x

Lengkap! Ini Daftar 20 Pembalap Formula 1 2023: Mick Schumacher Out

Sabtu, 26 November 2022 17:31 WIB
Penulis: Hernindya Jalu Aditya Mahardika | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pembalap Formula 1, Mick Schumacher di GP Meksiko. (Foto: REUTERS/Carlos Perez Gallardo)

INDOSPORT.COM - Akhirnya secara resmi Formula 1 menetapkan 20 pembalap yang akan bersaing di musim 2023, di mana Mick Schumacher resmi keluar dari persaingan.

Haas F1 Team memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak dengan Mick Schumacher untuk balapan Formula 1 2023.

Tim yang berbasis di Amerika Serikat ini memutuskan untuk menggaet pembalap veteran, Nico Hulkenberg sebagai pengganti Mick Schumacher.

Keputusan ini merupakan buntut dari bentuk ketidak puasaan Haas atas performa yang ditampilkan Mick Schumacher usai balapan yang dijalaninya di Austria.

Terlihat Mick Schumacher kesulitan untuk mendapatkan poin di musim lalu, terlebih Haas menilai anak dari legenda Formula 1, Michael Schumacher tersebut kerap mengalami kecelakaan.

Baca Juga

Oleh sebab itu, pihak Haas memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak Mick Schumacher dan tidak akan lagi tampil bersama tim yang berbasis di Amerika Serikat ini untuk Formula 1 2023.

Sementara itu untuk pengganti Mick, Nico Hulkenberg terakhir kali tampil penuh di Formula 1 terjadi di tahun 2019. Kemudian selama dua musim terakhir, Hulkenberg tampil sebagai pembalap cadangan Aston Martin dan beberapa kali menjadi pengganti untuk pembalap yang terkena virus COVID-19.

Baca Juga

Jika Haas sudah memastikan lini pembalapnya untuk kompetisi musim depan, tim William Racing juga sudah memastikan pembalap yang akan ditampilkan pada Formula 1 2023.

Tim William Racing akhirnya membuat keputusan dengan memilih Logan Sergeant sebagai pembalap kedua mereka di Formula 1 2023 dan akan menjadi tandem untuk Alex Albon.

Sebelumnya, Team Principal Williams Racing, Jost Capito, sudah sempat mengucapkan penunjukan Sargeant sebagai pembalap keduannya di F1 2023 jika sukses memenuhi poin Super License yang dibutuhkan untuk turun di kelas primer.

Baca Juga

1. Pembalap F1 Asal Amerika Serikat Pertama Sejak 2015

Max Verstappen (Red Bull) dan Lewis Hamilton (Mercedes) di F1 GP Arab Saudi (06/12/21).

Oleh sebab itu, Sargeant harus mengakhiri kompetisi Formula 2 2022 dengan minimal finis di urutan kelima atau keenamg tanpa poin penalti.

Saat tampil di F2 Abu Dhabi pada 18-20 November 2022, Sargeant membutuhkan setidaknya 10 poin Super License untuk bisa turun di Formula 1. Namun sang pembalap justru mampu melampaui targetnya dengan sukses menduduki peringkat 4 pada akhir klasemen.

Berkat pencapaian tersebut, Louis Sargeant menjadi pembalap berkebangsaan Amerika Serikat pertama yang turun di Formula 1 sejak Alexander Rossi pada tahun 2015.

"Sungguh sebuah kehormatan dan impian jadi nyata setelah mendapatkan kesempatan tampil di F1 bersama William Racing," ucap Louis Sargeant di situs resmi Formula 1.

"Terima kasih banyak kepada semua orang di Williams Racing dan Dorilton Motor Sports atas dukungan yang diberikan kepada saya sejak pertama kali bergabung dengna tim ini di GP Amerika Serikat 2021."

Baca Juga

"Menjadi bagian dari Williams Driver Academy selama setahun belakangan telah memberi saya wadah penting untuk berkembang sebagai pembalap, serta mempersiapkan diri untuk bab baru ini."

"Saya siap dan bersemangat menjadi bagian dari petualangan ini, mengingat tim kami juga terus berprogres," pungkasnya.

Baca Juga

Daftar Pembalap Formula 1 2023:

Mercedes AMG Petronas:

#44 Lewis Hamilton

#63 George Russell

Scuderia Ferrari:

#16 Charles Leclerc 

#55 Carlos Sainz jr

Oracle Red Bull Racing:

#1 Max Verstappen 

#11 Sergio Perez 

BWT Alpine F1 Team:

#10 Pierre Gasly 

#31 Esteban Ocon 

Haas F1 Team:

#20 Kevin Magnussen 

#27 Nico Hulkenberg 

McLaren F1 Team:

#4 Lando Norris 

#81 Oscar Piastri 

Aston Martin Aramco Cognizant:

#14 Fernando Alonso 

#18 Lance Stroll 

Scuderia AlphaTauri:

#22 Yuki Tsunoda 

#45 Nyck de Vries

Alfa Romeo Racing ORLEN:

#24 Zhou Guanyu 

#77 Valtteri Bottas 

Williams Racing:

#23 Alex Albon 

#6 Logan Sargeant *

*) Debutan

Sumber: Formula 1

Baca Juga
Lewis HamiltonMax VerstappenFormula 1Haas F1Mick SchumacherSergio PerezCharles Leclerc

Berita Terkini