x

6 Pembalap MotoGP Terbaik asal Amerika Serikat Sepanjang Masa

Rabu, 15 Februari 2023 01:08 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Patung mendiang pembalap MotoGP Nicky Hayden diresmikan di kampung halamannya, Owensboro.

INDOSPORT.COM - Banyak yang bilang Amerika Serikat jempolan di cabang olahraga basket. Namun di MotoGP ternyata mereka pernah punya sederet pembalap jempolan. 

Meski olahraga balap motor bukanlah yang terpopuler di Negeri Paman Sam, fakta dan sejarah berkata lain. 

Baca Juga

Para pembalap Amerika Serikat di MotoGP sudah memenangkan berbagai kelas mulai dari kelas premier, 350cc, 250cc sejak beberapa dekade terakhir. 

MotoGP memang masih kalah populer dari basket, american football, softball bahkan sepak bola di kalangan masyarakat Amerika Serikat. 

Mungkin hal tersebut menjadi salah satu alasan sahih kenapa tidak ada pembalap asal Amerika Serikat yang ikut balapan di MotoGP 2023 mendatang. 

Baca Juga

Namun balap motor akan selalu punya komunitas penggemarnya yang setia. Begitu pula di Amerika Serikat, yang menurut sejarah, punya sederet pembalap top di MotoGP. 

Berikut INDOSPORT sudah rangkum sebanyak 6 pembalap MotoGP terbaik asal Amerika Serikat sepanjang masa. Siapa sajakah mereka?

6. Wayne Rainey

Wayne Rainey adalah pembalap top asal Amerika Serikat yang memulai debutnya pada 1984 di kelas 250cc. 

Baca Juga

Dulu, MotoGP sering disebut dengan kelas 500cc. Dia pertama kali naik ke kelas premium ini pada 1988 dan langsung menunggangi motor Yamaha.

Dari tahun 1990 hingga 1992, Rainey mencapai puncak karirnya dengan meraih tiga mahkota juara kelas 500cc berturut-turut untuk Yamaha.


1. 5. Kenny Roberts Jr.

Nicky Hayden saat memangkan MotoGP Amerika tahun 2006

Mengikuti jejak sang ayah yang legendaris, Kenny Roberts Jr. juga menorehkan prestasi di dunia MotoGP. 10 tahun setelah pensiunnya sang ayah, dia memulai debutnya di MotoGP pada 1993.

Roberts Jr sendiri adalah juara dunia balapan 500 cc pada tahun 2000. Pada 2007, ia naik ke kelas mesin 800 cc.

Baca Juga

Namun performanya menurun dan hanya mampu menghasilkan empat poin dari tujuh start. Tak lama, ia pun memutuskan untuk mengakhiri karier balapannya.

4. Nicky Hayden

Nicky Hayden mengawali kariernya di MotoGP pada tahun 2003 setelah menjuarai AMA Superbike di tahun sebelumnya. Ia bergabung dengan tim Repsol Honda selama enam tahun.

Pada tahun 2009, Hayden berpindah ke tim Ducati sebelum kembali ke Honda di bawah panji tim Aspar hingga tahun 2015. Tahun berikutnya Hayden beralih ke World Superbike hingga 2017.

Baca Juga

Dia menjadi pembalap Amerika Serikat terakhir yang memenangkan MotoGP pada 2006 dengan tim Repsol Honda Team dan akan selalu dikenang. 

Bahkan untuk menghormati sosoknya, MotoGP secara resmi membuat keputusan untuk mempensiunkan nomor motor 69 yang dikenakan Nicky Hayden saat balapan. 

3. Freddie Spencer

Selanjutnya adalah Freddie Spencer yang bahkan punya julukan ‘Fast Freddy’ yang cukup mendominasi arena balap Grand Prix di tahun 1980an. 

Baca Juga

Pada 1982, Ia beralih ke MotoGP dan langsung memenangkan kelas tertinggi di tahun 1983. Dengan itu, dia menjadi pembalap MotoGP termuda yang juara pada 21 tahun.

Dua tahun berselang, Spencer memenangkan kejuaraan dua kelas sekaligus, yakni 250cc dan 500cc. Dia pemenang terakhir dua kelas tersebut, karena setelahnya dua level ini dilarang.


2. 2. Kenny Roberts Sr.

Mantan juara dunia MotoGP, Kenny Roberts Jr bersama Carmelo Ezpeleta.

Pembalap Amerika pertama yang sukses di MotoGP adalah Kenny Roberts. Kesuksesannya bisa dibilang membuka pintu untuk pembalap Amerika generasi selanjutnya. 

Dari 1978 hingga 1980, Roberts menancapkan otoritasnya di kelas 500cc dengan tiga gelar berturut-turut. 

Pada 1983, dia juga nyaris memenangkan turnamen dengan hanya selisih dua poin. Setelah musim 1983, Roberts pensiun dari Grand Prix. 

Baca Juga

1. Eddie Lawson

Eddie Lawson merupakan pembalap MotoGP Amerika Serikat yang paling sukses sepanjang masa. Kemampuannya menghindari kecelakaan membuatnya mendapat julukan ‘Steady Eddie’. 

Setelah menempuh jalur Kejuaraan Balap AMA, Lawson pindah ke MotoGP pada 1983 dan berduet dengan legenda lainnya dari Amerika, Kenny Roberts. 

Pada 1984, dia memenangkan gelar juara dunia pertamanya. Kemudian dia memenangkannya pada 1986, 1988 dan 1989, menjadi satu-satunya pembalap yang memenangkan gelar beruntun dengan dua tim berbeda, Yamaha dan Honda.

Repsol HondaYamahaMotoGPNicky HaydenKenny RobertsMotoGP 2023

Berita Terkini