah kiri pecah usai bersenggolan dengan Andre Lotterer selaku pembalap Porsche.

Sebastian VettelFormula 1GP F1 ItaliaFormula EAston MartinNyck de VriesFormula 1 2022

Berita Terkini