x

5 Juara Dunia Formula 1 Termuda Sepanjang Masa, Peringkat Pertama bukan Hamilton

Sabtu, 18 Februari 2023 16:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Pembalap Red Bull, Max Verstappen, merayakan gelar juara dunia Formula 1 selepas laga GP Jepang.

INDOSPORT.COM - Formula 1 merupakan sebuah ajang balap mobil mesin jet dengan level tertinggi. Namun tercatat 5 pembalap termuda sepanjang masa yang berhasil juara, siapa saja?

Formula 1 atau biasa disingkat F1, akan segera memulai musim 2023 tepat pada 5 Maret mendatang dengan Grand Prix pertama di Bahrain International Circuit, Sakhir,

Baca Juga

F1 2022 berlangsung cukup seru dengan Red Bull Racing F1 berhasil mempertahankan statusnya sebagai juara konstruktor dua tahun berturut-turut. 

RB-18, mobil andalan tim asal Austria ini memang sungguh dominan bahkan mereka berhasil juara untuk kategori pembalap dan juga konstruktor. 

Untuk pembalap, Max Verstappen sukses besar membawa Red Bull Racing F1 menjuarai dengan memuncaki klasemen akhir F1 2022.

Baca Juga

Pembalap asal Belanda itu berhasil berada di puncak klasemen dengan 17 kali naik podium, 15 di antaranya keluar sebagai pemenang race. 

Verstappen juga merengkuh gelar juara dunia keduanya secara beruntun dengan menjuarai F1 2022. Ini merupakan kali pertama sepanjang karirnya. 

Dia menyegel gelar juara Formula 1 2022 tepatnya di GP Formula 1 Jepang 2022 dan mengakhiri musim dengan 454 poin, sebuah rekor poin terbanyak dalam satu musim.

Baca Juga

Dua kali juara beruntun membuat Verstappen paling dinantikan penampilannya di F1 2023 mendatang. Apalagi dia masuk menjadi salah satu pembalap termuda yang menang F1.

Menarik untuk mengetahui siapa saja pembalap termuda sepanjang masa yang berhasil juara F1. Berikut INDOSPORT sudah rangkum 5 pembalap termuda yang berhasil juara dunia. 


1. 5. Emerson Fittipaldi (25 Tahun)

Pebalap Alpine Fernando Alonso saat konferensi pers. Foto: REUTERS/Christinne Muschi

Ketika pertama kali tampil di Formula 1 pada 1970 silam, kemunculan Emerson Fittipaldi memang mengejutkan banyak pihak. 

Pasalnya, dengan usianya yang baru 23 tahun, dia terbilang sangat muda jika dibandingkan dengan pembalap F1 lainnya di musim tersebut. 

Baca Juga

Sejak debut hingga dua tahun kemudian menjadi juara F1 1972, Fittipaldi akhirnya membuktikan dirinya bersama tim asal Inggris, Lotus. 

4. Max Verstappen (24 Tahun)

Juara F1 2022 Max Verstappen ternyata masuk dalam daftar pembalap termuda sepanjang masa yang menjuarai Formula 1. 

Ya, pertama kali menjuarai F1 Verstappen pada musim 2021 lalu, ketika umurnya baru 24 tahun 73 hari. 

Baca Juga

Dengan kembali mempertahankan gelar juara dunia musim lalu, dia menjadi pembalap termuda sepanjang masa yang melakukannya dua musim beruntun. 

Kualitas Verstappen memang sudah diakui, bagaimana tidak, ketika memenangkan balapan pertamanya di Formula 1, usianya barulah 17 tahun, tujuh tahun lalu. 

3. Fernando Alonso (24 Tahun)

Jika Verstappen menjadi juara dunia F1 pada usia 24 tahun 73 hari, Fernando Alonso lebih cepat sekaligus mengakhiri dominasi pembalap senior sekelas Michael Schumacher. 

Baca Juga

Pertama kali menjadi juara dunia F1, Fernando Alonso baru menginjak usia 24 tahun 57 hari pada musim 2005 silam. 

Kini, Alonso masih terus mengejar gelar juara dunia ketiganya karena masih akan ikut balapan Formula 1 2023 mendatang. Padahal usianya sudah lebih dari 40 tahun. 


2. 2. Lewis Hamilton (23 Tahun)

Pembalap Mercedes AMG Petronas Motorsport Lewis Hamilton (44) dari Tim Inggris Raya melambai kepada para penggemar setelah balapan F1 Grand Prix AS di Circuit of the Americas. (Foto: REUTERS/Jerome Miron)

Ternyata nama besar satu ini masuk dalam daftar pembalap juara F1 termuda sepanjang masa. Ya, dia adalah Lewis Hamilton. 

Pada debutnya di musim 2007, dia langsung diduetkan dengan pembalap senior Fernando Alonso di McLaren. Musim tersebut dia langsung memanaskan persaingan gelar juara. 

Akhirnya pada F1 2009, Lewis Hamilton berhasil menjuarai kompetisi untuk pertama kali ketika usianya masih 23 tahun 300 hari. 

Baca Juga

1. Sebastian Vettel (23 Tahun)

Pembalap termuda yang berhasil menjuarai Formula 1 ternyata jatuh pada nama besar yang sudah pensiun, yakni Sebastian Vettel. 

Pembalap asal Jerman itu pertama kali menjuarai F1 pada musim 2010, dengan usia 23 tahun 133 hari. Dia lebih muda dari Hamilton ketika menjadi juara F1. 

Rekor termuda ini masih dipegang oleh Vettel dan entah siapa yang akan memecahkannya. Mungkin akan muncul di Formula 1 2023?

Lewis HamiltonF1Fernando AlonsoSebastian VettelMax VerstappenFormula 1

Berita Terkini