x

Profil Max Verstappen, Sang Juara Dunia Formula 1 2022

Senin, 10 Oktober 2022 14:51 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang.

INDOSPORT.COM - Berikut profil pembalap Red Bull Racing yakni Max Verstappen yang baru saja sukses mengunci gelar juara dunia Formula 1 musim 2022 di F1 GP Jepang.

Sebagaimana diketahui, Max Verstappen sukses memenangi balapan dalam F1 GP Jepang 2022 di Sirkuit Suzuka pada Minggu (09/10/22) lalu.

Baca Juga

Kemenangan Max Verstappen sempat menuai kontroversi karena F1 GP Jepang 2022 sempat diperpendek setelah terjadi cuaca buruk.

Selain itu, Charles Leclerc yang sempat di posisi kedua harus puas finis di urutan ketiga karena mendapat penalti lima detik.

Baca Juga

Banyak para penggemar bertanya-tanya apakah poin akan diberikan sepenuhnya atau tidak, karena balapan baru berjalan 29 lap dari 53 lap.

FIA sendiri sebelumnya telah membuat regulasi, bila balapan baru berjalan antara 25 persen hingga 50 persen, maka pemenang akan mendapat 13 poin.

Kemudian bila berjalan 50 persen hingga 75 persen, seperti di Formula 1 GP Jepang, maka pemenangnya akan mendapat 19 poin.

Dengan peraturan FIA tersebut, Max Verstappen berhak mendapat tambahan 19 poin setelah finis di posisi pertama. Sergio Perez yang ada di posisi kedua mendapat 12 poin dan Charles Leclerc di urutan ketiga membawa pulang 12 poin.

Akan tetapi, FIA menjelaskan bahwa pengurangan poin hanya diberlakukan bila race yang ditunda tersebut tidak dapat dilanjutkan kembali.

Sehingga, poin penuh akan diberikan dan Max Verstappen unggul 113 poin dari rekan setimnya yakni Sergio Perez, yang ada di posisi kedua klasemen sementara Formula 1 2022.

Baca Juga

Itu berarti, poin Max Verstappen dipastikan tidak bisa terkejar lagi dan dirinya berhak menguci gelar juara dunia Formula 1 2022.

Nama Max Verstappen memang sudah tenar di dunia balapan khususnya Formula 1. Namun masih banyak yang belum mengetahui profil lengkap sang juara dunia.

Berikut INDOSPORT telah merangkum profil sang juara dunia Formula 1 2022 yakni Max Verstappen


1. Punya Darah Pembalap dari Kedua Orang Tua

Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang.

Max Verstappen lahir di Hasselt, Belgia pada 30 September 1997 silam. Meski lahir di Belgia, ia merupakan warga negara Belanda.

Ayah dari Max Verstappen bernama Jos Verstappen. Sang ayah ternyata adalah seorang mantan pembalap Formula 1 pada zamannya.

Baca Juga

Sedangkan ibu dari Max Verstappen bernama Sophie Kumpen. Sang ibu ternyata juga merupakan mantan pembalap pembalap gokart. 

Pada usia 17 tahun, Max Verstappen sudah debut di ajang F1. Max debut di ajang Grandprix Australia, 15 Maret 2015 silam.

Baca Juga

Pada waktu itu, Max Verstappen sukses memecahkan rekor dengan menjadi pembalap termuda yang berkompetisi di F1. Saat itu usianya sudah 17 tahun, 166 hari.

Setelah menghabiskan seluruh musim 2015 dengan Toro Rosso, ia kemudin bergabung dengan tim Italia pada 2016. Ia dipromosikan oleh Red Bull sebagai pengganti Daniil Kvyat, yang mengambil alih tempat duduknya di Toro Rosso.

Karier Max Verstappen semakin bertambah apik. Dirinya sukses memenangkan Grand Prix Spanyol 2016 dalam lomba debut untuk Red Bull pada usia 18.

Baca Juga

Ia berhasil menjadi pemenang termuda dari Grand Prix dan balap pertama di bawah bendera Belanda. Dia memecahkan rekor sebelumnya atas nama Sebastian Vettel.

Semakin bertambah usia, kemampuan membalap Max Verstappen bertambah matang. Pada musim 2021 lalu, ia sukses meraih juara dunia F1. Kemudian di musim ini, Max baru saja menguci gelar juara dunia pada Minggu (09/10/22) lalu.


2. Biodata Max Verstappen

Pembalap Red Bull Max Verstappen setelah finis di posisi terdepan setelah kualifikasi Pool via REUTERS-Jim Watson

Tempat Tangal Lahir: 30 September 1997 di Hasselt, Belgia

Tinggi: 1,81 cm

Kebangsaan: Belanda

Tim Saat Ini: Red Bull Racing 

Prestasi:

- Juara Dunia Formula 1 2021

- Juara Dunia Formula 1 2022.

Red Bull F1Max VerstappenFormula 1GP Jepang

Berita Terkini