x

5 Pembalap Honda dengan Kemenangan Terbanyak di MotoGP, Rossi Kalah dari Marquez

Jumat, 3 Februari 2023 00:22 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Valentibo Rossi dan Marc Marquez

INDOSPORT.COM - Honda sudah sangat identik dengan MotoGP. Menarik untuk mengulik siapa saja pembalap dengan motor Honda yang memenangkan kejuaraan sepanjang sejarah.

MotoGP atau lebih tepatnya Kejuaraan Dunia Balap Motor level tertinggi yang sudah digelar sejak 1949 memang didominasi oleh pabrikan motor asal Jepang itu. 

Baca Juga

Sudah turun mengaspal lebih dari lima dekade di level tertinggi, Honda sekarang menjadi pabrikan motor dengan jumlah kemenangan terbanyak dibanding pabrikan lainnya. 

Sejak pertama kali memenangkan GP Jerman Barat tahun 1966, hingga GP Emilia Romagna di 2021, Honda total mengantongi 312 kemenangan di level tertinggi. 

Ducati yang merengkuh triple crown yakni juara driver, tim dan pabrikan di MotoGP 2022 kemarin, juga tercatat baru meraih 70 kemenangan di level ini. 

Baca Juga

Mungkin yang paling dekat dengan Honda adalah sesama pabrikan Jepang, yakni Yamaha (245 kemenangan) dan MV Agusta (139 kemenangan). 

Untuk gelar juara dunia, menunggangi kuda dengan merk kepak sayap ini juga masih yang terbanyak, yakni sebanyak 21 driver. 

Untuk kategori ini, mereka hanya unggul tiga angka dari MV Agusta dan Yamaha yang sama-sama menyumbang 18 driver untuk juara dunia. 

Baca Juga

Sungguh kental sekali dominasi Honda di MotoGP sepanjang sejarah, dibanding pabrikan-pabrikan motor lainnya. 

Maka itu, menarik untuk tahu 5 pembalap Honda yang paling banyak memenangkan GP sepanjang sejarah. Siapa saja?


1. 5. Freddie Spencer

Valentino Rossi asal Italia dari tim Petronas Yamaha SRT.

Freddie Spencer yang semasa aktif di arena balap dapat julukan Fast Freddie memang sangat top di era keemasannya pada 1980-an silam. 

Pembalap asal Amerika Serikat itu menunggangi motor Honda selama sembilan musim berturut-turut dan memenangkan tiga gelar juara dunia. 

Baca Juga

Di kelas 500cc sendiri, Spencer mengoleksi sebanyak 20 kemenangan untuk Honda, dan membuatnya ada di urutan kelima di kategori ini. 

4. Dani Pedrosa

Pembalap asal Spanyol ini bisa dibilang pantas menjadi legenda Honda di arena balap. Sejak awal karir (125 cc) hingga gantung helm seusai MotoGP 2018, dia selalu mengaspal dengan Honda. 

Dia berhasil memenangkan kejuaraan dunia bersama Honda di kelas 125 cc di 2003 dan 250cc pada 2004-2005.

Baca Juga

Namun Pedrosa tidak terlalu beruntung di MotoGP, raihan terbaiknya hanyalah runner-up tiga kali meski mengantongi 31 kemenangan. 

Selama 12 musim beruntun dengan motor Honda, Pedrosa juga membuktikan dirinya rider berkualitas dengan selalu menang satu race di setiap musimnya. 

3. Valentino Rossi

Valentino Rossi memang pernah menunggangi kuda Honda, namun ternyata dia hanya berada di urutan ketiga dalam daftar ini. 

Baca Juga

Rider berjuluk The Doctor itu memang pernah mengoleksi tiga gelar juara dunia dan sekali runner-up bersama Honda. 

Meski dianggap berkhianat karena pindah ke Yamaha pada 2004 silam, Rossi pantas dikenang oleh Honda karena mampu memenangkan 33 race untuk mereka. 


2. 2. Mick Doohan

Pebalap MotoGP Marc Márquez usai latihan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Sabtu (/19/03/22). Foto: REUTERS/Willy Kurniawan

Mick Doohan merupakan salah satu rider MotoGP terbaik yang pernah ada. Dia bahkan merebut gelar juara dunia selama empat tahun beruntun bersama Honda (1994-1998). 

Masa kejayaan Honda di kelas premier bahkan dimulai dengan performa Mick Doohan ketika mengaspal, dengan total dia memberikan 54 kemenangan. 

Dengan total kemenangan tersebut, dia berada di urutan kedua dalam daftar ini, hanya kalah dari Marc Marquez. 

Baca Juga

1. Marc Marquez

Marc Marquez memang pantas disebut legenda MotoGP, karena dalam daftar ini, dirinya berada di puncak sebagai rider Honda yang mengoleksi kemenangan terbanyak.

Sejak mengaspal di level MotoGP pada 2013 silam, rider asal Spanyol ini memang sudah dikenal sebagai ikon pabrikan Honda. 

Enam gelar juara dunia MotoGP dilengkapi dengan total 59 kemenangan hingga sampai sekarang, Marquez masih setia dengan Honda.

Marc MarquezRepsol HondaValentino RossiHondaDani PedrosaMotoGPLCR HondaMotoGP 2023

Berita Terkini